Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Bagi Kesehatan

283

Masih banyak orang yang belum tahu mengenai kandungan gizi dan manfaat terong bagi kesehatan tubuh. Melalui postingan ini psikolif ingin berbagi informasi sehat mengenai sayuran yang satu ini.

Terong dengan nama latin Solanum Melongena L berasal dari Asia terutama India, namun sumber lain menyebutkan bahwa terong berasal dari Afrika lalu tersebar ke Benua Amerika dan Eropa.

Bagi orang Indonesia terong merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijadikan bahan olahan. Selain rasanya yang khas ternyata terong juga memiliki sejumlah besar kandungan gizi yang baik bagi kesehatan misalnya antioksidan, fitonutrien khusus termasuk senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin, dan banyak vitamin serta mineral.

Selain kandungan nutrisi di atas terong juga rendah kalori dan memiliki kandungan serat dan air yang tinggi.

Para ahli mengatakan bahwa sayuran yang satu ini amat penting untuk dikonsumsi karena kandungan senyawa antioksidan yaitu antosianin yang dimiliki. Dapat dilihat dari warna ungu pada terong.

Para ahli terus meneliti mengenai manfaat kesehatan dari kandungan gizi pada terong. Tidak hanya menjadi makanan olahan favorit di Indonesia tetapi hampir di seluruh dunia selama ribuan tahun sebagai bagian dari makanan tradisional yang sehat di Timur Tengah dan Mediterania. Biasanya sudah tersedia hampir di tempat-tempat seperti Perancis Italia Australia, Mesir, Amerika Serikat, dan juga di tempat lain.

Penelitian mengungkapkan memakan terong yang dimasak ternyata memiliki banyak manfaat dibandingkan memakan dengan mentah.

Hasil makanan terong yang dimasak memiliki kandungan antioksidan dan aktivitas biologis yang lebih banyak karena efek termal yang dihasilkan akan melepaskan senyawa yang baik untuk mencegah penyakit.

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Kandungan gizi pada terong

Terong bukan satu-satunya jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun yang membuatnya unik adalah terong mengandung senyawa antioksidan yang bernama nasunin namun yang membuatnya unik adalah terong mengandung senyawa antioksidan yang bernama nasunin.

Nasunin adalah jenis antioksidan antosianin yang ditemukan di semua jenis varietas terong. Nasunin merupakan kandungan utama yang paling penting pada terong sebagai antioksidan karena kemampuan nya untuk melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi penyebab berkembangnya penyakit degeneratif dan penyakit lainnya.

Sebagian besar kandungan Nasunin ditemukan di kulitnya yang berwarna ungu jadi perlu diingat untuk tidak membuang bagian kulitnya ketika memasak terong.

Dalam satu porsi cangkir terong matang (sesuai rekomendasi USDA) memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • 35 kalori
  • 5 gram serat
  • 3 gram gula
  • 1 gram protein
  • 0 gram lemak
  • 8 gram karbohidrat
  • 6 persen nilai harian mangan
  • Nilai harian 4 persen vitamin K
  • Nilai harian 4 persen vitamin B1 / tiamin
  • Nilai harian 4 persen vitamin B6
  • 3% folat nilai harian
  • 3 persen magnesium nilai harian
  • 3 persen potasium harian
  • 3 persen tembaga nilai harian
  • 6 manfaat terong bagi kesehatan

1. Membantu mencegah kanker

Diyakini bahwa terdapat 13 jenis asam fenolik yang bermanfaat untuk membantu mencegah kanker. Berbagai jenis terong memiliki tingkat antioksidan dan fitonutrien yang berbeda tetapi semuanya memiliki kualitas yang sama dalam membantu melawan kanker.

Kandungan fitonutrien yaitu asam klorogenat dikenal bermanfaat dalam menghentikan radikal bebas dari pembentukan sel-sel kanker yang menyebabkan pertumbuhan tumor kanker.

Selain efek anti mutagen dan anti tumor, asam klorogenik mampu bertindak sebagai antimikroba, anti LDL atau kolesterol jahat dan juga antivirus yang berarti mampu melindungi dari berbagai tingkat peradangan dan penyakit lainnya.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa terong bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kemampuannya dalam melawan peradangan dan stres oksidatif, yang membuat Arteri menjadi lebih sehat dan membantu kadar kolestrol menjadi lebih seimbang.

Kandungan nutrisi pada terong terbukti bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol darah karena kemampuan fitonutrisi untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi penumpukan plak pada Arteri utama termasuk aorta.

Sementara memang tubuh juga membutuhkan kolesterol, dengan mengkonsumsi terong mampu berkolerasi menyimbangkan jumlah kolesterol pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi terong dapat membantu meningkatkan kemampuan fungsi ventrikel kiri salah satu ruang pemompa darah utama jantung dan mampu mengurangi apoptosis.

3. Membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Terong sebagian besar terdiri dari air, Itulah sebabnya Mengapa sayuran ini sangat rendah kalori.

Mengkonsumsi sayuran yang memiliki kandungan air dan serat tinggi mampu membantu membuang limbah dan racun dari saluran pencernaan.

Saluran pencernaan dan usus besar harus terhidrasi dengan baik untuk melancarkan feses di usus besar. Mengkonsumsi makanan segar terong sangat penting untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan dalam mengeluarkan racun dan kelebihan berat air.

Karena nutrisi pada terong baik terhadap sistem pencernaan maka sayuran ini dapat menjadi menu diet termasuk diet GAPS. Alasannya selain yang sudah disebutkan, terong juga membantu masalah neurologis, mengurangi peradangan, dan menyembuhkan kondisi autoimun.

Karena kandungan serat dan air yang dimiliki terong juga berguna dalam membantu menurunkan berat badan. Serat dalam terong juga membantu membuat kita merasa kenyang sehingga cenderung tidak terlalu makan banyak.

4. Sumber mangan yang tinggi

Dalam satu porsi cangkir terong menyediakan sekitar 5% kebutuhan harian mangan yang penting bagi tubuh. Mangan adalah mineral alami di dalam tubuh yang hanya ada dalam jumlah kecil, sehingga sisanya harus diperoleh melalui diet sehat.

Mangan bertindak sebagai antioksidan mencegah radikal bebas dan menghilangkan berbagai kerusakan fisik dan stres oksidatif.

Mangan berkontribusi terhadap pembentukan struktur tulang yang sehat karena memiliki efek pada mineralisasi tulang dan metabolisme. Hal tersebut membantu membuat enzim penting untuk pembentukan tulang yang kuat.

Selain itu mangan membantu aktivitas metabolisme dalam tubuh, Pembentuk jaringan ikat, dan mengatur kadar hormon penting bagi kesehatan reproduksi dan mencegah ketidaksuburan. Ini juga berperan dalam mengatur fungsi kelenjar tiroid, mengurangi depresi, dan membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Sumber vitamin B yang tinggi

Terong menyediakan sumber vitamin B1 dan vitamin B6 yang baik untuk menjaga fungsi otak, metabolisme, dan kesehatan jantung.

6. Mencegah kanker kulit

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit terong mampu membantu melawan kanker kulit. Krim jenis Ini mengandung konsentrasi 10% dari solasodin rhamnosyl glikosid (BEC) yang telah terbukti secara klinis sebagai pengobatan efektif untuk berbagai jenis kanker kulit seperti keratosis, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here