Cara Berbakti Kepada Guru?… Fungsi & 17 Peran Guru

183

Cara Berbakti Kepada Guru, 17 Fungsi & Peran Guru

Cara Berbakti Kepada Guru?… 17 Fungsi & Peran Guru – Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara berbakti kepada guru, kita harus memahami apa itu guru, pengertian guru, fungsi dan peran seorang guru kepada para siswanya.

Selain itu, kita juga harus mengerti kedudukan dan peran kita sebagai siswa dan bagaimana cara kita berbakti kepada guru kita, baik guru formal (sekolah) ataupun guru non formal seperti guru ngaji dan lain-lain.

Pengertian guru

Kata guru berasal dari dua kata yaitu “Digugu” dan “Ditiru”.

Digugu berarti apa yang disampaikan guru tersebut adalah sebuah kebenaran yang harus dipercayai oleh seluruh murid. Sedangkan Ditiru adalah kebiasaan guru tersebut yang menjadi suri tauladan bagi para murid.

Secara menyeluruh, guru adalah sebuah profesi dari seseorang yang memberikan pengajaran, pendidikan, pengetahuan atau mentransfer ilmu kepada para murid dan memberikan contoh prilaku yang baik dan benar.

Beberapa pengertian guru

  • Guru adalah seseorang yang mengajar secara formal di dalam kelas.
  • Guru adalah seseorang yang bekerja di sekolah, baik sekolah formal ataupun non formal.
  • Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar di sekolah.
  • Guru adalah pembimbing murid dalam proses belajar dan mengajar.

Pada dasarnya guru adalah sebutan untuk orang yang mengajar, baik mengajar pada lembaga pendidikan formal ataupun non formal seperti guru ngaji misalnya.

Fungsi Guru

Fungsi guru tidak hanya memberikan pengajaran saja pada muridnya tapi juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

Fungsi Instruksional

Fungsi utama seorang guru adalah memberikan intruksi atau pengajaran berupa ilmu pengetahuan kepada para murid.

Fungsi Edukasional

Selain mengajar, seorang guru juga harus memberikan contoh tingkah laku yang baik kepada para murid.

Fungsi Managerial

Guru juga berfungsi sebagai pengatur jalannya pendidikan bagi seluruh murid, baik pada masa belajar ataupun diluar masa belajar.

Baca juga :

Peran Guru

  1. Pendidik
  2. Pengajar
  3. Pembimbing
  4. Pelatih
  5. Penasihat
  6. Pengelola Kelas
  7. Demonstrator
  8. Korektor 
  9. Inspirator
  10. Informator
  11. Organisator
  12. Motivator
  13. Inisiator
  14. Fasilitator
  15. Inovator
  16. Mediator 
  17. Evaluator

Cara berbakti kepada guru

Guru adalah sebagai pengajar yang menggantikan orang tua, kita harus menghormati guru sebagaimana kita menghormati kedua orang tua kita.

KENAPA?..

Sebenarnya, yang berkewajiban mendidik kita adalah kedua orang tua kita. Namun karena keterbatasan waktu dan ilmu pengetahuan maka kita di sekolahkan agar di didik oleh guru yang ahlinya.

Artinya apa?… peran guru menggantikan orang tua.

Oleh karena itu, selain berbakti kepada orang tua. Kita juga harus berbakti kepada guru dengan cara sebagai berikut:

Cara berbakti kepada guru 1: Mengerjakan apa yang diperintahkan guru

Sebagai murid yang baik, tentu kita harus mengerjakan apa yang diperintahkan sang guru. Meskipun terkadang tugas yang diberikan terlalu sulit.

Yang menjadi penilaian seorang guru kepada muridnya bukanlah hasil dari tugas yang dikerjakan. Tapi upaya murid tersebut dalam mengerjakan tugasnya.

Jerih payah yang kita lakukan untuk mengerjakan seluruh tugas yang diberikan akan membuat guru tersebut merasa senang dan bangga kepada kita.

Dan kita pun akan terbiasa mengerjakan hal-hal yang sulit sehingga ketika lulus kita dapat menghadapi kenyataan bahwa dunia itu Kejam.

Cara berbakti kepada guru 2: Menghormati guru

Sebagai seorang murid memang sudah selayaknya kita menghormati guru kita, karena bagaimanapun baik atau buruknya guru tersebut, mereka tetaplah guru kita.

Terkadang ada guru yang kurang mahir dalam bidangnya atau terkadang murid lebih maju dan mengerti pelajaran yang di sampaikan oleh guru tersebut. Tapi hal itu tidak lantas membuat kita besar kepala hingga memandang remeh guru kita.

Bagaimanapun keadaannya kita tetap harus menghormati guru kita.

Meskipun terkadang yang dijelaskan guru tersebut kurang tepat, kita dapat menegur guru tersebut tapi dengan cara yang sopan dan santun. Jangan dengan cara yang kasar yang dapat menyinggung perasaan guru tersebut.

Cara berbakti kepada guru 3: Tidak melawan guru

Selama proses belajar mengajar, terkadang kita melakukan kesalahan dan ketika kita diberi arahan atau bahkan dimarahi. Dan jika kita sedang dimarahi oleh guru kita maka sebaiknya kita tidak melawan ucapan guru tersebut.

Cukup dengarkan dengan baik, setelah guru tersebut selesai memberi arahan dan selesai memahari kita, barulah kita memberikan penjelasan dan argument kita terkait kesalahan yang kita lakukan.

Jangan sampai guru sedang emosi tapi kita malah melawan ucapan guru tersebut karena dikhawatirkan akan memperburuk keadaan dan dinilai kurang beradab.

Sepintar apapun kita, tapi jika tidak menjaga akhlak di depan guru maka percayalah bahwa ilmu yang kita peroleh selama ini akan sia-sia.

Jagalah akhlak dengan tidak melawan guru.

Cara berbakti kepada guru 4: Tidak menjelak-jelekan guru

Guru juga manusia, ia hidup sebagaimana manusia pada umumnya, ia juga memiliki banyak kekurangan sebagaimana kita para murid. Hanya saja kekurangannya berusaha ia tutupi agar para murid tidak mencontoh kebiasaan buruk guru tersebut.

Buat kita yang tau apa saja kekurangan guru kita, sebaiknya kita jangan sampai mengumbar-umbar kekurangan guru tersebut kepada teman-teman yang lain.

Meskipun hal itu benar, tapi akan lebih baik di tutupi. Coba kita anggap orang tua kita adalah guru, dan ada murid yang menceritan guru tersebut dibelakangnya.

Maka sudah pasti,,, kita sebagai anak guru tersebut akan marah dan tidak enak mendengar gosip dengan orang tua kita tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah menceritakan aib guru pada orang lain. Jagalah aib gurumu sebagaimana kamu menjaga aib dirimu sendiri.

Cara berbakti kepada guru 5: Mengamalkan apa yang diajarkan guru

Sebenarnya guru itu adalah contoh, apa yang dikerjakan guru akan cendrung dicontoh oleh para muridnya.

Tapi pada kenyataannya guru adalah manusia biasa, memiliki berbagai keterbatasan sebagaimana kita para muridnya.

Nah,,, Jika ada nasehat-nasehat yang disampaikan guru tersebut kepada kita, meskipun guru tersebut tidak melakukannya maka kita harus tetap mengamalkan apa yang disampaikan guru tersebut.

Cara berbakti kepada guru 6: Menjalin silaturahmi kepada guru

Salah satu cara berbakti kepada guru adalah dengan terus menjalin silaturahmi kepada setiap guru sekolah kita.

Kita dapat berkunjung dengan teman-teman sekelas kita kerumah guru-guru kita setiap ada momen yang memungkinkan. Misalnya saja berkunjung kerumah guru setiap lebaran atau berkunjung ketika guru tersebut sedang sakit atau semacamnya.

Dan menjalin silaturahmi tidak hanya ketika duduk dibangku sekolahan tapi dapat kita lakukan ketika kita sudah lulus sekolah.

Hal ini menandakan sang murid selalu ingat akan jasa-jasa guru dan akan membuatnya senang dan bangga. Dan guru pasti akan berpikir “Ohhh, murid-murid ku selalu ingat akan jasa aku“.

Cara berbakti kepada guru 7: Mendoakan guru

Guru adalah orang yang mendidik dan mengajarkan kita berbagai ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita membalas budi mereka.

Dan seminimal-minimalnya balasan adalah dengan mendokan guru tersebut.

  • Jika guru sakit maka doakan agar cepat sembuh.
  • Jika guru sedang susah maka doakan agar terselesaikan masalahnya.
  • Jika guru tersebut sedang bersedih maka doakan agar tabah dan lain sebagainya.

Cara berbakti kepada guru 7: Menolong guru

Jika guru kita sedang kesusahan membawa benda berat, maka sudah selayaknya kita membantu mengangkatkan benda tersebut.

Jika guru sedang dilanda musibah maka sudah selayaknya kita membantu untuk meringankan musibah tersebut.

Jika guru sedang terbentur masalah ekonomi, sudah selayaknya kita membantu dengan cara bersedekah atau semacamnya.

Bantuklah guru kita dalam berbagai kesulitannya sebagaimana kita membantu orang tua kita, karana bagaimanapun baik atau buruknya guru tersebut mereka adalah pengganti orang tua kita untuk sementara.

Kesimpulan

Pada dasarnya, menyenangkan guru tidak harus memberikan sesuatu yang berharga kepada guru tersebut.

Kita cukup melakukan perkara-perkara sederhana yang menyenangkan hati guru tersebut.

Dengan belajar sungguh-sungguh dan mempraktekkan segala sesuatu yang dipelajari hingga kita sukses dan berhasil. Guru tersebut akan merasa bangga dan senang melihat muridnya berhasil.

Semoga artikel “Cara Berbakti Kepada Guru?… 17 Fungsi & Peran Guru” ini bermanfaat bagi pembaca.

Harap bagikan artikel kepada para murid yang lain agar kita semua dapat menjadi seorang murid yang berbakti kepada guru.

Terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here