Untuk Pecinta Musik, Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube

200

Untuk Pecinta Musik, Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube – Untuk para pelajar yang masih duduk di bangku sekolahan, baik tingkat SD, SMP, SMA atau bahkan sarjana, saya sarankan segera terjun kedunia internet untuk menghasilkan uang.

KENAPA?..

Karena ada banyak sekali peluang di internet untuk menghasilkan uang.

Hampir segala bidang di dunia nyata dapat kita menfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet.

Bahkan kita dapat menyalurkan hobi kita untuk menghasilkan uang dari internet, misalnya saja membuat video music dan menguploadnya ke youtube.

Ketika duduk dibangku SMP dan SMA, ada banyak sekali pelajar yang mulai bermain gitar atau alat music lainnya. Entahkah itu karena minat, hobi atau karena lingkungan pergaulan semata.

Saya sendiri pandai bermain gitar ketika duduk dibangku SMA karena lingkungan, waktu itu rata-rata teman saya pandai bermain music.

Dengan pandai bermain music, saya juga lebih mudah memikat hati wanita pujaan hati saya. Alhamdullah sekarang sudah menjadi istri.

Buat kalian yang mahir menggunakan alat music tertentu seperti gitar, seruling, drum, viano atau alat music lainnya. Saya sarankan untuk merekam permainan music kalian dan menguploadnya ke youtube.

Selain kalian bisa terkenal, kalian juga akan mendapatkan bayaran dari video tersebut jika ada banyak orang yang menonton video kalian.

Kalian dapat membuat channel youtube kalian dari sekarang.

Langkah awal, kalian dapat merekam video saat bermain music kalian dengan gadget yang kalian punya dan mengeditnya lewat computer/laptop.

Tapi…

Buat kalian yang gak punya computer/lamptop, kalian dapat mengedit video dari gadget kalian dengan aplikasi filmora, kinemaster atau aplikasi lainnya yang mendukung dengan gadget kalian.

Gadget

Peralatan yang kalian butuhkan:

  • Alat music
  • Clip on
  • Monoshot/tongsis
  • Gadget
  • Aplikasi edit video

Alat music

Kalo gak ada bisa minjem temen, jika sudah selesai baru dibalikkan. Kalo mau buat lagi ya minjem lagi…hehehe

Clip on lavalier

Alat ini berfungsi untuk menghubungkan mic dengan gadget agar kualitas suara yang dihasilkan lebih baik. Jadi.. nantinya kalian akan menggunakan 2 gadget, 1 untuk merekam video dan 1 lagi untuk merekam audio.

Jika belum punya, silahkan beli di lazada, harganya bervariasi. Saya sarankan beli yang harga Rp30.000 saja dulu karena kualitasnya pun sudah lumayan. Jika sudah ada penghasilan, baru beli yang lebih bagus.

Monoshot/tongsis

Alat ini berfungsi sebagai alat penyokong gadget agar tidak bergoyang-goyang. Karena jika merekam menggunakan tangan, biasanya video akan sedikit bergoyang-goyang sehingga mengurangi kualitas video nantinya.

Buat yang gak punya silahkan pinjam ke teman aja dulu, kalo uda ada duit baru beli.

Aplikasi edit video (APK)

Aplilkasi ini fungsinya untuk:

  • Memotong yang tidak dibutuhkan.
  • Menghilangkan suara pada video
  • Mengisi video dengan file audio yang lain.
  • Menambah efek video sehingga lebih hasil lebih bagus
  • Dan masih banyak lagi kegunaan aplikasi edit video tersebut.

Cara membuat video

Editing video

Tentukan lokasi rekaman

Pertama-tama tentukan lokasi rekaman. Dimana aja bisa asal jangan ada suara yang menggangu.

Atau kita merekam audionya di dalam ruangan setelah itu baru kita membuat videonya di lapangan terbuka untuk mendapatkan pemandangan yang lebih bagus.

Memulai rekaman

Jika kita merekam secara bersamaan, sebaiknya menggunakan 2 gadget, 1 untuk merekam video menggunakan monoshot dan 1 nya lagi untuk merekam audio yang dihubungkan dengan clip on.

Tapi jika kita hanya membuat menggunakan 1 gadget saja, sebaiknya rekam file audionya terlebih dulu di dalam ruangan tertutup (agar tidak ada berisik yang mengganggu).

Setelah itu baru kita membuat rekaman kedua untuk dijadikan video clipnya di lapangan terbuka.

Editing video

Sampai ditahap ini, kita mempunyai 2 jenis file yang akan dijadikan 1, yaitu file audio sebagai suara dan file video yang akan dijadikan video clip.

Pada file video, potong dan edit video sesuai yang diinginkan. Kita juga dapat menambah efek-efek pada video tersebut untuk mempercantik tampilannya, setelah itu hilangkan suara yang ada pada video tersebut hingga menjadi gambar bergerak tanpa suara.

Setelah itu, isi video tersebut dengan file audio yang sudah kita rekam dan sesuaikan durasi audio dan videonya.

Jangan sampai audio lebih dulu dari pada video atau gerakan video lebih dulu dari pada audio.

Semakin keren dan kece video clipnya maka akan semakin menarik perhatian penonton.

Upload video

Sebelum mengupload video, sebaiknya tonton video tersebut terlebih dulu untuk memastikan kualitasnya.

Tonton video seolah-olah kalian adalah penonton, jika ada yang dirasa kurang menarik sebaiknya edit ulang. Ingat, utamakan kualitas dari pada kuantitas.

Jika sudah merasa yakin, silahkan upload video tersebut ke channel youtube kalian masing-masing.

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Tips dan trik

Tips dan trik

Saya sarankan untuk membuat video dengan teman kalian, fungsinya apa?..

Jika teman kalian video tersebut, pasti dia akan menonton video yang kalian upload (bukan untuk melihat kalian tapi untuk melihat dirinya sendiri).

Mintalah setiap penonton dan teman kalian untuk mengklik like dan subscribe channel kalian. Karena orang Indonesia biasanya cendrung di suruh baru berbuat. wkwkwk

Usahakan membuat video dengan teman yang berbeda agar lebih cepat mendapatkan like dan subscribe.

Cara menghasilkan uang dari youtube

Adsense

Jika channel kalian sudah mencapat 1000 subscribe dan 4000 jam tayang (seluruh video sudah di tonton selama 4000 jam).

Maka kalian dapat membuat akun adsense dan mendaftarkan channel kalian untuk dipasang iklan.

Nah.. setiap iklan yang tayang di video kalian, dan ada penonton yang mengklik iklan tersebut maka kalian akan mendapat bayaran.

Dan setiap 1000 view video, kalian juga akan mendapatkan bayaran, namun berapa besar bayaran untuk 1000 view tergantung pada topic pembahasan video.

Ada pembahasan dengan bayaran murah dan ada pulan pembahasan dengan bayaran tinggi.

Untuk pemula, sebaiknya abaikan bayaran dan fokus pada hobi dan kesenangan. Saya pastika kalian akan berhasil menghasilkan uang dari youtube.

Tidak hanya sebatas video music saja, kita juga dapat membuat video lainnya seperti:

  • Video lucu
  • Video tutorial
  • Video memasak
  • Video keseharian kita
  • Video review (gadget, computer, cosmetic, jam tangan, bunga, hewan atau review lainnya)

Download kumpulan LOGO DISINI

Di awal, saya sarankan untuk para pelajar, TAU KENAPA?..

Karena pengalaman pribadi.

Sewaktu kuliah, saya sudah tau kalau youtuber dapat menghasilkan uang. Bahkan penghasilan youtuber sangat besar pada saat itu karena belum banyak saingannya.

Tapi saya tidak pernah terpikir untuk menjadi seorang youtuber (sebutan untuk orang yang mengupload video ke youtube), saya lebih fokus untuk membuka usaha di dunia nyata.

Setelah wisuda saya ingin mengembangkan lahan pertanian dikampung saya. Singkat cerita 1 tahun berjalan dalam mengembangkan pertanian, saya terpuruk dan modal saya habis sehingga terpaksa saya harus mencari kerja.

Ada banyak kerjaan di luar sana, tapi gajinya tidak mencukupi untuk biaya hidup, apa lagi untuk menabung. Padahal waktu itu saya belum menikah.

Giliran ada kerjaan yang gajinya besar, tapi harus kena biaya admin (nyogok) kepada yang membawa kita masuk ke kantor tersebut.

Saya paling anti dengan sogok-menyogok, lebih baik saya cari kerja yang lain.

Singkat cerita saya mendapatkan pekerjaan di daerah Medan Marelan, gajinya tidak besar namun saya lihat sangat cocok untuk saya dan berpotensi untuk kedepannya.

Kerjaan saya pada waktu itu membuat blog wallpaper, waktu itu saya tidak berniat kerja melainkan belajar.

Kurang lebih 6 bulan saya bekerja disana, saya pun banyak belajar dan memutuskan untuk berhenti. Bukan untuk cari kerja lain tapi untuk membuat blog saya sendiri.

Setelah berhenti, ilmu saya ternyata masih kurang. Ada banyak hal yang harus saya pelajari sehingga 6 bulan setelah saya berhenti barulah saya mendapatkan gaji pertama saya dari blog.

Saya terus mengasah kemampuan menulis artikel dan membuat blog saya, dan ternyata ada hal yang lebih berpotensi dari pada ngeblog yaitu youtube.

Dan sayapun memutuskan untuk membuat channel youtube saya.

Alhasil, untuk menghasilkan uang dari channel youtube, saya membutuhkan waktu yang cukup lama karena ada banyak hal tentang youtube yang harus saya pelajari

Lalu terlintas didalam pikiran saya…

Kenapa saya tidak terjun ke dunia blogger dan youtuber sejak dulu. Jika sejak kuliah saya sudah ikut serta di dunia blogger dan youtuber mungkin sekarang saya sudah sukses besar.

Tapi tidak ada kata terlambat untuk mencoba.

Hal inilah yang mendorong saya untuk generasi muda, terutama pada pelajar yang belum berkeluarga untuk membuat channel youtube kalian masing-masing.

Saya yakin, setiap orang pasti memiliki kemampuan dan kesenangannya masing-masing. Dan pasti ada orang yang memiliki kesenangan yang sama dengan kita.

Artinya apa?..

Jika buat video, pasti ada yang menonton karena kesamaan selera.

Kesimpulan

Buat kalian yang masih duduk dibangku sekolahan, baik SD hingga Mahasiswa, segeralah berkreasi di dunia youtube agar setelah lulus sudah mempunyai penghasilan sendiri tanpa harus sibuk mencari kerja.

Kalian dapat menyalurkan hobi kalian dalam bentuk video dan menguploadnya ke youtube.

Anggap saja 1 tahun pertama kalian tidak dapat hasil apa-apa. Tapi tahun berikutnya atau setelah lulus sekolah/kuliah kalian sudah mempunyai penghasilan tetap dari youtube.

Setelah lulus kalian tidak perlu repot-repot mencari dan melamar kerja, kalian hanya tinggal mengembangkan channel youtube kalian ke tahap yang lebih tinggi.

Bahkan penghasilah youtuber akan terus meningkat setiap mengupload video baru.

Tidak menutup kemungkinan penghasilan kalian mencapai Rp1.000.000 perhari bahkan bisa lebih.

Lihat saja channel Atta Halilintar, mungkin sudah mencapai Ratusan juta lebih perbulannya.

Semoga artikel yang berisi pengalaman pribadi ini menginspirasi dan bermanfaat bagi seluruh pembaca sekalian. Terutama untuk teman-teman seperjuangan saya.

Silahkan bagikan artikel ini untuk membagian inspirasi kepada teman-teman yang lain.

Buat yang ingin bertanya dan bertukar pukuran, silahkan komentar di bawah ini.

Selamat mencoba.

Silahkan baca juga artikel lain terkait tentang cara menghasilkan uang dari youtube DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here