Ide bisnis?… 6 Cara Mengubah Ide Jadi Bisnis & Usaha

252

Ide bisnis?… 6 Cara Mengubah Ide Jadi Bisnis & Usaha – Lebih baik mana, menjadi kepala ayam atau ekor naga?…

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana ide bisnis dan cara mengubah ide jadi bisnis, sebaiknya kita mengerti apa itu ide bisnis?..

Dan dari mana datangnya sebuah ide bisnis?…

Dan bagaimana cara merubah ide bisnis atau usaha yang dapat menghasilkan uang?…

Pengertian ide bisnis

Apakah Ide Bisnis?…

Ide bisnis adalah suatu pikiran yang datang dalam benak kita untuk menciptakan suatu produk sampai mampu menghasilkan uang bila dijual.

Ada banyak sekali ide-ide yang dapat mendatangkan pundi-pundi uang, bahkan ide tersebut terkadang sangat sederhana yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Untuk mencari peluang usaha dan ide bisnis, kita cendrung memikirkan hal-hal yang besar dengan modal yang besar pula, padahal itu adalah perbuatan keliru. Karena pengusaha/pebisnis sukses biasanya berawal dari ide sederhana dengan modal kecil yang di tingkatkan menjadi perusahaan besar.

Jangan berpikir hal yang besar kalau kita belum melakukan hal yang kecil, mulaikan sebuah usaha sederhana dari sekarang.

Darimana datangnya Ide bisnis?… Dan bagaimana cara mengubah ide tersebut menjadi bisnis atau usaha yang menghasilkan uang?…

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Cara Mengubah Ide Jadi Bisnis

1, Hobi

Hobi

Apakah anda mempunyai hobi yang benar- benar anda cintai?…

Tak ada yang lebih menyenangkan selain bisa mengubah hobi menjadi bisnis dan usaha yang dapat menghasilkan uang. Selain menemukan kesenangan, kita juga dapat menghasilkan uang dari kesenangan tersebut.

Keuntungan memulai bisnis dan usaha dari hobi adalah mempunyai gairah dan semangat yang besar dalam mengerjakannya.

Orang yang memulai bisnis atau usaha dari hobi dan kesenangan, kemungkinan berhasil dan sukses jauh lebih besar dari pada orang yang memulai bisnis dan usaha karena motivasi uang.

Tau kenapa?…

Biasanya kita mempunyai ketrampilan yang cukup untuk menanganinya dan memahami seluk beluk hobi tersebut. Sehingga apa yang kita lakukan, akan lebih memperhatikan kualitas dari pada kuantitas.

Selain itu orang yang memulai bisnis atau usaha karena hobi, ketika meraka gagal maka mereka akan tetap bangkit karena pahit manis yang mereka jalani adalah kesenangan.

Sedangkan orang yang memulai bisnis usaha karena uang, jika mengalami kegagalan mereka akan cendrung berpikir mencari usaha lain yang lebih menjanjikan dari pada mencari solusi terdahap masalah yang mereka alami.

Setiap bisnis dan usaha hanya akan berhasil dan sukses jika kita KONSISTEN dengan usaha tersebut. Maka dari itu, diperlukan kesenangan dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut sehingga kita dapat bertahan dari berbagai guncangan.

2, Keahlian

Keahlian

Mungkin kita menganggap keahlian atau ketrampilan kita biasa saja. Tapi tahukah anda, selalu ada orang lain yang membutuhkan bantuan atau pertolongan dari keahlian kita tersebut.

Hanya saja, waktu dan tempat yang belum mempertemukan kemampuan kita dengan orang yang membutuhkan kemampuan kita tersebut.

Maka dari itu, jangan pernah sia-siakan kemampuan yang kita miliki. Meskipun kemampuan tersebut sering di anggap remeh atau terlihat biasa saja.

Segeralah temukan keahlian terbaik anda, lalu mulailah usaha bermodalkan ketrampilan tersebut.

Hampir seluruh keterampilan dapat mendatangkan uang atau dijadikan usaha atau bisnis, hanya saja sebagian orang tidak mau dan tidak pernah berfikir untuk mengembangkan kemampuan tersebut untuk mendatangkan uang.

Anda mempunyai kemampuan menulis?… Anda dapat membuat buku, membuka jasa penulis artikel untuk para blogger atau anda dapat membuat blog dan mengisi blog tersebut dengan karya tulisan anda sendiri.

Anda mempunyai keahlian menggambar?… Anda dapat membuka jasa desain, baik desain logo, rumah dan lain-lain. Anda juga dapat mengikuti kontes menggambar online di 99design.com, hadiah yang diberikan juga lumayan besar hingga $1000 untuk pemenangnya.

Anda mempunyai keahlian menyanyi dan bermain musik?… Anda dapat membuka jasa hiburan atau membuat channel youtube, rekam permainan music anda dan bagikan melalui youtube. Setelah itu, pada iklan adsense di channel youtube anda.

Anda mempunyai keahlian kesenian?… Anda dapat membuat dan memproduksi barang-barang unik dan menarik, setelah itu anda dapat memasarkannya ke public dengan akun sosial media.

Apapun keahlian anda, selalu ada jalan untuk menghasilkan uang dari keahlian tersebut. Yang perlu anda lakukan adalah pahami apa yang menjadi keahlian anda.

Jika sudah mengetahui keahlian anda dan anda bingung ingin memulai usaha atau bisnis apa?…

Silahkan komentar dibawah, dengan senang hati saya akan membantu ada tanpa dipungut biaya.

Download kumpulan LOGO DISINI

3, Krativitas

Kretivitas

Kita dapat mengerahkan kreativitas kita untuk menciptakan produk- produk baru yang bermanfaat bagi orang lain. Atau produk yang sudah ada, kita olah menjadi produk dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Terkadang sesuatu yang sangat sederhana, tapi tidak pernah terpikirkan oleh orang untuk mengolah barang tersebut agar lebih bernilai.

Contohnya saja tukang sablon baju, casing hp, mainan kunci daln lain sebagainya.

Tukan sablon biasanya membeli baju kaos kosong (oblong) dengan harga yang murah, setelah itu mereka membuat desain gambar yang unik dan menarik dan mencetak gambar tersebut di atas kaos tersebut.

Hasilnya?…

Orang yang tertarik dengan gambar tersebut akan lebih memilih membeli baju dengan harga lebih tinggi dari pada baju murah yang tidak menarik perhatiannya.

Untuk menemukan kreativitas memang bukan hal yang mudah. Namun begitu kita menemuknnya, segeralah mulai usaha dan bisnis anda.

Yang perlu diperhatika adalah fokus pada hasil kreasi yang benar- benar dapat diterapkan secara praktis dan sesuai dengan kemampuan dan menarik perhatian lingkungan sekitar kita.

4, Pasar (Kebutuhan dan Permintaan)

Pasar

Tugas seorang wirausahawan adalah menganalisan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

3 ide bisnis di atas lebih kepada mengolah dan menghasilkan suatu produk yang baru. Tapi pada yang satu ini sangat berbeda.

Yaitu menemukan produk yang sudah ada dan menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekitar kita.

Lakukan pengamatan secara jeli dan mendalam untuk menemukan apa yang menjadi kebutuhan dan permintaan masyarakat.

Setelah itu pikirkan bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan tersebut, lalu jadikan itu sebagai peluang usaha bisnis kita.

Ingat, peluang bisnis ada di sekitar kita.

5, Jaringan dan relasi

Jaringan dan relasi

Bersilaturahmi banyak membawa rejeki. Semakin luas perkenalan, semakin besar pula peluang bisnis kita.

Kerab kali ide bisnis itu datang dari persaudaraan atau pertemanan yang tidak pernah di duga-duga sebelumnya.

Umpamanya, si A mempunyai bahan, dan si B mampu mengolah bahan dan kita mempunyai kemampuan memasarkan barang.

Jika si A, B dan kita berkumpul dan berbincang soal bahan, mengolah bahan dan memasarkan barang. Kira-kira apa yang akan terjadi berikutnya?…

Ya… Maka akan timbul untuk membuka sebuah usaha atau bisnis yang berpotensi.

Jika kita amati, tidak sedikit perusahaan besar memulai usahanya yang berawal dari silaturahmi, berbincang dan menemukan ide baru.

Setiap kita memiliki barang dan kemampuan yang berbeda, dari perbedaan tersebut dapat kita olah dan kita kembangkan menjadi sesuatu yang baru yang dapat menghasilkan uang.

6, Produk yang sudah ada

Produk yang sudah ada

Kebanyakan orang berpikir untuk memulai bisnis dengan sesuatu yang baru, hal ini tidak salah. Tapi jangan sampai kita mengabaikan potensi produk yang sudah ada.

Diluar sana ada banyak sekali produk yang sama diperjual belikan seperti sepatu, apakah di toko sepatu hanya ada 1 merek sepatu saja?…

Tentu saja tidak, ada banyak sekali merek sepatu yang bisa kita temui dari mulai yang harganya murah hingga mahal.

Dan setiap orang memiliki selera masing-masing, ada yang lebih suka membeli barang murah meskipun KW dan ada pula yang lebih suka membeli barang yang mahal dengan kualitas yang tinggi.

Artinya apa?…

Produk yang sudah ada juga merupakan sebuah peluang yang besar, hanya saja diperlukan analisa dan perbaikan sehingga usaha dan bisnis yang kita jalankan dapat berkembang dengan pesat.

Warung bakso sudah menjamur, tapi masih menjadi peluang yang menjanjikan. Pahami masalah yang kerab di rasakan oleh pencinta bakso, cari solusi mengatasi masalah tersebut, poles ide dengan kretivitas dan mulailah usaha anda.

Ide Bisnis Tidak Harus Menciptakan Barang Mahal

Banyak orang yang berfikir bahwa menerapakan ide bisnis atau usaha yang bisa dijual dan menghasilkan uang harus berasal dari ide bisnis yang sangat kompleks, sulit dan membutuhkan modal yang besar.

ITU SALAH !…

Ide bisnis dapat dimulai dari sesuatu yang sangat mudah, sederhana dan murah, setelah usaha tersebut berjalan barulah kita mengembangkan usaha tersebut ke tingkat yang lebih tinggi.

SARAN

Buatlah daftar kesenangan dan keahlian anda.

Dari daftar tersebut, kombinasikan antara kesenangan dan keahlian anda. Setelah itu temukan peluang dari hasil kombinasi tersebut.

Jika belum menemukan ide bisnis, maka perluas pergaulan anda agar mendapatkan ide baru. Serta menganalisan kebutuhan pasar dan barang-barang yang sudah ada.

Mencari ide bisnis memang tidak mudah, meski terkadang ide tersebut datang secara tiba-tiba. Kita tidak perlu serta merta menjalankan ide pertama yang muncul.

Biarkanlah ide-ide dan gagasan berdatangan di benak anda. Pilihlah ide bisnis yang paling cocok dengan diri anda, keahlian dan kesenangan, sumber daya yang memadai agar tidak memakan modal awal yang besar serta kesempatan dan yang tak kalah penting bisa memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen.

Sampai disini kita sudah menemukan ide usaha dan bisnis untuk menghasilkan uang, langkah selanjutnya apa?..

Baca juga: Pengertian Jujur!…Pengertian, Jenis, Contoh dan 4 Manfaat Jujur

Langkah-langkah memulai usaha dan bisnis

Langkah-langkah memulai usaha dan bisnis

Langkah memulai usaha 1: Menemukan ide

Langkah awal mengubah ide jadi bisnis adalah menemukan ide terlebih dulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Setelah sudah menemukan ide, sebaiknya kita harus menganalisa ide tersebut terlebih dulu sebelum memulai bisnis tersebut.

Apakah ide tersebut dapat dijalankan di sekitar kita?…

Apakah ide tersebut dapat bertahan dalam jangkan panjang?…

Siapkah kita menghadapi masalah yang akan terjadi ketika bisnis tersebut sudah berjalan?… Hal inilah yang mendorong kita agar memilih bisnis dan usaha yang sesuai dengan hobi dan kesenangan.

Langkah memulai usaha 2: Memulai usaha

Sebuah ide tanpa praktek adalah hal yang sia-sia. Jika sudah menemukan ide yang cocok maka segeralah memulai usaha dan bisnis tersebut.

Untuk mengawali sebuah usaha atau bisnis, sebaiknya dimulai dari nol. Tidak perlu menggunakan modal yang besar. Cukup gunakan modal seadaya saja namun kemampuan kita yang perlu di tingkatkan agar dapat menghasilkan barang yang berkualitas.

Langkah memulai usaha 3: Kerja keras

Memulai sebuah usaha dari awal membutuhkan kerja keras, jika anda adalah orang yang malas untuk bekerja keras, dan anda berusaha untuk menemukan pekerjaan yang gampang dengan hasil yang besar.

IMPOSIBBLE

Seluruh usaha dan bisnis membutuhkan kerja keras dan ketekunan yang tinggi, apa lagi pada awal membangun usaha tersebut.

Langkah memulai usaha 4: Perbaikan

Mustahil kita mampu membangun usaha yang sempurna dari awal hingga sukses, akan ada banyak masalah yang akan kita hadapi nantinya.

Jadi jangan karena masalah tersebut kita malah lari dari usaha yang kita bangun. Perbaiki masalah tersebut secara perlahan-lahan hingga tercipta sebuah sistem yang baik.

Dengan adanya masalah, biasanya akan mendorong seseorang lebih kreativ dan inovatif dalam mengembangkan usahanya.

Langkah memulai usaha 5: Konsisten

Sebagian pengusaha atau pebisnis muda lebih memilih mundur dan beralih ke usaha yang lebih mudah dan gampang.

Hal inilah yang membuat kita tidak berkembang.

Kita di tuntut untuk tetap konsisten dalam menjalankan usaha kita, pahit manis usaha tersebut harus kita hadapai dan perbaiki. Bukan malah kabur mencari usaha yang lain.

Langkah memulai usaha 6: Tetap sukses

Ada banyak usaha yang setelah sukses malah bangkrut. Kesuksesannya tidak bertahan lama.

Hal ini biasanya karena usaha yang pada awalnya mengutamakan kualitas beralih kepada kuantitas untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Diluar sana ada banyak sekali usaha yang serupa dengan kita, meskipun kita membuat sebuah usaha baru tapi akan ada orang yang mengikuti usaha kita tersebut.

Jadi tetap utamakan kualitas dari pada kuantitas untuk menjaga kesuksesan kita.

Semoga artikel Ide bisnis?… 6 Cara Mengubah Ide Jadi Bisnis & Usaha bermanfaat bagi seluruh para pembaca dan kita dapat menemukan dan memulai sebuah usaha yang cocok untuk kita semua.

Silahkan komentar untuk berkonsultasi. Terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga: Konsisten adalah?.. Pengertian & 7 Cara Menjadi Seseorang Yang Konsisten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here