Pengertian Disclaimer Adalah?…Perlukah Discalimer Untuk Blog

244

Pengertian Disclaimer Adalah

Apa itu Disclaimer?,,,

Apa pengertian Disclaimer?,,,

Apa fungsi Disclaimer?,,,

Apakah Disclaimer diperlukan untuk blog?,,, dan lain sebagainya.

Pengertian disclaimer

Disclaimer adalah pemberitahuan yang ditempatkan di situs web atau blog Anda sebagai upaya membatasi kewajiban atau tanggung jawab Anda untuk hasil dari penggunaan situs web atau blog tersebut.

Bahkan jika sebelumnya anda belum pernah membuat Disclaimer tapi saya yakin anda pernah melihatnya.

Misalnya anda membuat sebuah website tentang kesehatan, dan anda membuat konten tentang cara mengatasi Amandel.

Cara yang anda jelaskan memang dapat mengatasi Amandel tapi di sisi lain cara tersebut juga dapat menimbulkan masalah untuk penderita penyakit lain.

Artinya apa?…

Penjabaran tentang cara mengatasi Amandel tersebut memang benar tapi juga berdampak negatif pada kondisi tertentu.

Nah disinilah peran disclaimer, agar anda tidak terkena tindakan hukum terhadap apa yang anda bagikan kepada para pembaca.

Semua yang anda jelaskan pada web atau blog anda merupakan hal yang benar tapi untuk hal yang dipraktekkan oleh pembaca dan mereka menerima dampak dari praktek tersebut yang tidak sesuai dengan harapan mereka maka hal itu tidak menjadi tanggung jawab anda lagi.

Terkadang Disclaimer, hanya sebuah halaman paragraf pendek yang berisi tentang penolakan atas kerugian dan kurang akuratnya informasi yang diterima pengguna dari blog anda.

Akan tetapi ada juga Disclaimer yang berisi paragraf panjang mencakup semua hal seperti Hukum, Konten Anda, Iklan, Afiliasi dan lain-lain dari blog itu sendiri, biasanya pemiliki blog akan menggunakan layanan Discalimer Online agar tidak perlu repot dan lebih mudah membuat discalimer.

Dengan kata lain, disclaimer akan membatasi tanggung jawab Anda kepada orang lain sekaligus melindungi kekayaan intelektual atau hak cipta Anda.

Baca juga :

Fungsi disclaimer

Apakah Disclaimer Berguna?

Disclaimer berguna di blog karena sejumlah alasan, tergantung pada sifat blog Anda.

Misalnya, jika blog Anda menawarkan informasi dan tips Kesehatan, Disclaimer dapat membantu Anda untuk membatasi tanggung jawab Anda untuk informasi medis yang Anda berikan.

Jika Anda menjalankan blog Pariwisata yang menggunakan banyak foto-foto anda sendiri, Disclaimer dapat menyajikan informasi hak cipta dan melindungi hak Anda atas karya Anda.

Atau jika blog Anda menggunakan tautan afiliasi untuk visitor melakukan pembelian, Disclaimer afiliasi (seperti penafian untuk Amazon Associates) dapat memberi tahu pengguna bahwa Anda akan memperoleh keuntungan finansial jika mereka mengeklik tautan Anda.

Apakah Disclaimer sama dengan Syarat dan Ketentuan (TOS)

Meskipun benar bahwa ada beberapa tumpang tindih antara TOS, Privacy Policy dan Disclaimer, namun kita seharusnya tidak semua itu sama.

Disclaimer dapat dimasukkan dalam konten halaman syarat dan ketentuan.

Namun, bukan berarti disclaimer sama hal dengan TOS dan Privacy Policy, meskipun dimuat dalam halaman yang sama tapi secara fungsi akan tetap berbeda.

Cara membuat disclaimer

Ada 2 cara membuat disclaimer yaitu dengan cara generator atau otomatis dan dengan cara manual.

Dari pada membuat secara manual, saya lebih sering menggunakan cara otomatis menggunakan disclaimer generator.

Silahkan kunjungi situs Disclaimer Generator DISINI.

Setelah itu isi data-data yang diminta dari mulai Judul Situs, Link Situs, Link Kontak, Email Kontak dan Centang No Encryption. Setelah itu tekan tombol Generator Disclaimer.

Cara membuat disclaimer otomatis

Setelah itu Copy seluruh script yang sudah disediakan seperti gambar berikut:

Setelah itu kita tinggal membuat halaman untuk meletakkan script tadi, ingat ya,,, halaman yang akan kita buat, bukan postingan.

Masuk menu wordpress Laman dan Tambah Baru. Setelah itu buat judul nya Disclaimer dan ubah dari mode Visual jadi Teks dan pastekan script tadi.

Untuk pengguna blogger, silahkan login akun blogger anda. Setelah itu pilih Laman dan pilih Laman Baru untuk menempatkan script tadi, setelah itu ketikkan judulnya Disclaimer dan ubah mode Compose menjadi HTML dan pastekan script tadi. SELESAI

Kesimpulan

Pengertian disclaimer adalah penolakan terhadap dampak dari informasi yang anda bagikan di website atau blog anda.

Selain itu disclaimer juga berfungsi sebagai pelindung konten yang anda buat agar orang lain tidak sembarangan mengambil karya anda, baik tulisan, gambar atau karya lainnya.

Dan disclaimer ini juga dapat berperan sebagai pemberitahuan kepada orang lain terhadap apa yang anda terima, misalnya saja anda menerima kuntungan atau yang semacamnya.

Tapi perlu kita ketahui, bahwa disclaimer tidak sama dengan TOS dan Privacy Police, meskipun dapat dibuat pada satu halaman yang sama namun secara fungsional sangat jelas berbeda.

Dan untuk membuat disclaimer juga tidak sulit karena sudah tersedia disclaimer generator yang dapat kita gunakan secara gratis.

Semoga artikel “Pengertian Disclaimer Adalah?…Perlukah Discalimer Untuk Blog” ini bermanfaat bagi seluruh pembaca sekalian, Terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here