Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Seseorang

190

Sosial media termasuk facebook, instagram, twitter dll sudah menjadi bagian dari rutinitas harian banyak orang. Menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas sosial di dunia maya bukanlah hal yang tabu lagi. Meskipun begitu sosial media ternyata dapat mempengaruhi fikiran, kepribadian, dan tingkah laku seseorang.

Pada kesempatan kali ini, Psikolif ingin berbagi informasi mengenai apa saja dampak perilaku yang ditimbulkan dari media sosial.

Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Seseorang

  1. Media Sosial Menyebabkan Kecanduan

Beberapa hal berikut seperti kafein, rokok alkohol, coklat, dan lain-lain bisa menyebabkan kecanduan terutama bagi sebagian orang. Namun ternyata penemuan baru mengungkapkan media sosial dapat menyebabkan kecanduan.

Orang rata-rata menghabiskan waktu di media sosial sekitar 135 menit setiap harinya, bahkan lebih tinggi. Menurut CNN Indonesia penggunaan rata-rata dalam mengakses media sosial di Indonesia bahkan mencapai 3 jam 15 menit.

Memang penggunaan media sosial memiliki berbagai tujuan tergantung dari individu itu sendiri, beberapa orang menggunakan media sosial untuk tujuan bisnis dan yang lainnya untuk mengurangi rasa bosan dan sekedar menghabiskan waktu. Yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika postingan pribadi mendapatkan banyak perhatian dari orang lain. Jumlah like dan komen akan membuat seseorang tidak bisa berhenti memposting sesuatu.

  1. Media Sosial dapat memicu perasaan iri

Perasaan iri atau cemburu dapat muncul akibat emosi negatif. Ketika seseorang melihat orang lain di media sosial mereka mulai membandingkan kehidupan mereka sendiri dengan orang lain. Hal itu menyebabkan mereka mulai membuat komentar yang pedas dan agresif.

Padahal kita seharusnya jangan pernah mengukur tingkat kesuksesan atau kebahagiaan seseorang hanya dengan melihatnya melalui di media sosial, karena selalu ada orang yang memang lebih baik dari kita dan di saat yang sama ada orang-orang yang situasinya bahkan jauh lebih buruk dari kita.

  1. Media Sosial memberikan pandangan dunia yang terbatas

Dalam bisnis ada pepatah yang mengatakan bahwa sesuatu yang sejalan dengan persepsi adalah realitas, artinya adalah bagaimana seseorang menggambarkan dirinya dan hidupnya akan mempengaruhi pandangan orang lain.

Oleh karena itu media sosial memberikan seseorang pandangan dunia yang sangat terbatas alasannya adalah media sosial hanya menampilkan informasi dan gambar yang terlihat positif padahal kenyataannya bisa sebaliknya.

Sebagian besar orang-orang memposting soal kebahagiaan, kesuksesan, dan kehidupan yang tampaknya sempurna padahal kenyataannya berlawanan.

  1. Media sosial menyebabkan perilaku narsistik, dismorfia, dan gangguan makan.

Dampak media sosial yang terakhir adalah perilaku narsistik, dysmorphia, dan gangguan makan yang biasanya lebih cenderung mempengaruhi terutama terhadap generasi muda.

Ketika seseorang memiliki perilaku atau kepribadian narsistik maka biasanya mereka senang memuji diri sendiri dan menjadi egois. Kecenderungan seseorang untuk selalu memposting dirinya melalui media sosial dapat pemicu perilaku ini.

Dysmorphia atau BDD body dysmorphic Disorder adalah kelainan mental pada seseorang dimana penderita senantiasa melihat kekurangan di dalam dirinya. Media sosial dapat memicu gangguan dysmorphia dikarenakan selalu ingin tampil sempurna.

Sedangkan untuk perilaku gangguan makan atau eating disorders biasanya sering terjadi pada anak-anak remaja khususnya pada remaja perempuan. Media sosial seolah memiliki sebuah standar kecantikan dan keindahan tubuh. Hal ini menyebabkan banyak remaja perempuan merasa tidak puas dengan penampilan fisiknya dan memicu perilaku makan yang menyimpang atau eating Disorder seperti anorexia bulimia dan diet yang berlebihan.

Itulah dampak media sosial yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Selain dampak buruk yang bisa mempengaruhi seseorang namun media sosial juga bisa mempengaruhi seseorang secara positif asalkan penggunaan media sosial tidak dilakukan secara berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here