Ciri-Ciri Surat Pribadi Yang Setengah Resmi Dan Tidak Resmi

1349

Ciri-ciri surat pribadi yang tidak resmi dan surat pribadi setengah resmi, lengkap dengan jenis-jenis surat pribadi serta dengan contohnya.

Sebelum saya menjelaskan ciri-ciri surat pribadi, sebaiknya anda mengerti terlebih dahulu pengertian dan jenis-jenis surat pribadi untuk memudahkan pemahaman tentang ciri-ciri surat pribadi.

Secara umum, surat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu surat resmi dan surat pribadi.

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang struktur surat pribadi, meskipun surat pribadi.

Pengertian surat pribadi

Surat pribadi adalah sebuah surat yang mewakili diri sendiri/pribadi untuk menyampaikan informasi kepada orang/pihak lain.

Pada dasarnya surat pribadi adalah perwakilan diri sendiri/pribadi karena kita tidak dapat berjumpa secara langsung maka diperlukan sebuah surat sebagai prantara kita dengan orang lain.

surat pribadi terbagi atas dua jenis yaitu:

  1. Surat pribadi yang resmi adalah surat pribadi yang memenuhi standart penulisan surat resmi.
  2. Surat pribadi yang tidak resmi adalah surat pribadi yang tidak memenuhi standart penulisan surat resmi.

Jenis-jenis surat pribadi

  1. Surat pribadi tidak resmi

Surat pribadi yang tidak resmi biasanya digunakan antara orang dengan orang, tidak ada instansi terkait sehingga penulisan suratpun tidak menggunakan standart penulisan surat.

Contoh surat pribadi yang tidak resmi adalah surat cinta, surat kepada keluarga dan surat-surat lainnya yang ditujukan kepada orang dan tidak terkait dengan instansi.

  1. Surat pribadi setengah resmi

Surat pribadi yang setengah resmi adalah surat pribadi yang ditujukan kepada seseorang yang terkait instansi.

Meskipun surat ini pribadi, namun harus tetap menggunakan standart penulisan yang baik dan benar karena terdapat peran instansi di dalamnya.

Contoh surat pribadi setengah resmi antara lain: surat lamaran kerja, surat permohonan dan lain sebagainya.

Daripenjelasan tentang jenis surat pribadi di atas, anda dapat membedakan mana surat pribadi yang benar-benar pribadi atau surat pribadi yang setengah resmi.

Meskipun terdapat surat pribadi yang setengah resmi karena terdapat peranan instansi, namun surat pribadi tetaplah surat pribadi. Dan surat pribadi berbeda dengan surat resmi.

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Struktur surat pribadi

Struktur surat pribadi

  1. Tanggal surat
  2. Alamat surat
  3. Pembuka surat
  4. Isi surat
  5. Penutup surat
  6. Hormat saya
  7. Tanda tangan
  8. Nama pengirim surat

Tanggal surat

Tanggal penulisan surat di letakkan di pojok kanan paling atas. Sebelum menulis tanggal, terlebih dahulu menulis nama daerah barulah diiringi dengan penulisan tanggal

Alamat surat

Pada bagian ini, alamat yang dimasukkan adalah alamat penerima surat, bukan alamat pengirim surat.

Selain alamat penerima, biasanya juga dimasukkan nama penerima surat. Dapat berupa nama panggilan atau nama lengkap, tapi nama lengkap akan lebih baik.

Pembuka surat

Pembuka surat berisikan kata sapaan yang formal atau tidak formal. Kata sapaan formal misalnya “Dengan Hormat” atau “Assalamu’alaikum WR.WB”, sedangkan kata sapaan yang tidak formal misalnya “Hai Sahabat”.

Isi surat

Pada bagian ini berisikan informasi utama yang ingin anda sampaikan, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami penerima surat dan hindari menggunakan kata yang memiliki banyak makna agar tidak terjadi salam pemahaman.

Bagian isi biasanya lebih dari 1 paragraf, bergantung informasi yang ingin di sampaikan.

Penutup surat

Bagian penutup biasanya berisikan penyudahan surat, permintaan maaf, ucapan terima kasih atau harapan. Bergantung pada surat masing-masing.

Pada bagian penutup surat hendaknya tidak terlalu panjang, cukup 1 atau 2 baris saja agar surat lebih terlihat rapi dan surat cukup dalam 1 lembar kertas saja.

Hormat saya

Pada bagian ini berisikan penghormatan dan pengenal kepada pembaca, pada umumnya ditulis dengan “Hormat saya” tapi dapat juga “Dear”, “Sahabatmu” dan lain sebagainya.

Tanda tangan

Pada bagian ini berisikan tanda tangan sebagai bukti bahwa benar yang mengirim surat tersebut adalah anda, bukan dari orang lain yang mengatas namakan anda.

Nama pengirim surat

Terkahir adalah nama pengirim / penulis surat.

Hormat saya, tanda tangan dan nama pengirim surat di letakkan di sebelah kanan paling bawa surat.

Ciri-ciri surat pribadi

  1. Tidak memiliki kop surat

Pada dasarnya, yang membedakan sebuah surat pribadi atau resmi adalah kop surat tersebut. Jika sebuah surat memiliki kop surat, dapat dipastikan surat tersebut adalah surat resmi. Dan jika surat tersebut tidak memiliki kop surat maka surat tersebut tidak resmi, meskipun ditujukan kepada sebuah perusahaan.

Seperti yang saya jelaskan di atas, surat yang ditujukan kepada orang dan terdapat peran instansi maka surat tersebut tetap surat pribadi, hanya saja jenis surat pribadi yang setengah resmi.

  1. Tidak memiliki nomor surat

Setiap surat keluar dan surat masuk instansi, maka tersebut akan di beri nomor surat untuk memudahkan pencarian ketika surat tersebut dibutuhkan kemudian hari.

Bahkan setiap instansi memiliki catatan khusu surat masuk dan surat keluar yang setiap surat sudah pasti memiliki nomor yang berbeda-beda dan sesuai dengan nomor urut.

  1. Kata-kata salam yang bebas

Untuk surat pribadi yang setengah resmi, salam pembukannya biasanya lebih formal dan sopan. Namun untuk surat pribadi yang tidak resmi, salam pembukan bebas tanpa ada aturan penulisan.

Dapat berupa “Sayang”, Hai Teman” dan kata-kata lainnya yang biasa digunakan untuk menyapa.

  1. Struktur surat tidak beraturan

Surat pribadi setengah resmi, biasanya menggunakan standart penulisan surat yang baik dan benar meskipun tidak menggunakan standar penulisan surat resmi.

Namun untuk surat pribadi yang tidak resmi, tidak ada struktur penulisa tertentu yang harus diikuti. Artinya penulisa bebas menulis apa saja yang dikehendakinya tanpa terikat standart penulisan yang baik dan benar.

  1. Gaya bahasa bebas

Surat pribadi setengah resmi, biasanya akan tetap menggunakan gaya bahasa yang formal. Sedangkan untuk surat pribadi yang tidak resmi justruk kerab sekali menggunakan bahasa yang tidak formal.

Bahkan dapat menggunakan bahasa-bahasa daerah, selama penerima surat memahami isi surat maka penulis surat dapat menggunakan gaya bahasa apa saja.

  1. Jenis kertas yang digunakan

Surat resmi biasanya menggunakan jenis kertas A4, meskipun ada beberapa surat resmi yang menggunakan jenis kertas legal.

Bahkan beberapa jenis printerpun hanya dapat mencetak kertas yang berukuran A4, karena standart kertas surat resmi adalah A4.

Untuk surat pribadi yang setengah resmi, pada umumnya menggunakan kertas A4, sama hal dengan surat resmi.

Tapi…

Untuk surat pribadi yang tidak resmi, bebas menggunakan jenis kertas apa saja, bahkan dapat menggunakan kertas dari buku tulis yang di robek. Selama pengirim dan penerima surat ok-ok saja tidak ada masalah menggunakan jenis kertas apa saja.

  1. Ukuran tulisan

Surat resmi dan surat pribadi yang setengah resmi, biasanya menggunakan ukuran tulisan 12, sedangkan untuk jenis huruf Times New Roman dan Calibri.

Nah.. Untuk surat pribadi yang tidak resmi dapat menggunakan ukuran dan jenis huruf apa saja, tidak ada aturan khusus seperti surat resmi dan surat pribadi yang setengah resmi.

Contoh surat pribadi

Contoh surat pribadi tidak resmi:

Contoh surat pribadi tidak resmi

Contoh surat pribadi setengah resmi:

Contoh Surat Pribadi Setengah resmi

Itulab beberapa ciri-ciri surat pribadi yang harus anda ketahui, jika anda membaca dari internet, mungkin ada banyak penjelasan berbeda namun pada intinya adalah sama.

Namun terkadang hanya menjelaskan surat pribadi yang tidak resmi, atau surat pribadi yang setengah resmi sehingga terdapat perbedaan antara artikel yang satu dengan yang lain.

Semoga artikel tentang ciri-ciri surat pribadi ini dapat bermanfaat bagi seluruh para pembaca. Bagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain agar mereka dapat mengetahui cirri-ciri surat pribadi.

Terima kasih dan salam pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here