Hoax Guru Kyai Ma’ruf Dukung Prabowo Sandi, Berikut Klarifikasinya

825

Ada banyak sekali tudingan di Pilpres 2019 yang akan datang ini. Kh. Syukron Makrum yang merupakan Gurunya KH. Ma’ruf Amin Resmi mendukung Capres dan Cawapres Prabowo Sandi. Ternyata semua itu hanyalah Hoax Jika Gusru Kyai Ma’ruf Dukung Prabowo Sandi, Berikut Klarifikasinya.

WhatsApp-2BImage-2B2018-11-16-2Bat-2B01.36.18

Ada yang berspekulasi bahwa Pak Kyai Syukron Makmun yang merupakan Guru dari Kyai Ma’ruf Amin ini memilih paslon nomer urut dua. Namun, semua itu hayalah omongan semata.

Semua ini telah dijelaskan dalam tulisan tangan beliau (KH. Syukron Makmun) 

WhatsApp-2BImage-2B2018-11-16-2Bat-2B01.36.17

KH. Syukron Makmun dengan KH. Ma’ruf hanya berbeda 3 tahun saja. Sangat tidak etis jika ada yang membuat pernyataan seperti itu. Beliau lebih tepatnya disebut sahabat yang sama-sama aktif di ranah dakwah di era tahun 70-an.

Menurut Faiz beliau Putra KH. Syukron Makmun, semua orang behak memilih paslon manapun, tapi jangan sampai merendahkan Pak Kyai yang menyatakan bahwa KMA itu merupakan Murid Pak Kyai. 


“Mhn disampaikan, siapapun berhak mendukung paslon manapun, tapi mhn jangan dengan cara yang justru merendahkan Pak Kyai dengan menyatakan seolah KMA murid Pak Kyai” dengan emot memohon Ujar Gus Faiz selaku putra KH. Sukron Makmun.

Bakal calon wakil presiden Ma’ruf Amin menegaskan, ia dan pasangannya Joko Widodo, telah mendapat dukungan dari para ulama besar. Bahkan para ulama itu sudah berkumpul di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah di Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu pekan lalu untuk menyatakan dukungannya. “Kyai-kyai kan sudah kumpul di Jakarta. Ada 400 kyai. Kyai besar-besar,” kata Ma’ruf di Sekretariat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, di Gedung MNC, Jakarta, Senin (17/9/2018). Hal ini disampaikan Ma’ruf menanggapi rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mendapat dukungan dari para ulama yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa ( GNPF). “Ya saya tidak tahu (soal dukungan GNPF), tapi yang kyai besarnya, sudah memberikan dukungan kepada kami,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Prabowo-Sandi Didukung GNPF, Ma’ruf Amin Klaim Didukung 400 Kiai Besar”, https://nasional.kompas.com/read/2018/09/17/16332951/prabowo-sandi-didukung-gnpf-maruf-amin-klaim-didukung-400-kiai-besar.
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Sabrina Asril

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here