Pengertian Blog Adalah?,,, Pengertian, Sejaran, Jenis, Fungsi dan Manfaat Blog

262

Pengertian Blog Adalah,,, Pengertian, Sejaran, Jenis, Fungsi dan Manfaat Blog

  • Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang apa pengertian blog?…
  • Sejarah blog?…
  • Fungsi dan Manfaat blog?…
  • Serta jenis-jenis blog?…

Pengertian blog

Web log atau yang lebih dikenal blog adalah sebuah website yang berisikan konten-konten, konten tersebut dapat berupa tulisan (artikel), gambar, suara, video dan file yang dapat di download.

Pada umumnya, sebuah blog dibuat dengan menggunakan platform yang sudah tersedia seperti wordpress, blogger, joomla dan lain sebagainya.

Saya sendiri menggunakan platform wordpress.

Berbeda hal dengan sebuah website, website biasanya dibuat berdasarkan bahasa pemrograman yang dirangkai sendiri oleh programmer. Sehingga hanya orang-orang yang menguasai bahasa pemrograman saja yang dapat membuat website.

Untuk orang biasa yang tidak mengerti bahasa pemrograman maka tidak mungkin mampu membuat sebuah website. Dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari bahasa pemrograman berbasis web seperti HTML dan PHP.

Pembuat website biasanya di panggil dengan sebutan programmer. Sedangkan seseorang yang membuat blog disebut blogger.

Kegiatan seorang blogger pada umumnya membuat konten atau artikel yang bermanfaat bagi pembaca, semakin banyak konten yang mereka buat tentu semakin banyak pula orang yang mengunjungi blog mereka.

Semakin banyak pengunjung blog mereka, maka akan semakin besar pula pendapatan mereka dari blog tersebut.

Jadi… Itulah sekilas tentang pengertian blog secara ringkas dan sedernaha.

Sejarah blogger.com

Selain memahami pengertian blog, kita juga harus tau sejarah blog pertama kali. Blog pertama dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993 dengan judul “What’s New”. Dan awal tahun 1994 Justin Hall membuat blog pribadinya yang bernama “Justin’s Home Page”, blog tersebut berisikan informasi pribadi seperti buku harian.

Pada tahun 1993 hingga 1997, blog sudah ada namun belum dinamakan blog. Istilah weblog muncul pada tahun 1997 oleh Jorn Barger.

Setelah itu, pada tahun 1999, istilah blog diperkenalkan oleh Merholz shortens. Dan dipergunakan hingga sekarang.

Sebelum tahun 2002, Blogger.com dimiliki oleh Pyra Labs dan diakuisi oleh google pada akhir tahun 2002. Dan bertahan hingga sekarang.

Itu adalah sejarah perkembangan blogger.com yang mengawali perkembangan blog seluruh dunia.

Blogger.com adalah platform yang dapat digunakan untuk membuat blog, dan ada beberapa platform lainnya yang dapat digunakan untuk membuat blog seperti Joomla, WordPress dan lain sebagainya.

Baca juga :

Fungsi blog

Setelah memahami sejarah dan pengeritian blog, selanjutnya adalah fungsi blog. Fungsi blog adalah tujuan utama kenapa blog tersebut dibuat. Dan alasan utama saya membuat blog sebagai berikut:

  • Memberikan informasi

Fungsi utama blog adalah untuk membagikan informasi kepada orang banyak, informasi tersebut biasanya dimuat dalam bentuk artikel.

Pada awalnya informasi yang diberikan adalah informasi pribadi seperti kegiatan sehari-hari tapi setelah berkembang semakin pesat maka informasi yang dibagikan juga semakin luas. Dari mulai informasi pendidikan, teknologi, pertanian, berita dan lain sebagainya.

  • Berbagi file

Tidak hanya berbagi informasi saja, blog juga berfungsi sebagai media berbagi file seperti file apk, aplikasi komputer dan lain sebagainya.

Kita tidak perlu repot-repot harus mengirim file secara satu-persatu kepada orang lain, cukup bagikan file tersebut di blog kita maka setiap orang dapat mendownload file tersebut.

Mudah, cepat dan tidak memakan paket internet.

  • Media iklan

Sekarang ini, blog juga termasuk salah satu media iklan terbesar di internet. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang memperkenalkan produknya melalui iklan yang di pasang diblog.

Perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang biasanya lebih memilih beriklan pada sebuah blog dari pada beriklan pada televisi atau radio. Alasannya sederhana, karena beriklan pada sebuah blog lebih tertarget dari pada media iklan lainnya.

Misalnya saja lazada yang memasang iklan di google dan google menampilkan iklannya diblog saya.

Nah,,, setiap pembaca blog saya yang tertarik dengan barang yang dijual di lazada maka mereka akan mengklik iklan tersebut dan membelinya. Jika mereka tidak tertarik maka mereka tidak perlu mengklik iklan tersebut.

Lazada hanya akan membayar google jika ada orang yang mengklik iklan tersebut, dan google akan membayar saya jika dari pembaca blog saya ini ada yang mengklik iklan tersebut.

Secara sederhana, lazada hanya akan membayar media iklan jika ada yang berminat pada iklannya tersebut. Jika tidak ada yang berminat maka lazada tidak perlu membayar iklan dikeluarkan.

Manfaat blog

Manfaat blog adalah dampak positif yang ditimbulkan dari dibuatnya sebuah blog, antara lain:

  • Menambah wawasan

Dengan adanya blog, pengguna internet dengan mudah mencari informasi yang mereka butuhkan. Semakin banyak blogger maka akan semakin banyak informasi yang tersedia diinternet.

Dulu, mau membaca harus beli buku dan harga buku juga sangat mahal. Tapi sekarang ini kita cukup beli paket internet maka kita dapat membaca berbagai informasi yang kita butuhkan dari blog orang.

Salah satunya adalah blog saya ini.

  • Memberikan penghasilan

Sekarang ini, kita dapat meraup keuntungan yang besar hanya dengan membuat konten dari rumah.

Hasil yang diperoleh juga tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai ratusan juta Rupiah perharinya jika blog kita ramai pengunjung. Semakin ramai pengunjung maka semakin besar pendapatan dan begitu sebaliknya.

Konsepnya sederhana.

Misalnya anda membuat blog tentang kesehatan, maka anda membuat konten tentang cara mengatasi jerawat dengan mudah. Dan jika ada banyak orang yang membaca konten tersebut maka kita dapat memasang iklan diblog kita.

konsepnya sederhana, perusahaan meminta ijin dari google untuk beriklan, dan kita mendaftarkan blog kita agar ditayangkan iklan (Adsense) setelah itu google akan menampilkan iklan perusahaan tersebut di blog kita.

Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut maka perusahaan akan membayar google dan google akan membayar kita.

Semakin banyak klik maka semakin banyak pula bayaran.

Sekarang ini, blog sudah menjadi usaha bagi para blogger, baik usaha sampingan atau usaha utama.

Sebagai usaha sampingan

Blog sebagai usaha sampingan karena membuat blog dan konten tidak terikat ruang dan waktu, sehingga dapat dikerjakan kapan dan dimana saja.

Sebagian besar para blogger diisi oleh kalangan pelajar yang masih duduk dibangku sekolah smp dan sma. Mereka memanfaatkan waktu sepulang sekolah untuk membuat blog dan konten.

Untuk awal, penghasilan yang mereka terima tidak besar, hanya cukup untuk menambah jajan sekolah saja. Tapi lama kelamaan penghasilan mereka terus meningkat seiring meningkatnya pengunjung blog tersebut.

Sebagai usaha utama

Meskipun pada awalnya pendapatan mereka tidak besar, namun semakin hari pendapatan mereka akan terus meningkat tanpa batas, setelah pendapatan mereka melebihi Rp3.000.000 mereka akan menjadikan blog sebagai pencarian utama.

Dan pendapatan mereka akan terus meningkat tanpa batas.

  • Medai dakwah

Dengan adanya blog, dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah islamiah. Blog saya ini juga saya manfaatkan sebagai media dakwah, selain untuk cari uang, blog ini juga saya gunakan untuk beramal dan berbagi informasi agama.

  • Membuka lapangan kerja

Sekarang ini, sudah banyak blogger-blogger besar yang menggunakan jasa orang lain untuk keperluan blognya, sehingga membuka lapangan kerja baru.

Pada umumnya tenaga kerja yang dibutuhkan adalah penulis artikel, namun seiringa berjalannya waktu, tenaga kerja yang dibutuhkan lebih banyak lagi.

Misalnya saja jasa membuat akun gmail, jasa membuat plugin dan jasa lainnya.

  • Mengurangi angka kemiskinan

Peluang blog masih sangat besar, dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, lapangan kerja yang tercipta karena blog akan semakin meningkat. Hal ini akan sedikit mengurangi angka kemiskinan dinegara kita.

Jenis-jenis blog

  • Blog pribadi

Blog jenis ini biasanya berisikan catatan harian, pemilik blog seperti ini tidak mencari uang, melainkan hanya menulis sebagai kegiatan mengisi waktu luang saja.

  • Blog gado-gado

Blog jenis ini tidak terfokus pada 1 topik saja, melainkan ada banyak topik. Misalnya saja blog saya ini yang membahas masalah agama, blogger, youtuber, bisnis, usaha, pertanian dan lain sebagainya.

  • Blog niche

Blog niche adalah blog yang terfokus pada 1 topik utama, misalnya saja panduanim.com, blog tersebut hanya membahas tentang seputar dunia internet marketing dan blogging.

  • Blog perusahaan/instansi

Blog ini berisikan tentang informasi pendukung seputar perusahaan.

Biasanya perusahaan membuat subdomain untuk membuat blog seperti ini, misalnya saja liputan6.com, maka subdomainnya bisa menjadi blog.liputan6.com.

  • Blog spam

Blog yang digunakan untuk spam di komentar, baik komentar di sosial media, youtube dan blog.

Blog seperti ini hanya sebagai media promosi dari spam. Buat yang ingin terjun kedunia blogger maka upayakan untuk tidak membuat blog seperti ini.

  • Blog download

Blog yang berisikan file untuk di download, misalnya saja blog download lagu, software, apk dan lain sebagainya.

  • Blog agc

Blog agc adalah blog yang auto generate conten, blog seperti ini cukup sekali tekan maka konten akan otomatis terposting sesuai settingan.

Meski tidak perlu repot-repot membuat konten, blog seperti ini sangat rentan pelanggan sehingga tidak dapat dijadikan penghasilan utama.

Blog agc memang cepat menghasilkan uang, tapi juga cepat roboh karena melanggar peraturan dari google.

Kesimpulan

Pengertian blog adalah sebuah media web yang dapat dipergunakan untuk publikasi konten ke halayak ramai.

Dan blog juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, sehingga kita dapat berbagi informasi sekaligus bekerja tanpa terikat ruang dan waktu.

Kegiatan utama seorang blogger hanya membuat konten yang biasanya adalah artikel. Saya sendiri adalah seorang blogger pemula dan kegiatan saya hanya menulis konten artikel yang bermanfaat bagi orang lain.

Dari salah satu jenis blog yang saya jelaskan diatas, yang paling umum adalah blog niche ataupun blog gado-gado. Karena gampang sehingga cocok dijalankan untuk pemula seperti saya.

Buat teman-teman yang ingin terjun kedunia blogger, silahkan komentar untuk bertanya-tanya.

Semoga saja artikel “Pengertian Blog Adalah?,,, Pengertian, Sejaran, Jenis, Fungsi dan Manfaat Blog” ini dapat bermanfaat bagi seluruh para pembaca.

Terima kasih atas kunjungan anda dan silahkan shere artikel ini di akun sosial mediamu agar teman-teman yang lain dapat mengetahui pengertian blog dan dapat ikut serta dalam dunia blogger.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here