Cara Membuat Daftar Gambar Dan Table Secara Otomatis

356

Ada 2 cara membuat daftar gambar/tabel yaitu cara otomatis dan cara manual.

Cara membuat daftar gambar otomatis dengan memanfaatkan fitur Tabel of Content yang di sediakan oleh Microsoft.

Fitur ini akan membuat semua kalimat yang berjenis Heading menjadi sebuah tabel yang berisikan kalimat yang tersusun secara sistematis lengkap dengan nomor halamannya (menjadi sebuah daftar).

Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat membuat daftar gambar/tabel lebih mudah dan cepat.

Sedangkan cara membuat daftar gambar/tabel manual adalah mengcopy pastekan nama gambar/tabel lengakp dengan nomor halamannya pada sebuah halaman khusus untuk daftar gambar/tabel tertsebut.

Cara ini terbilang repot karena harus mencari nama gambar/tabel dan mengcopy pastekan nama tersebut pada halaman daftar gambar/tabel.

Tapi jika kita mahir dalam melakukan copy paste dengan cepat dan kita pandai menggunakan shotcut maka cara manual bisa lebih cepat dari pada cara otomatis.

Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat daftar gambar/tabel otomatis dan manual, simak penjelasan berikut :

Cara membuat daftar gambar/tabel otomatis.

Membuat daftar gambar/tabel hanya dapat dilakukan jika :

  1. Bab I hingga Bab terakhir sudah di satukan menjadi 1 file microsoft word.
  2. Setiap halaman sudah di beri nomor halaman yang benar. Bagi yang belum mengerti cara membuat nomor halaman yang berbeda untuk skripsi silahkan baca : Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi Dan Makalah.

1).  Buka file Bab I hingga Bab terakhir yang sudah disatukan menjadi 1 file.

2).  Setelah itu, ubah semua gambar/tabel menjadi Heading 1 dengan cara : Letakkan kursor pada nama gambar/tabel setelah itu buka menu Home dan pilih Heading 1. Lihat gambar berikut :

Letakkan kursor pada nama gambar

Cara merubah kalimat menjadi heading 1

Setiap nama gambar/tabel yang dirubah menjadi Heading 1 maka jenis, ukuran dan warna huruf akan berubah. Jadi harus di ubah kembali agar menjadi seperti semula dengan cara manual.

Lakukan hingga semua nama gambar/tabel menjadi Heading 1.

3).  Setelah itu, letakkan kursor pada halaman daftar gambar/tabel. Perhatikan gambar berikut ini :

Letakkan kursor pada nama gambar

4).  Dan buka menu References dan pilih Tabel of Contents dan pilih Autometic Table 2. Maka setiap kalimat yang berjenis Heading 1 akan menjadi sebuah daftar yang tersusun secara berurutan sesuai dengan nomor halaman.

Cara membuat daftar gambar otomatis

PERINGATAN…

Jika kita sudah menggunakan fitur ini untuk membuat daftar gambar, dan kita ingin menggunakan fitur ini lagi untuk membuat daftar table.

Kita harus merubah nama daftar gambar menjadi normal lagi, setelah itu barulah ubah semua nama table menjadi Heading 1 dan melakukan langkah yang sama.

Jika nama gambar dibiarkan menjadi Heading 1, dan kita mengubah nama table menjadi Heading 1. Maka daftar yang dihasilkan adalah semua jenis file Heading 1(daftar gambar akan terikut dengan daftar tabel).

Dan fitur ini tidak dapat digunakan untuk membuat daftar isi, KENAPA?

Karena jarak antara Bab dan Sub Bab tidak akan sesuai dengan standart penulisan skripsi yang benar.

Untuk cara membuat daftar isi silahkan baca : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Untuk Makalah Dan Skripsi

Meskipun tersedia cara membuat daftar tabel otomatis, namun kita tetap repot karena harus mengubah setiap nama gambar/tabel menjadi Heading 1 dan mengubah menjadi ukuran huruf normal.

Maka dari itu, saya akan mengajarkan cara membuat daftar gambar/table secara menual.

Cara membuat daftar tabel manual:

1).  Buka file Bab I hingga terakhir.

2).  Tekan CTRL dan N bersamaan (untuk membuka halaman baru). Halaman ini yang akan menjadi letak daftar gambar/tabel yang akan kita buat.

3).  Buat titik-titik otomatis pada halaman baru tersebut agar tampilan daftar gambar/tabel nantinya lebih rapi dan bagus.

Cara membuat titik-titik otomatis

Pilih menu Home, Klik tanda panah kecil pada Paragraph dan pilih Tab. Dan atur tab sesuai kebutuhan masing-masing. Setelah itu tekan tombol Set dan OK.

Tab Stop Position – tempat berhentinya titik dan disitulah letak nomor halaman. Buat saja 13 cm (dapat di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing).

Alignment – Rata titik-titik (pilih Right karena titik-titik harus rata kanan, bukan rata kiri).

Leader – jenis titik-titik yang akan digunakan (pilih No 2).

Cara membuat titik-titik otomatis

Pengaturan titik-titik otomatis

4).  Blok nama gambar/tabel setelah itu tekan CTRL dan C bersamaan pada keyboard (fungsinya untuk mengcopy) dan lihat nomor halaman pada nama gambar/tabel tersebut.

Cara copy paste dengan cepat

5).  Setelah itu letakkan kursor pada halaman baru untuk daftar gambar/tabel dan tekan CTRL dan V bersamaan (fungsinya untuk mempaste nama gambar/tabel yang di copy tadi).

Cara paste dengan cepat

6).  Setelah itu tekan Tab maka titik-titik akan otomatis terbuat. Dan isi nomor halamannya sesuai dengan halaman letak nama gambar/tabel tersebut.

Hasilnya

7).  Ulangi langkah ke 4 pada nama gambar/tabel selanjutnya dan lakukan hingga selesai.

Cara membuat daftar gambar

Sampai disini kita sudah berhasil membuat daftar gambar/tabel secara manual.

8).  Selanjutnya tinggal memberi nomor halaman dan tekan CTRL dan S untuk menyimpan daftar gambar/tabel yang sudah dibuat tadi. Untuk cara memberi nomor halaman silahkan baca DISINI.

Kesimpulan

Cara otomatis memang lebih cepat dan simpel, tapi kita tetap harus mengubah nama gambar/tabel menjadi Heading 1 dengan cara yang manual.

Ditambah lagi setiap kalimat yang di rubah menjadi Heading 1 akan berubah jenis, ukuran dan warnanya sehingga kita harus merubah secara manual agar kalimat berubah seperti semula.

Dan jika kita ingin menggunakan fitur ini lagi untuk membuat daftar tabel, kita harus merubah semua nama gambar yang sudah menjadi Heading 1 agar kalimat normal.

Setelah itu barulah kita dapat merubah nama tabel tersebut menjadi Heading 1 dan membuat daftarnya secara otomatis. Hal ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Sedangkan cara manual memang lebih rumit karena harus mengcopy nama gambar/tabel dan nomor halaman secara manual, tetapi jika kita mampu melakukan Copy Paste dengan cepat maka cara manual akan lebih efektif.

Kita dapat memanfaatkan tombol CTRL dan C secara bersamaan untuk mengcopy dan menekan tombol CTRL dan V secara bersamaan untuk mempastekan kalimat yang di copy tadi.

Dengan begitu cara membuat daftar gambar/tabel akan lebih cepat dan mudah.

Semoga artikel singkat mengenai cara membuat daftar gambar/table secara otomatis ini dapat bermanfaat bagi seluruh para pembaca sekalian.

Terima kasih telah berkunjung, jika mengalami kendala, silahkan komen dan akan saya bantu sebisa mungkin.

Download contoh skripsi DISINI

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here