Do’a Sholat Dhuha dan Keistimewaannya

55

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha, waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya hingga waktu dzuhur. Jumlah rakaat dalam sholat dhuha berfariasi mulai dari 2 rakaat sampai 12 rakaat tergantung kekuatan kesanggupan dan keikhlasan yang melaksanakannya.

Sholat dhuha sendiri sangatlah istimewa, yaitu barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha akan di bangunkan istana di surga.

من صلى الضحى ثنتي عشرة ركعة بنى الله له قصرا من ذهب في الجنة

” Barangsiapa yang sholat sunnah dhuha 12 rakaat, Allah bangunkan untuknya istana di surga. “

Lebih dahsyatnya lagi barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha secara istiqomah, maka Allah akan membangunkan untuknya pintu surga sendiri, pintu itu disebut pintu dhuha.

Sebagaimana wasiat Rasulullah kepada sayyidina Ali dalam kitab Wasiyatul Musthofa :

Wahai Ali ” Dirikanlah sholat dhuha, baik dalam keadaan berpergian maupun mukim di rumah. Sesungguhnya ketika hari kiamat tiba, maka ada suara yang memanggil dari atas surga, ” Dimanakah orang orang yang telah mengerjakan sholat dhuha? ” Masuklah dari pintu dhuha dengan rasa aman dan sentosa.” dan Allah tidak mengutus seorang nabi, melainkan untuk mengerjakan sholat dhuha.

Do’a Sholat Dhuha dan Artinya :

Do'a Sholat Dhuha dan Keistimewaannya 2

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.

Rahasia Do’a Sholat Dhuha

  • Pujian Kepada Allah

Kandungan makna doa sholat dhuha yang pertama adalah berisi tentang pujian pujian kepada Allah SWT, yaitu Allah dzat yang memiliki waktu dhuha, yaitu waktu dimana manusia mulai beraktifitas.

Dan Allah dzat yang maha agung, dzat yang maha indah, dzat yang maha kuat, dzat yang maha kuasa, dan dzat yang maha menjaga.

  • Dimudahkan Dalam Urusan Rizki

Kandungan makna sholat dhuha yang kedua adalah permintaan kesejahteraan yang mencakup kemudahan dalam mencari rizki.

  • Dikabulkannya Do’a dan Pemberian Sebagaimana Para Shalihin

Kandungan Sholat Dhuha yang terakhir adalah meminta dikabulkannya do’a dengan memuji sifat kesempurnaanya. Selain itu juga meminta pemberian sebagaimana yang Allah berikan kepada para Shalihin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here