Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Penjahat Jaringan

224

Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Penjahat Jaringan

Cara mengamankan akun gmail adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun gmail anda.

Cara cukup mudah, yaitu:

Silahkan login Gmail anda terlebih dulu.

Setelah login, masuk Akun Google anda.

Setelah masuk, pilih Keamanan pada bagian kanan layar dasbord gmail anda.

Setelah itu, masukkan nomor hp pada bagian Pemulihan Telepon. Masukkan Email pada bagian Email Pemulihan.

Tapi jika Nomor Telepon dan Email Pemulihan sudah ada maka lewati saja.

Setelah itu,

Baca juga :

Tips lain cara mengamankan akun gmail

Meskipun anda sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah, tapi tidak menutup kemungkinan akun anda dibajak orang lain jika anda ceroboh dalam menggunakan gmail anda.

Untuk itu, dalam penggunaan akun gmail anda harus berhati-hati, anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1, Jangan menggunakan password dari data pribadi

Kecenderungan orang dalam membuat password biasanya menggunakan data pribadi, seperti tanggal lahir atau yang semacamnya agar kata sandi mudah diingat.

Taukah anda bahwa hal ini berbahaya untuk akun gmail anda karena password seperti ini sangat mudah ditebak oleh pencuri orang lain.

Oleh karena itu pastikan anda menggunakan password yang tidak terkait dengan data pribadi anda agar sulit untuk ditebak oleh orang lain.

2, Jangan login diperangkat orang lain

Hindari login diwarnet, pc atau hp orang lain karena sudah pasti jejak anda tercatat pada perangkat tempat anda login akun gmail tersebut.

Jika memang mendesak dan terpaksa harus menggunakan warnet, maka gunakanlah mode bayangan pada chrome.

Caranya tekan CTRL + Shift + N secara bersamaan maka jendela bayangan di chrome akan terbuka.

Setiap data yang anda masukkan seperti username dan password akan terhapus jika anda menutup jendela chrome tersebut meskipun lupa untuk logout akun.

Tapi untuk berjaga-jaga, setelah login menggunakan perangkat warnet atau pc teman sebaiknya kita membersihkan cache pada pc tersebut untuk password anda tidak tersimpan diperangkat lain.

3, Jangan menyimpan data gmail di sosial media

Belum lama ini akun fb teman saya diretas oleh orang lain, sementara dalam akun tersebut terdapat data-data penting termasuk data gmail adsensenya.

Hal ini jangan sampai terjadi pada diri anda. Jika memang ingin mengamankan akun gmail dan memasukkannnya ke akun sosial media maka sebaiknya anda harus memasukkan akun gmail di notepad dan file notepad tersebut dijadikan Winrar dan memberi password pada Winrar tersebut agar tidak mudah untuk dibuka.

Jika akun sosial media anda diretas maka orang yang meretas tidak dapat membuka data yang di Winrar karena sudah diberi password.

4, Kunci data gmail anda

Saya memiliki beberapa gmail yang amat penting, untuk penyimpanan di pc saya menggunakan Winrar yang diberi password.

Hal ini hanya untuk berjaga-jaga saja jika laptop saya dicuri agar data penting dilaptop tersebut tidak dapat dilihat orang yang mencurinya.

Selain menggunakan Winrar, anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk mengunci data pribadi anda.

Sedangkan untuk data di hp, anda dapat mengamankan data anda di penyimpanan Brangkas agar tidak ada yang dapat melihat data pribadi anda.

Kesimpulan

Cara mengamankan akun gmail memang penting tapi cara menggunakan akun gmail tersebut juga tidak kalah pentingnya.

Kita dituntut untuk tidak sembarangan menggunakan akun gmail di berbagai perangkat umum seperti warnet atau pc teman kita.

Bahka kita juga tidak boleh sembarangan meminjamkan pc atau hp kita kepada orang lain karena tidak menutup kemungkinnan bahwa teman tersebut yang malah mencuri data gmail kita atau data penting lainnya.

Untuk berrjaga-jaga, selain mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Kita juga harus menggunakan aplikasi pendukung seperti Winrar (yang diberi password) untuk menyimpan data gmail.

Semoga artikel “Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Penjahat Jaringan” ini bermanfaat bagi seluruh pembaca sekalian, terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here