Cara Mengatasi Gangguan Kepribadian Narsistik

164

Cara Mengatasi Gangguan Kepribadian Narsistik. Mungkin kamu sering mendengar istilah narsis, tapi apakah kamu tahu bahwa narsis atau narsistik merupakan sebuah gangguan mental.

Gangguan kepribadian narsistik atau narsistik personality disorder (NPD) adalah salah satu gangguan mental yang membuat penderitanya menganggap dirinya lebih superior. Biasanya mereka menggambarkan dirinya lebih hebat, menarik dibandingkan siapapun.

Banyak istilah yang mendefinisikan seorang narsistik seperti selalu ingin dipuji, selalu mementingkan diri sendiri, terfokus pada diri dan memiliki rasa kepedulian yang rendah.

Sifat perilaku narsistik

Seorang perilaku narsistik biasanya akan menunjukkan secara berlebihan kepada orang lain mengenai kehidupannya, keluarga, dan pekerjaan secara umum. Seolah-olah mereka tidak menganggap orang lain lebih baik dari dirinya.

Seseorang seperti itu tidak pernah menghargai kontribusi orang lain dan seringnya mengeluh atas keburukan orang lain. Kebanyakan yang dikatakan oleh mereka tidak benar dan selalu dibesar-besarkan.

Diagnosis dan perawatan perilaku narsistik

Psychiater menggunakan alat penilaian dan wawancara yang dirancang khusus untuk memastikan Apakah orang tersebut menderita gangguan kepribadian narsistik ini. Selama diagnosis rekam jejak kesehatan dan tes fisik pasien juga akan dipertimbangkan untuk penanganan lebih jauh.

Yang paling miris adalah seorang narsistik tidak memandang gangguan ini sebagai

suatu masalah, hal tersebut yang membuatnya sulit untuk mengambil langkah pengobatan.

Meskipun belum ada obat untuk menyembuhkan gangguan ini psikoterapi dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk mengatasi narcissistic personality disorder (NPD):

  1. Memberikan individu kesadaran diri yang lebih baik dan melihat ke dalam permasalahannya.
  2. Pengembangan harga diri yang lebih baik dan penggambaran diri yang realistis.
  3. Menanamkan pendekatan terhadap orang lain.

Banyak yang percaya bahwa psikoterapi atau konseling dapat membantu seseorang keluar dari perasaan trauma yang menjadi pemicu gangguan kepribadian narsistik tersebut. Dan pada saat yang sama obat yang diresepkan akan membantu mengatasi gangguan ini.

Beberapa psikolog berpendapat bawa narsisme ada pada setiap individu hanya saja masing-masing orang memiliki batasan tertentu.

Menurut seorang ahli narsisme yang sehat adalah sebuah keharusan untuk perkembangan seorang individu yang normal, karena itu akan membentuk kepentingan diri yang konstan dan realistis, dan membantu dalam menetapkan tujuan hidup dan penanaman nilai-nilai yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here