Daftar Dan Cara Memasang Histats Di WordPress Dan Blogger

154

Cara Daftar Dan Memasang Histats Di Blogger

Histats merupakan sebuah layanan tracking blog yang membantu para blogger untuk lebih mudah mengetahui jumlah pengunjung/visitor sebuah blog.

Tak hanya visitor harian, Histats juga memberikan data pengunjung blog setiap Minggu dan setiap Bulan, jumlah Total pengunjung selama ini, jumlah halaman yang di akses dan juga visitor aktif yang sedang mengakses blog anda. Semuanya bisa anda lihat dengan mudah pada dashboard Histats.

Pengalaman saya menggunakan histats, ternyata layanan ini tidak jauh berbeda dengan Google Analytics.

Dimana Histats juga memberikan hitungan realtime yang lumayan akurat. Akan tetapi menurut saya Histats masih kalah dengan Google Analytic dari segi kelengkapan data.

Tentunya kurang lengkapnya data yang diberikan Histats bukan hal yang aneh mengingat Analytic merupakan milik Google, jadi tidak heran jika Analytic lebih bagus dari pada Histats.

Untuk anda yang ingin memasang widget Histats di blog anda silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Daftar Histats

Tapi sebelum kita memasang Histats, kita harus mendaftar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan code tarcker histats yang nantinya kita pasang di blog.

Pertama buka Histats.com kemudian, pilih Register.

Register

Silahkan masukan Email anda, Password (Password untuk login Histats nantinya), Nama Depan, Nama Belakang, isi kode Captcha ke kotak Formulir Pendaftaran lalu centang kotak I have read and agree (Saya telah membaca dan menyetujui Syarat Perjanjian Penerbit) dan klik Register.

Cara register histats

Jika muncul peringatan seperti gambar dibawah ini, silah Save saja agar ketika login kita tidak perlu mengetikkan username dan password lagi.

Save user histats

Selanjutnya anda diminta untuk mengkonfirmasi email yang anda gunakan, jadi anda buka pesan dari alert@histats.com di kotak masuk email yang anda gunakan untuk mendaftar tadi lalu klik link konfirmasi pendaftaran akun Histats (akan tetapi jika anda tidak mendapatkan link konfirmasi, anda langsung saja login ke akun histats anda).

Konfirmasi akun histats

Jika sudah teraktivasi, selanjutnya tinggal login histats.

Karena tadi kita menyimpan username dan password secara otomatis, maka kita tinggal mengklik tombol login tanpa harus repot-repot memasukkan username dan password.

login histats

Sampai disini kita sudah berhasil mendafta akun Histats, selanjutnya tinggal mendaftarkan website atau blog kita di histats untuk mendapatkan kode histats.

Cara mendaftarkan blog ke Histats

Setelah login, anda akan berada di menu Control Panel, silahkan klik tulisan + Add a Website untuk mendaftarkan blog anda.

Cara add site histats

Kemudian masukan Url blog yang akan di daftarkan, pilih Bahasa (Silahkan gunakan bahasa Indonesia), Kategori abaikan saja karena tidak terlalu penting.

url dan bahasa

Country ubah menjadi Indonesia maka secara otomatis Time Zone akan berubah sesuai dengan negara yang dipilih, Judul dan Deskripsi sebaiknya samakan dengan domain agar mudah membedakan pengunjung blog yang satu dengan yang lain apa bila kita memiliki lebih dari 1 blog.

Setalah itu ubah Site stats are Visible to everyone menjadi Site stats are Visible only to you agar keyword anda tidak diketahui oleh pengguna histats lain. Setelah itu masukkan Captcha yang tersedia dan klik Continue untuk melanjutkan proses pendaftaran blog.

Cara mendaftarkan blog ke histats

Selesai. Sekarang blog anda sudah terdaftar di histats, tapi anda belum bisa melihat pengunjung blog anda karena anda belum mengambil kode histats dan menempelkan kode tersebut di blog anda.

Baca juga :

Cara Memasang Histats di Blog

Masih di panel kendali atau Control Panel, silahkan klik ikon Stats di samping nama blog anda.

Lalu klik menu Counter Code untuk membuat kode Histats.

Selanjutnya pilih + add new counter untuk memilih jenis Widget Histats.

Silahkan pilih salah satu jenis Tracker yang ingin dipasang di blog anda. Saran saya gunakan Hidden Tracker agar pembaca tidak tau jumlah pengunjung blog anda. Kemudian klik pada Tracker yang anda pilih.

Jika anda ingin merubah warna Tracker, silahkan pilih salah satu warna tapi saran saya abaikan saja karena kurang enak dilihat jika menggunakan warna selain putih. Setelah itu tekan Save.

Setelah itu klik Counter ID seperti gambar dibawah ini.

Pilih kode standard saja, Blok dan Copy seluruh kode tersebut untuk ditempelkan di blog anda.

Untuk pengguna wordpress. Silahkan login wordpress anda, pilih Tampilan dan Edit. Setelah itu, pilih footer.php, pastekan kode tadi sebelum </body> dan tekan Perbaharui Berkas.

Untuk pengguna blogger. Silahkan buka blogger.com, Masuk ke dasbord blog anda, kemudian pilih menu Tata Letak lalu klik Add Widget, pilih HTML/Javascript paste kode Histats tadi dan klik “Simpan“.

Kesimpulan

Untuk mengetes work atau tidaknya silahkan buka blog anda, kemudian klik Control Panel pada Histats jika muncul user online maka dipastikan anda berhasil memasang Histats.

Jika dilihat dari kebutuhan, menurut saya pribadi data yang tampilkan Histats sudah lebih dari cukup. Namun dari sisi lain, Histats cukup berat dipasang di blog kita sehingga mempengaruhi kecepatan blog.

Meskipun tidak terlalu mengurangi kecepatan blog, tapi saya lebih memilih menggunakan Statcounter yang lebih ringan.

Ditambah lagi Statcounter menyediakan APK untuk menampilkan data pengunjung blog dari Hp Android.

Sedangkan Histats tidak menyediakan APK seperti Statcounter sehingga kita hanya bisa melihat pengunjung blog dari PC. Meskipun bisa menggunakan chrome android tapi terlalu sulit karena harus bulak-balik memasukkan username dan password Histats saat ingin melihat pengunjung.

Jadi buat anda yang ingin memantau pengunjung blog dari Hp Android, silahkan gunakan Statcounter DISINI.

Semoga “Daftar Dan Cara Memasang Histats Di WordPress Dan Blogger” bermanfaat dan terima kasih. Salam blogger

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here