Cara menghasilkan uang dari blog hingga Rp100 Juta/Bulan

267

Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog hingga Rp100 Juta/Bulan – Cara menghasilkan uang dari internet sebenarnya mudah, meskipun tidak gampang dan salah satunya adalah dengan cara membuat blog dan memasang iklan pada blog tersebut.

Yang diperlukan hanyalah kemauan untuk mencoba dan konsisten dalam menulis artikel. Lantas bagaimana langkah-langkah cara menghasilkan uang dari blog?…

  • Membuat blog
  • Membuat konten
  • Memasang iklan

Cara menghasilkan uang dari blog

Membuat blog

Membuat blog

Apakah anda pikir membuat blog itu sulit?…

TIDAK… Membuat blog sebenarnya tidak sulit, dan bahkan gratis.

Setiap domain yang ujungnya menggunakan blogspot.com maka blog tersebut dibuat tanpa modal sama sekali. Contohnya saja makalahproposal.blogspot.com.

Dan jika blog tersebut terlihat ada iklan dari google maka blog tersebut sudah menghasilkan uang.

Contoh iklan dari google:



Soal berapa besar yang dihasilkan bergantung pada jumlah pengunjung, semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula pendapatan yang kita terima.

Ada 5 cara yang paling umum digunakan dalam membuat blog yaitu:

  1. Membuat blog gratis
  2. Membuat blog dengan domain TLD dan hosting gratis
  3. Membuat blog dengan berbayar (menggunakan webhosting)
  4. Membuat blog dengan VPS
  5. Membuat blog dengan Dedicated Server

Awal membuat blog, saya langsung menggunakan cara yang ketiga karena saya memang senang mengungkapkan perasaan melalui sebuah tulisan jadi saya tidak ragu untuk mengeluarkan modal awal sebesar Rp600.000.

Rp600.000 tersebut saya pergunakan untuk menyewa hosting selama 1 tahun di niagahost dan saya mendapatkan 1 domain gratis.

TAPI… Buat anda yang ingin membuat blog tanpa mengeluarkan biaya yang besar, saya sarankan menggunakan cara yang kedua.

Modal yang dibutuhkan hanya Rp130.000 untuk membeli domain TLD selama 1 tahun, tahun berikutnya biaya perpanjangannya sama dengan biaya beli pada awalnya.

Ada beberapa teman saya yang menggunakan cara yang kedua untuk membuat blog, dan selama 3 tahun ia fokus menulis artikel yang bermanfaat dan sekarang ini sudah berhasil mendapatkan Rp30.000.000 lebih perbulannya.

Modal Rp130.000 dan 3 tahun kemudian dapet Rp30.000.000. Pilih kerja atau membangun blog sendiri?..

Domain TLD adalah domain berbayar yang dapat kita pesan sesuai dengan keinginan kita dan tidak ada embel-embel seperti blogspot.com.

Contoh domain TLD adalah psikolif.com.

Tapi buat anda yang tidak ingin repot-repot membuat blog, anda dapat menggunakan jasa orang lain untuk membuatkan blog anda.

Biasanya biaya membuat blog sekitar Rp350.000.

Untuk anda yang kesuitan dalam membuat blog, silahkan komentar dibawah maka saya akan membantu sebisa saya.

Atau anda ingin membuat blog yang sama persis seperti psikolif.com, dengan senang hati saya akan membantu (Gratisss).

Baca juga :

Membuat konten

Membuat artikel

Setelah tampilan blog sudah di sesuaikan dengan benar, selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan artikel.

Pada tahap ini banyak sekali para blogger baru yang berguguran, bahkan 70% blogger baru mundur dalam hitungan 6 bulan pertama.

Alasannya sederhana, mereka TIDAK KONSISTEN.

1 hari saya mampu membuat 3-4 artikel. Tapi saya hanya membuat 2 saja karena ada usaha lain yang saya jalankan.

Jika anda membuat 2 artikel setiap hari maka dalam 1 bulan blog anda sudah di penuhi 60 artikel.

Dari 60 artikel tersebut, kemungkinan penjunjung blog kita hanya sekitar 10-50 orang perharinya pada bulan pertama.

Pada bulan kedua blog anda sudah dipenuhi 120 artikel, dan pengunjung blog anda kemungkinan bertambah hingga 40-200 perharinya.

Dan pada bulan ketiga kemungkinan pengunjung blog anda sudah mencapai 200-400 lebih.

Itu dari pengalaman saya, tidak menutup kemungkinan pengunjung blog lebih dari yang pernah saya lakukan dan tidak menutup dibawah dari yang saya jelaskan.

Pada intinya… Jumlah pengunjung akan bertambah jika kita sering membuat artikel, dan artikel yang pada awal berada diperingkat bawah maka akan naik ke peringkat atas secara perlahan-lahan hingga meningkatkan jumlah pengunjung blog kita secara bertahap.

NB:

Kesalahan yang paling sering dilakukan blogger baru biasanya terlalu mementingkan seo dan mengabaikan kenyamanan pembaca dan jenuh membuat artikel.

SEO itu penting tapi tidak perlu berlebihan. Kita cukup menulis apa yang ingin kita tulis, tidak perlu dilebih-lebihkan yang pada akhirnya membuat jenuh pembaca.

1 bulan pertama biasanya blogger baru sedang semangat-semangatnya membuat artikel, tapi pada bulan berikutnya timbul rasa malas karena belum mendapatkan hasil atau pengunjungnya masih sangat sedikit.

Karena kejenuhan tersebut maka ia lebih memilih meninggalkan dunia blogger dan mencari kerja tempat lain.

Saya perjalas, untuk menghasilkan uang dari blog membutuhkan perjalanan yang panjang. Kemungkinan besar anda tidak akan dapat menghasilkan uang dari blog anda selama 3 bulan pertama.

Tapi jika anda tetap KONSISTEN maka anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan, tantu semua itu di iringi dengan belajar dan terus belajar.

Agar anda tidak jenuh membuat artikel, anda perlu memotivasi diri dengan berbagai keinginan anda. Misalnya saja keinginan untuk memberangkatkan orang tua haji dengan hasil blog anda, keinginan untuk membeli barang mewah yang tidak mungkin mampu kita beli dan keinginan lainnya yang dapat mendorong motivasi agar lebih bergairah dan bersemangat lagi.

Bermimpilah setinggi langit dan tetaplah berpijak dibumi agar kita melihat kenyataan bahwa kita adalah orang lemah yang harus bekerja keras untuk meraih impian tersebut.

Memasang iklan

Penghasilan blogger

Jika umur blog sudah lebih dari 1 bulan dan sudah di isi beberapa artikel. Maka blog anda sudah siap pasang iklan meskipun blog tersebut masih sepi dari pengunjung.

Iklan yang paling umum digunakan adalah google adsense, tapi kita juga dapat menggunakan iklan lain seperti mobile10, affiliasi dari lazada dan lain sebagainya.

Untuk pemula sebaiknya gunakan adsense saja dulu.

Bayaran yang kita terima bergantung pada jumlah klik yang didapat.

Misalnya saja dari 60 artikel yang kita buat, kita memiliki 50 pengunjung perharinya. Dan blog tersebut sudah dipasang iklan.

Jika dari 50 pengunjung tersebut ada yang tertarik atau tidak sengaja mengklik iklan di blog kita maka kita akan mendapatkan bayaran.

Dari 50 pengunjung biasa kita mendapat 1-3 klik dan bayaran perkliknya berkisar Rp100 – Rp10.000. Biaya perklik disebut BPK atau juga CPC (Cost Per Clik).

Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai CPC, termasuk juga musim. Pada awal tahun biasanya CPC memang agak turun tapi lambat laun akan naik lagi.

CPC Indonesia memang tidak mahal, sedangkan CPC luar negeri bisa mencapai Rp500.000 untuk perkliknya.

Banyak blogger Indonesia yang beralih membuat blog dengan bahasa asing untuk mengejar CPC yang tinggi.

Untuk anda yang pemula, sebaiknya fokus pada blog Indo saja dulu. Jika sudah berhasil barulah mencoba untuk membuat blog bule.

Jika CPC tidak mahal, yang perlu kita lakukan adalah memperbanyak pengunjung dengan rajin-rajin membuat artikel setiap harinya.

Jika pengunjung mencapai 100.000 lebih perharinya tentu pendapatan kita akan mencapai Rp10.000 hingga Rp100.000 lebih perbulannya.

Tapi tentu saja dengan perjalanan yang panjang.

Download kumpulan GAMBAR DISINI

Cara memasang iklan diblog

Dafrar adsense

  • Pertama-tama kita harus mempunyai akun google terlebih dulu.
  • Setelah itu kita memebuat akun adsense denga akun google tersebut.
  • Menempelkan kode adsense di blog.
  • Menunggu persetujuan dari pihak google
  • Dan selamat anda sudah menjadi Publisher Adsense

Verif PIN

Setelah iklan tayang di blog, langkah selanjutnya menunggu hingga saldo adsense mencapai $10 atau setara Rp140.000.

Jika sudah mencapat $10, selanjutnya kita tinggal reques PIN dari pihak google dan google akan mengirimkan sebuah surat yang berisi kode.

Dan tugas kita memasukkan kode tersebut kea kun adsense kita sebagai verifikasi dan berhasil.

Pengiriman surat tersebut biasanya memakan waktu 30 hari lebih karena di kirim dari luar negeri yang jaraknya sangat jauh dari Indonesia.

Pembayaran

Setelah akun adsense kita terverifikasi, langkah selanjutnya tinggal membuat artikel dan menunggu hingga saldo mencapai $100 atau setara Rp1.400.000.

Pembayaran biasanya dilakukan pada tanggal 21-27 untuk setiap bulannya, jika pada tanggal tersebut saldo kita tidak mencapai $100 maka kita harus menunggu pada tanggal 21-27 bulan berikutnya.

Pesan saya untuk anda:

Membuat blog membutuhkan pengorbanan, baik modal uang ataupun waktu.

Jika anda ingin cepat berhasil, anda dapat menggunakan uang anda untuk belajar kepada ahlinya dan membeli program yang dapat mempercepat perkembangan blog anda.

Tapi.. Jika anda tidak memiliki dana, anda masih memiliki waktu yang dapat anda pergunakan dalam berjuang menghasilkan uang dari blog.

Silahkan pilih, modal uang atau waktu?…

Dan kunci keberhasilan seorang blogger bukan seberapa pandai ia membuat blog, tapi seberapa sanggup ia bertahan.

Dan yang penting bukan artikel yang dipenuhi dengan dasar SEO, tapi artikel yang bermanfaat bagi orang lain.

Percayalah…

Jika ada orang lain yang terbantu dengan tulisan anda, maka Allah akan membantu anda melalui tulisan tersebut. Menulislah untuk membantu orang lain.

Tulislah apa yang ingin anda tulis, luapkan apa yang terpendam dalam hati selama itu bermanfaat untuk orang lain dan raihlah mimpi anda.

Semoga artikal Cara menghasilkan uang dari blog hingga Rp100 Juta/Bulan mudah dipahami dan menambah wawasan kita semua, terutama cara menghasilkan uang dari Internet.

Terima kasih dan Salam blogger muda.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here