5 Cara Investasi yang Aman, Berpeluang dan Pasti Menguntungkan

269

Cara Investasi yang Aman, Berpeluang dan Pasti Menguntungkan

Cara investasi bergantung pada kemana uang yang kita miliki akan kita investasikan.

Ada sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk membeli emas, dan ada pula orang yang menginvestasikan uangnya untuk membeli property dan cara investasi keduanya sudah jelas sangat berbeda.

Kita tidak bisa menyamakan cara investasi emas dengan cara investasi properti, analisa dan proses yang harus dikerjakan sangat jelas berbeda. Dan hasilnya juga berbeda.

Oleh karena itu, perlu dipahami bahwa cara investasi bergantung pada kemana uang yang kita miliki akan diinvestasikan.

Jika mendengar investasi, biasanya orang langsung mengira saham, obligasi, perusahaan, emas dan lain sebagainya.

Tapi pada pertemuan kali ini saya akan membahas cara investasi yang berbeda yaitu investasi yang MUDAH dilakukan dan PASTI berhasil. Apa saja investasi tersebut?…

  • Investasi tanah
  • Investasi tanaman kayu
  • Investasi bibit tanaman
  • Investasi barang antik
  • Investasi asset digital

Sebelum menginvestasikan uang kita, sebaiknya kita harus mempelajari ilmu-ilmu yang terkait pada bidang dimana tempat kita akan mengintasikan uang kita.

Dan saya sarankan untuk menginvestasikan pada bidang yang kita senangi, karena biasanya orang lebih menguasai bidang yang ia senangi dari pada yang tidak ia senangi.

Peran ilmu sangat menentukan keberhasilan investasi yang kita lakukan, oleh karena itu pelajari ilmunya barulah berinvestasi.

1, Cara investasi tanah

cara investasi tanah

Bumi itu bulat dan besarnya tidak pernah berubah, hanya saja jumlah penduduk dibumi yang selalu meningkat secara drastis.

Hal ini membuat lahan atau tanah yang pada awalnya kosong tidak berpenghuni menjadi ramai dan padat penduduk.

Lahan yang kosong biasanya harganya murah, sedangkan lahan yang ramai penduduk biasanya akan lebih mahal karena banyak peminat pada lahan tersebut.

Dan apabila lahan tersebut menjadi sebuah kota kecil yang padat penduduk maka harganya akan menjadi lebih mahal.

Konsepnya sederhana, semakin berpotensi dan ramai penduduk maka harga tanah akan semakin mahal.

Perlu kita ketahui, bisnis property pada dasarnya adalah investasi tanah, tau kenapa?…

Karena bangunan semakin lama semakin lapuk bukan semakin kuat oleh karena itu harga bangunan semakin lama pasti semakin menurun. Tapi berbeda halnya dengan tanah, semakin lama harga tanah pasti semakin mahal karena semakin ramai penduduk di daerah tersebut.

Lantas kenapa banyak orang berbisnis property?…

Penurunan harga bangunan tertutupi dengan naik harga tanah secara drastis sehingga berbisnis property masih sangat menguntungkan.

Ditambah lagi, orang lebih senang membeli rumah yang sudah jadi dari pada harus membeli tanah dan repot-repot membangun rumah dari awal hingga selesai.

Tapi saran saya, akan lebih baik jika kita investasikan uang kita untuk membeli tanah dari pada investasi property. Karena investasi tanah jauh lebih mudah dan terbilang lebih pasti dari pada investasi property.

Banyak orang mendadak kaya karena investasi property tapi tidak jarang orang gagal dalam investasinya.

Sedangkan harga tanah terbilang pasti baik dari tahun-ketahunnya sehingga investasi tanah terbilang jauh lebih aman, mudah dan pasti mendapatkan keuntungan dimasa depan.

Cara investasinya juga mudah, kita cukup membeli tanah dengan harga murah atau harga pasaran.

Setelah itu kita dapat menyuruh orang untuk mengelola tanah tersebut atau kita biarkan begitu saja hingga beberapa tahun kedepan.

Setelah beberapa tahun kemudian, tanah tersebut kita tawarkan dengan harga yang lebih tinggi kepada orang lain. Dengan begitu kita akan mendapat untung.

Apalagi jika kita membeli tanah yang masih sepi penduduk tapi berpotensi akan menjadi ramai atau menjadi kota kecil, maka selisih harga jual dengan harga beli jauh berkali-lipat dari harga modal awal.

Yang perlu diperhatikan ketika hendak investasi tanah adalah:

1, Surat-surat tanah, jangan sampai kita membeli tanah yang bermasalah karena akan sangat merepotkan nantinya jika sempat terjadi perkara dengan pihak lain.

Jadi pastikan tanah yang akan kita beli benar-benar aman dari berbagai tuntutan hukum. Jangan terlalu memaksakan diri membeli tanah dengan harga murah meskipun surat-suratnya masih diragukan.

2, Lokasi tanah, tanah dikota biasa memiliki pertumbuhan harga yang lebih cepat dari pada tanah didesa.

Misalnya anda memiliki uang Rp200 juta, dan anda membeli tanah dikota 100meter dengan harga Rp100 juta, setelah itu anda membeli tanah didesa 10 rante dengan harga Rp100 juta.

Dalam waktu 2 tahun, tanah anda yang terletak dikota sudah memiliki harga jual yang lebih tinggi, biasanya mencapai Rp150 juta lebih. Apalagi jika posisi tanah tersebut strategis untuk berdagang.

Sedangkan tanah yang didesa, paling-paling naik harganya menjadi Rp110-120 juta lebih saja.

Artinya apa?…

Pertumbuhan harga tanah dikota jauh lebih cepat dari pada harga tanah didesa karena di pengaruhi oleh jumlah penduduk. Semakin padat penduduk maka semakin cepat pertumbuhan tanah didaerah tersebut.

Jadi sebaiknya kita membeli tanah didaerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi untuk mempercepat kenaikan harga.

3, Akses lalu lintas, lahan yang berpotensi adalah lahan yang strategis dan mudah untuk menuju kemana saja, bukan lahan yang ada di paling ujung.

Lahan yang mahal adalah lahan yang berpotensi untuk berdagang, dan salah satu peluang dagang adalah akses transportasi.

Jadi pastikan kita membeli tanah yang strategis dari berbagai sisi transportasi.

2, Cara investasi tanaman kayu

cara investasi tanaman kayu

Cara ini terbilang kuno tapi terbukti berhasil dan lebih mudah dilakukan dari pada investasi dalam dunia bisnis.

Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh orang tua jaman dulu untuk berangkat haji, mereka menanam pohon kelapa seluas 10 rante dimasa muda.

Setelah kelapa berbuah mereka dapat menikmati hasilnya dan pohon kelapa tersebut dapat dijual untuk modal berangkat haji.

Mereka bisa berangkat haji tanpa harus menjual tanahnya.

Cara investasinya cukup mudah, kita cukup membeli lahan diperdesaan (jika belum punya lahan), cari lahan yang harga murah saja karena target kita bukan investasi tanah melainkan tanaman kayu. Semakin luas lahan tersebut maka semakin banyak pula pohon yang dapat ditanam.

Setelah itu kita tinggal menanam pohon yang memiliki nilai jual yang tinggi, entah pohon kelapa, pohon jati, pohon birah, pohon kacangan dan pohon lainnya.

Setelah tiu kita biarkan selama beberapa tahun hingga pohon tersebut besar dan bernilai tinggi untuk dijual.

Jika dirasa pohon tersebut sudah cukup besar dan bernilai maka selanjutnya tinggal menjual pohon tersebut secara serentak.

Selain itu, harga tanahnya juga akan naik dari pada awal menanam pohon tersebut. Artinya apa?…

Kita mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda, dari jual pohon dan dari jual tanah (jika memang hendak dijual).

Setiap pohon memiliki harga, pertumbuhan dan jarak tanam yang berbeda. Sebaiknya kita memilih tanaman yang harga jualnya tinggi, pertumbuhannya cepat dan dapat ditanam rapat-rapat agar hasil investasi lebih optimal.

Baca juga :

3, Cara investasi bibit tanaman

cara investasi bibit tanaman

Selain investasi tanaman kayu, ternyata investasi bibit tanaman juga sangat menguntungkan.

Contohnya saja bibit durian.

Bibit durian yang tingginya 20-30 cm biasanya dijual dengan harga Rp40 ribu, tapi bibit durian yang tingginya mencapai 2-3 meter dapat dijual dengan harga Rp2 juta untuk perbibitnya.

Membutuhkan waktu kurang lebih 2  tahun hingga bibit yang awalnya 20-30 cm bisa tumbuh dan berkembang menjadi 2-3 meter.

Bahkan orang lebih senang membeli bibit durian yang sudah besar dari pada yang kecil dengan alasan lebih cepat berbuah.

Artinya apa?…

Bibit yang pada awalnya hanya bernilai Rp40 ribu, dirawat selama 2 tahun maka bisa bernilai Rp2 juta.

Sementara permintaan akan bibit durian yang sudah besar cukup tinggi karena sebagian orang lebih memilih keluar uang Rp2 juta dari pada harus menunggu lama hingga bibit duriannya berbuah.

Dan tidak hanya bibit durian saja, bibit tanaman yang lain juga demikian. Kita dapat menginvestasikan uang kita untuk membeli bibit yang masih kecil dan merawatnya hingga lebih besar dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Akan tetapi, untuk investasi tanaman bibit ini sebaiknya dijalankan bagi yang memahami cara merawat tanaman. Karena jika tidak, maka tanaman tidak akan tumbuh optimal.

4, Cara investasi barang antik

Cara investasi barang antik

Barang apa saja jika memiliki banyak peminat sementara stok barang tersebut terbatas atau semakin lama maka semakin sedikit, maka harga jual barang tersebut akan meningkat dari harga sebelumnya.

Contohnya saja sepeda motor vespa kongo, tahun 2000an sepeda motor ini dikenal biasa saja. Karena meskipun sudah mulai langka tapi peminat pada waktu itu masih sedikit.

Tapi setelah tahun 2010 keatas, ternyata banyak tumbuh komunitas-komunitas sepeda motor vespa diseluruh Indonesia sehingga menumbuhkan minat pecinta barang antik terhadap sepeda motor vespa.

Dengan pertumbuhan minat terhadap vespa tersebut membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mencari sepeda motor vespa. Dan semakin langkan sepeda motor vespa tersebut maka semakin mahal harga jualnya karena peminat yang semakin banyak.

Yang perlu jadi catatan adalah tidak semua barang langka itu bernilai tinggi atau antik, hanya barang yang terbatas atau semakin sedikit dan peminatnya semakin banyaklah yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Jadi jangan sampai salah beli barang antik, jangan mentang-mentang jumlahnya sedikit lalu asal beli saja. Kita harus memperhatikan peminat barang tersebut, kira-kira berpotensi atau tidak untuk masa depan.

Jika tidak, sebaiknya cari barang lain yang lebih menjanjikan.

5, Cara investasi digital

Cara investasi asset digital

Asset digital yang saya maksud bukan saham, obligasi atau yang semacamnya, melainkan akun facebook, instagram, channel youtube, website atau blog dan lain sebagainya.

Fanspage facebook, instagram, channel youtube dan website dapat menghasilkan uang.

Contohnya saja akun instagram, pada awal membuat akun instagram kita tidak memiliki follower dan nilai jual akun tersebut masih 0 karena membuat akun tersebut gratis dan siapa saja bisa.

Tapi jika kita membuat konten menarik dan menguploadnya di akun tersebut sehingga follower kita bertambah dan banyak maka nilai jual akun tersebut menjadi sangat tinggi.

Kita dapat memanfaatkan akun tersebut untuk berjualan online dan dari sekian banyak follower kita pasti ada salah satu yang tertarik membeli barang yang kita jual.

Semakin banyak follower maka semakin besar tingkat beli barang yang kita jual.

Tapi jika kita tidak bisa membuat konten yang menarik follower sehingga follower kita tidak nambah-nambah meskipun sudah lama punya akun instagram.

Sebagai alternatif media promosi barang dagangan , maka kita dapat menggunakan jasa orang lain untuk mempromosikan barang dagangan kita lewat akun instagram orang lain tersebut.

Kita bisa membayar si A yang memiliki follower tinggi untuk memposting barang darangan kita di akun instagramnya A.

Dengan begitu followernya si A akan tertarik membeli barang dagangan kita.

Bahkan ada orang yang khusus beternak akun instagram, ia mengaku 1 akun bisa dijual dengan harga Rp1-20 juta bahkan lebih, bergantung pada jumlah follower akun tersebut karena sangkin banyaknya permintaan pasar akan asset digital.

Hal ini juga sama dengan fanspage facebook, channel youtube dan website dan lain sebagainya.

Bahkan sudah ada beberapa situs yang khusus untuk lelang asset digital, misalnya saja flippa.com adalah salah satu situs lelang website.

Yang lebih menariknya lagi, harga website yang dijual dengan harga tinggi. Bukan malah ditawar melainkan malah dinaikkan karena sangkin banyaknya peminat asset digital untuk media promosi.

Artinya apa?…

Aseti digital amat menjanjikan untuk masa depan.

Kita dapat membuat asset digital sejak dini dengan cara membuat fanspage facebook, akun instagram, membuat channel youtube dan membuat website.

Setelah itu kita tinggal membuat konten dan menguploadnya di akun kita, lakukan upload konten secara terus menerus maka semakin lama pengikut kita akan semakin banyak dan akun tersebut akan menjadi asset digital yang berharga.

Kesimpulan

Pada dasarnya cara investasi tidaklah sulit selama kita memahami bidang dimana kita menginvestasikan uang kita.

Jika kita senang ketengan dan pemandangan alam maka sebaiknya kita menginvestasikan uang kita untuk menanam pohon kayu atau membeli bibit tanaman.

Tapi jika kita menyukai seni dan barang antik, kita dapat menginvestasikan uang kita dengan cara membeli barang antik yang berpotensi menghasilkan untuk masa depan.

Atau kita senang dengan dunia digital, kita dapat menginvestasikan waktu kita untuk membuat asset digital dari sekarang.

Atau kita dapat membeli tanah di pinggir kota, selang 2 atau 3 tahun kita dapat menjual tanah tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini juga merupakan investasi yang sangat menjanjikan.

Saran saya, investasilah pada bidang yang anda senangi bukan pada bidang yang berpeluang menghasilkan karena biasanya dari kesenangan maka disitulah ada sebuah peluang.

Semoga artikel “Cara Investasi yang Aman, Berpeluang dan Pasti Menguntungkan” ini bermanfaat dan terima kasih.

Salam bisnis.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here