Cara Melihat Pengunjung Blog Dari Aplikasi Android

141

Cara Melihat Pengunjung Blog Dari Aplikasi Android

Ada beberapa cara melihat pengunjung blog kita, yaitu menggunakan Histats dan Statcounter.

  • Berapa jumlah visitor
  • Berapa yang sedang online
  • Berasal dari daerah mana saja
  • Artikel apa saja yang banyak dibaca dan untuk melihat data lainnya.

Cara melihat pengunjung blog psikolif.com, saya menggunakan Statcounter karena lebih ringan sehingga tidak mempengaruhi loading blog saya dan tersedia versi APK android sehingga memudahkan saya untuk memantau perkembangan blog dari HP.

Namun kelemahan statcounter adalah tidak menampilkan data orang yang sedang online.

Sedangkan data yang ditampilkan histats lebih lengkap tapi sayangnya lebih berat sehingga membuat loading blog lebih lambat dari sebelumnya.

Selain itu, histats belum menyediakan versi APK untuk cara melihat pengunjung blog sehingga kita tidak dapat memantau perkembangan blog dari HP.

Memang bisa dibuka dari chrome android tapi tampilannya tidak responsive dan cukup sulit jika harus bulak-balik memasukkan username dan password jika setiap membuka histats.

Jadi,,, buat anda yang ingin mengetahui jumlah pengunjung blog anda setiap waktu dari HP android, saya sarankan menggunakan Statcounter.

Cara daftar dan mendapatkan kode statcounter

Kunjung situs Statcounter.com terlebih dulu setelah itu tekan tombol Try It For Free.

Try free

Setelah itu isikan nama anda, email anda, username dan password untuk login. Setelah itu centang I accept the terms and condition dan tekan tombol Create Account.

Create account

Jika muncul tampilan seperti ini, silahkan tekan Save jika ingin menyimpan username dan password secara automatis agar ketika login tidak perlu mengetikkan username dan password. Tapi jika Never juga tidak masalah.

Pilih salah satu

Setelah itu masukkan link blog anda, misalnya saja https://www.psikolif.com dan ketikkan title projek (terserah anda tapi akan lebih baik jika title projek sama dengan domain untuk memudahkan membedakan blog yang satu dengan yang lain). Country ganti menjadi Indonesia, email report ubah menjadi Monthly tapi jika Weeklypun ya tidak masalah.

Untuk email penerima reports biasanya sudah terisi secara otomatis sesuai dengan email mendaftar di awal tadi, jadi Abaikan Saja. Tapi jika hendak diganti ya silahkan, atau ditambah juga bisa.

Setelah itu centang Invisible Tracking agar tampilan statcounter di hiden sehingga pengunjung tidak dapat melihat jumlah pengjung blog kita.

I’d like to be able to shere abaikan saja, karena jika dicentang maka link artikel anda yang banyak dikunjungi pembaca dapat diketahui oleh sesama pengguna statcounter. Setelah itu tekan tombol Add Project.

Add project

Scrool kebawah dan tekan Default Installation Guide untuk mendapatkan kode instalasi statcounter.

Cara mendapatkan kode statcounter

Setelah itu Copy To Clipboard.

Copy to clip board

Sampai disini kita sudah berhasil mendaftar dan mendapatkan kode statcounter, setelah itu tinggal menempelkan kode tersebut pada footer blog kita.

Baca juga :

Cara menempelkan kode statcounter

Pada umumnya kode statcounter diletakkan di footer blog kita, karena saya pengguna platform WordPress maka tutorial yang saya berikan juga menggunakan wordpress.

Untuk pengguna platform Blogger caranya juga sama yaitu ditempelkan di footer blog kita tapi cara masuk footer blognya yang sedikit berbeda.

Login blog kita masing-masing.

Setelah itu pilih Tampilan dan pilih Editor.

Cara masuk footer

Setelah itu cari dan pilih Footer.php.

Footer

Setelah itu tempelkan kode statcounter tersebut pada bagian paling bawah tapi diatas </body>.

Lokasi meletakkan kode statcounter

Setelah itu tekan perbaharui berkas untuk menyimpan kode tersebut dalam blog kita.

Cara melihat pengunjung blog di HP

Sampai disini kita sudah berhasil memasang kode statcounter untuk melihat pengunjung blog, selanjutnya tinggal memasang APK statcounter pada hp android.

Silahkan kunjungi Playstore dan ketikkan Statcounter, jika sudah ketemu silahkan langsung instal hingga selesai.

Setelah itu jalankan APK dan masukkan Username dan Password yang didaftarkan tadi dan SELAMAT anda sudah dapat Melihat pengunjung blog dari HP anda.

Fitur APK statcounter:

Menampilkan pengunjung hari ini, semalam, seminggu dan pengunjung blog dalam 1 bulan pada tampilan dasbord depan sehingga mudah untuk menganalisa perkembangan blog.

Selain itu juga menyediakan link artikel yang dikunjungi oleh pembaca sehingga kita dapat mengetahui artikel mana yang paling banyak dibaca.

Ada banyak fitur lainnya tapi 2 fitur yang diatas adalah fitur yang paling saya sukai dari Statcounter.

Bagi teman-teman blogger yang ingin bertanya seputar blog atau masalah lainnya silahkan komentar dibawah. Jika bisa saya bantu maka dengan senang hati saya membantu anda.

Semoga “Cara Melihat Pengunjung Blog Dari Aplikasi Android” ini bermanfaat. Terima kasih dan salam blogger.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here