Petani Sukses!!!.. Cara Menanam Kacang Panjang

489

Cara menanam kacang panjang

Pada dasarnya, cara menanam kacang panjang agar hasil melimpah ruah tidaklah sulit selama kita mengerti bagaimana cara menanam kacang panjang yang baik dan benar.

Selain hasil yang melimpah ruah, waktu tanam juga harus diperhatikan untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Karena harga jual kacang panjang cendrung berubah-ubah setiap harinya.

Harga standart kacang panjang di daerah Medan berkisar Rp2.500 – Rp3.000 / kg jika kita menjual kepenampung sayuran. Harga jual dipajak tentu lebih dari itu.

Dengan harga jual standart, biasanya petani kacang panjang sudah balik modal dan memperoleh untuk meski hanya sedikit.

Tapi jika harga jual di bawah Rp2.500 maka kemungkinan besar petani tidak mendapatkan keuntungan atau bahkan merugi.

Oleh karena itu, meskipun kacang panjang yang ditanam hasilnya melimpah ruah tapi pengamatan pola harga kacang panjang juga sangat menentukan keberhasilan seorang petani kacang panjang.

Harga kacang panjang akan turun jika stok kacang panjang melebihi permintaan pasar dan harga akan naik jika permintaan pasa lebih tinggi dari pada stok kacang panjang yang tersedia.

Pada musim banjir, harga kacang panjang akan cendrung naik karena petani kacang panjang banyak yang beralih ke pertanian padi.

Dan setiap daerah berbeda-beda, kebetulan saya berada di daerah pertanian sehingga petani kacang panjang menanam kacang panjang di daerah persawahan selesai panen padi. Dan ada banyak petani yang menanam kacang panjang secara bersamaan sehingga panen bersamaan dan harga jual kacang panjang di daerah saya pun menjadi murah.

Oleh karena itu, saya lebih memilih menanam kacang panjang ketika seluruh petani menanam padi karena harga jual biasanya lebih stabil dan bahkan cendrung di atas Rp3.000 / kg nya.

Jika anda hendak menanam kacang panjang, tanamlah dari sekarang dan perhatikan perubahan harga untuk setiap waktunya. Jika sudah memahami pola harga, barulah anda akan dapat menikmati hasil menanam kacang panjang yang sebenarnya.

Cara menanam kacang panjang

Mencari lahan

Mencari lahan

Lahan yang baik untuk menanam kacang panjang adalah lahan yang tidak mudah terendam air ketika musin hujan.

Kacang panjang adalah tanaman yang sangat sensitif terdapat genangan air, jika batang dan akar kacang panjang terendam air selama satu hari satu malam, maka daun kacang panjang akan menguning dan pohonnya akan mengering dan mati.

Pastikan lahan yang akan ditanami kacang panjang tidak akan terkena banjir ketika musin hujan datang.

Menyiapkan lahan

Menyiapkan lahan

Cangkul atau jetor lahan agar tanah yang keras berubah menjadi gembur. Semakin gembur tanah maka akan semakin bagus untuk pertumbuhan kacang panjang nantinya.

Membuat bedengan

Lahan yang sudah dicangkul

Setelah itu cangkul dan naikkan tanah untuk membuat bedengan kacang panjang.

Perhatikan tinggi bedengan, tinggi bedengan yang baik adalah 20 hingga 30 cm, fungsinya agar ketika musim hujan air tidak tergenang membasahi akar kacang panjang.

Lebar bedengan yang baik adalah 1 meter dengan panjang 50 meter untuk memudahkan pemupukan dan perawatan serta pemanenan kacang panjang kelak.

Jarak bedengan yang satu dengan yang lain adalah 30 hingga 50 cm, cukup untuk lewat diantara bedengan.

Memasang mulsa

Pasang mulsa

Setelah selesai membuat bedengan, selanjutnya kita harus memasang mulsa agar tidak pohon kacang panjang terlindungi dari berbagai jenis rumput yang dapat mengganggu pertumbuhan pohok nantinya.

Selain mulsa, kita juga dapat menggunakan damen padi untuk menghemat biaya. Bahkan menggunakan damen lebih baik karena damen tersebut akan menjadi pupuk organik nantinya.

Hanya saja, menggunakan damen membuka peluang hama jamur berkembang lebih besar dari pada menggunakan mulsa.

Memilih bibit unggul

bibit kacang panjang

Bibit kacang panjang terbaik saat ini adalah bibit kacang panjang merek kanton, bibit kanton menghasilkan kacang panjang dengan kualitas tinggi.

Daging kacang panjang lebih padat dari pada jenis kacang panjang lain, sehingga hasil panen lebih berat dari pada bibit kacang panjang lain.

Baca juga artikel lain tentang pertanian DISINI.

Menanam kacang panjang

Sebelum menanam kacang panjang, buatlah lubang untuk meletakkan bibit kacang panjang.

Jarak antara lubang berkisar 30 cm dan jarak baris lubang antara 50 hingga 60 cm.

Jika terlalu rapat maka buah tidak lebat, sedangkan jika terlalu jarang pohon tidak banyak yang berarti buahpun akan berkurang.

Tanam kacang panjang pada setiap lubang yang sudah dibuat, masukkan 2 butir bibit kacang panjang untuk setiap lubang.

Setelah itu tutup lubang dengan tanah.

Kita juga dapat menutup lubang dengan pupuk organik agar pertumbuhan bibit lebih cepat dan labih bagus.

Penyiraman kacang panjang

Penyiraman

Setelah selesai menanam kacang panjang, siram setiap lubang dengan air yang secukupnya saja.

Lakuka penyiraman 2 hari sekali untuk mendapatkan pertumbuhan bibit yang baik dan bagus.

Ketika bibit sudah berumur 2 minggu, penyiraman dapat dilakukan 3 hari sekali, bergantung pada cuaca saat itu.

Jika cuaca terlalu panas maka penyiraman lebih sering dan jika cuara sering hujan maka penyiraman tidak perlu dilakukan.

Memasang turus kacang panjang

Turus kacang panjang

Selagi menunggu bibit kacang panjang tumbuh, pasang turus kacang panjang.

Tiang turus dapat menggunakan bamboo atau kayu yang di tancapkan 1,5 meter. Setelah itu, pasang tali di atas, ditengah, dan dibawah. Dan pasang benang di antara tali atas, tengah dan bawah sebagai media melayap pohon dan cabang kacang panjang.

Pemupukan

Pemupukan

Jika kacang panjang sudah berumur 15 hari setelah tanam, pohon kacang panjang sudah siap untuk menerima pupuk pertamanya.

Larutkan pupuk kedalam air dan siramkan larutan pupuk tersebut ke bahan pohon kacang panjang.

Pastika ketika menyiram pupuk tidak terkena daun kacang panjang karena larutan pupuk tersebut dapat merusak daun kacang panjang.

Pupuk yang biasa saya gunakan adalah pupuk Mutiara, tapi anda dapat menggunakan pupuk lain seperti urea dan lain sebagainya untuk menyuburkan pohon kacang panjang.

Pemupukan keduan dilakukan 7 hari setelah pemupukan pertama, dan begitu seterusnya hingga masa panen berakhir.

Ketika umur pohon kacang panjang sudah 35 hari, taburi pupuk buah di sekitar pohon. Cukup 5 hingga 10 butir pupuk saja untuk setiap pohon.

Fungsinya agar buah lebih lebat dari pada biasanya.

Lakukan penaburan pupuk setiap seminggu sekali, dan lakukan pengecoran pupuk 1 minggu sekali.

3 hari di cor dengan pupuk dan 4 hari berikutnya di tabor dengan pupup buah. Lakukan hingga selesai panen.

Penyemprotan

Semprot hama

Penyemprotan hama

Perhatikan hama yang dapat merukan pertumbuhan kacang panjang, jika terdapat ulat atau hama yang melekat pada daun atau pohon kacang panjang!.. Segera lakukan penyemprotan untuk membasmi hama sebelum berkembang biak lebih banyak.

Penyemprotan pertama, sebaiknya gunakan obat dengan dosis ringan, untuk penyemprotan kedua, tambah dosisi sedikit dari pada yang sebelumnya.

Hal ini perlu dilakukan, karena biasanya hama yang bertahan akan sedikit lebih kebal terhadap racun sehingga diperlukan pertambahan dosis sedikit demi sedikit agar seluruh hama mati tanpa sisa.

Untuk obat hama, gunakan obat hama yang sederhana terlebih dulu, jika tidak mempan barulah menggunakan obat hama yang lebih keras lagi.

Ulat penggerek daun dan buah

Hama kacang panjang

Ulat penggerek daun adalah hama yang paling banyak menyerang kacang panjang dan merupakan hama yang paling berbahaya bagi setiap petani sayuran.

Ulat penggerek daun ini akan menggerek seluruh daun dan buah yang di hinggapinya.

Pada awalnya, ulat penggerek daun akan berkembang biak dengan cara membuat sarang dan menelur di daun. Setelah menetas, anak-anak ulat akan menyebar ke seluruh tanaman.

Ulat penggerek daun dapat masuk ke dalam bunga kacang panjang dan merusak bunga tersebut sehingga tidak menjadi buah.

Bahkan ulat ini dapat membuat lubang di dalam kacang panjang sehingga kualitas buah berkurang.

Ulat ini mulai menyerang kacang panjang ketika umur kacang panjang sudah mencapai 15 hari setelah tanam.

Jika terluhat daun kacang panjang bergulung, maka sebaiknya petik dan hancurkan daun tersebut dan lakukan penyemprotan.

Gunakan racun yang dapat membunuh ulat dan telur ulat sehingga dalam sekali semprot ulat habis terbunuh dan telurnya tidak menetas.

Kita dapat menggunakan Du Pont atau Vertako sebagai racun pembasmi hama. Akan tetapi, sebaiknya tanya ke penjual obat terlebih dulu. Gunakan obat yang biasa digunakan petani lain.

Berbeda lokasi berbeda pula obat yang digunakan.

Kutu aphids

Kutu aphids tidak terlalu berbehaya, tapi jika dibiarkan akan merembet ke pohon kacang yang lain dan akan mengurangi hasil panen.

Kutu aphids berwarna hitam dan selalu berkelompok.

Jika mulai terlihat kutu aphids, segeralah melakukan penyemprotan untuk membunuh kutu tersebut agar tidak merembet ke pohon yang lain.

Penyemprotan cukup di sekitar pohon yang terdapat kutu tersebut. Tidak harus ke seluruh pohon, karena kutu tersebut tidak cepat berkembang biak.

Kita dapat menggunakan racun kutu Pegasus atau yang sejenisnya.

Penyemprotan penyakit

Kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman yang jarang sekali terkena penyakit, namun ada beberapa penyakit yang dapat menyerang kacang panjang.

Penyakit karat daun

Karat daun

Penyakit karat daun dapat menyerang kacang panjang dan akan membahayakan kelangsungan hidup pohon kacang panjang.

Gejala penyakit karat daun terlihat dari daun kacang yang berubah menjadi berkarat seperti terkena zat asam dan karat tersebut akan semakin melebar dan membuat daun mengering dan mati.

Penyakit karat daun dapat diatas dengan menyemprotkan Score 25 EC.

Penyakit bercak daun

Bercak dauh

Penyakit bercak daun hampir serupa dengan penyakit karat daun, gejalanya penyakit ini adalah, munculnya bercak-bercak berwarna kuning pada daun kacang panjang dan lama-kelamaan bercak tersebut melebar dan membuat daun layu dan kering.

Jika dibiarkan, panyakit ini dapat merembet ke daun yang lain sehingga akan mempengaruhi hasil panen kacang panjang.

Untuk mengatasi penyakit bercak daun, kita dapat menyemprotkan Score 25 EC pada pohon dan daun yang terkena penyakit tersebut.

Untuk penyemprotan hama, lebih baik dilakukan di sore hari sedangkan untuk penyemprotan penyakit, akan lebih baik dilakukan di sore hari.

Baca juga artikel lain tentang usaha dan bisnis DISINI.

Panen kacang panjang

Cara menanam kacang panjang

Proses panen kacang panjang dilakukan pada waktu pagi hari untuk memperoleh kacang panjang yang segar.

Upayakan jam 10 pemanenan kacang panjang sudah selesai dilakukan, jika kekurangan tenaga dapat menggunakan tenaga orang lain.

Jika kacang panjang di jual kea gen, kita cukup mengikat kacang panjang dengan ikatan besar untuk memudahkan proses pelangsiran.

Tapi jika kacang panjang ingin di jual ke pajak terdekat, soter terlebih dahulu kacang panjang. Buang dan petil kacang panjang yang rusak.

Ikat dengan karet kacang panjang, 1 ikat terdiri dari 1 kg kacang panjang. Setelah itu, kumpulkan 10 ikat (10kg) dan ikat dengan tali di atas atas dan dibawah kacang panjang untuk memudahkan proses penjualan.

NB:

Obat yang digunakan untuk mengusir hama pada masa panen adalah obat organik yang ramah lingkungan sehingga kacang panjang yang dihasilkan tidak berbahaya untuk di konsumsi.

Sekarang ini, sangat sulit untuk menanam kacang panjang jika tidak menggunakan racun hama non organic.

Oleh karena itu, gunakanlah racun non organic hanya jika diperlukan saja, jangan sampai racun yang digunakan malah membahayakan orang yang mengkonsumsi kacang yang kita tanam.

Semoga saja artikel yang berjudul “Petani Sukses!!!.. Cara Menanam Kacang Panjang” ini bermanfaat bagi seluruh pembaca, khususnya para petani yang sedang mencari cara menanam kacang panjang.

silahkan komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here