5 Kebiasaan Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Gigi

82

Gigi kita memainkan peran penting dalam proses pencernaan makanan, oleh karena itu kita harus merawatnya dengan baik. Di postingan kali ini Psikolif ingin berbagi informasi sehat mengenai 5 Kebiasaan Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Gigi kita diperlukan untuk memotong dan mengunyah makanan sebelum masuk ke lambung. Meskipun gigi merupakan bagian tubuh yang keras bagaimanapun juga  membutuhkan perawatan yang serius dan rutin.

5 Kebiasaan Makan yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Apa yang kita makan dan minum memiliki pengaruh kuat terhadap kesehatan gigi kita. Makanan dan minuman yang manis menjadi salah satu faktor penentu kerusakan gigi. Ahli nutrisi menekankan bahwa makanan padat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dibersihkan di mulut daripada yang berbentuk cairan. Kenapa? Karena makanan padat sering membentuk plak pada gigi.

Bagaimana makanan mempengaruhi kesehatan gigi?

Apa yang kita makan dan minum secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan gigi. Berikut faktor-faktor penyebab kerusakan gigi.

Tekstur makanan padat, makanan lengket yang lambat untuk larut lebih cenderung menyebabkan erosi dan kerusakan gigi.

Makanan dan minuman yang manis dan asam juga dapat mempercepat kerusakan gigi.

Kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan yang kita makan.

Adanya kondisi medis tertentu seperti refluks asam yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang

Tips menjaga gigi agar tetap sehat

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mulut. Selain asupan makanan juga perlu diikuti bersamaan dengan rutinitas perawatan mulut yang baik dan benar misalnya menyikat gigi rutin flossing berkumur dengan obat kumur dan memeriksa secara rutin
Ke dokter gigi.

1. Kurangi makanan yang manis

Menurut asosiasi kesehatan gigi di amerika (ADA) makanan yang manis seperti permen menjadi salah satu penyebab masalah gigi berlubang. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengurangi makanan yang manis seperti permen, biskuit, dan kue. Sama halnya dengan minuman yang manis seperti minuman bersoda dan minuman energi.

Perlu diingat bahwa makanan yang dibeli di toko seperti bumbu saus, salad, sereal, dan saus tomat juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi Jadi sebelum membelinya disarankan untuk selalu memeriksa label. Pastikan kamu menyikat dan membersihkan dengan benang gigi sesudahnya.

2. Kurangi makanan yang lengket atau asam

Semakin lengket tekstur makanan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan air liur untuk memecah makanan tersebut. Yang besar kemungkinan akan menciptakan plak yang menempel pada gigi.

Makanan seperti madu sirup gula buah kering atau kismis dapat meningkatkan resiko plak dan gigi berlubang.

Makanan yang asam juga dapat mempercepat proses kerusakan gigi. Makanan dan minuman asam termasuk minuman beralkohol, kopi, keripik kentang. Termasuk juga makanan diet seperti tomat dan buah jeruk.

3. Diet seimbang membuat gigi sehat

Diet sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk kesehatan mulut. Sertakan buah dan sayuran kacang-kacangan seperti gandum dan protein tanpa lemak seperti ikan atau ayam ke dalam menu diet kamu.

4. Kalsium penting untuk gigi kuat

Kandungan kalsium di dalam makanan dapat ditemukan pada Susu Telur atau sayuran hijau. Kasihan juga sangat penting bagi kesehatan gigi karena dapat membantu menguatkan tulang dan gigi kita.

Menurut para ahli gizi kekurangan Kalsium dapat menyebabkan osteoporosis yang tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tulang, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada gigi dan rahang. Tulang rahang berfungsi sebagai penopang untuk gigi dan jika bermasalah akan membuat gigi menjadi rusak.

Bagi mereka yang menderita osteoporosis atau tulang rapuh berpotensi tiga kali lebih mungkin mengalami kerusakan gigi.

5. Kurangi minuman dan makanan berwarna

Makanan dan minuman apa pun yang memiliki warna seperti kopi teh, Anggur Merah, buah beri, cuka Balsamic, dan saus bisa merusak gigi kamu ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sikat gigi kamu berkumur dengan obat kumur dan membersihkan dengan benang Gigi setelah memakannya akan menghilangkan pigmen yang menempel pada gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here