Pengertian Finansial, Jenis Dan Daftar Perusahaan Finansial

146

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengan kata finansial namun sebagian orang banyak yang tidak paham pengertian finansial.

Maka dari itu, pada pertemuan kali ini saya akan membahas secara lengkap pengertian finansial.

Pengertian finansial secara umum

Pengertian finansial adalah keuangan, dalam prakteknya, finansial tidak selamanya berarti keuangan. Namun tetap berkaitan dengan keuangan.

Misalnya saja “finansial seseorang” – kalimat tersebut berarti “keadaan keuangan seseorang” atau “keadaan perekonomian seseorang” dalam hal ini finansial dapat diartikan sebagai keuangan atau perekonomian. Intinya finansial adalah segala aspek yang berkaitan dengan keuangan.

Jenis-jenis finansial

Pada dasarnya, finansial terbagi atas 3 jenis, yaitu:

1. Finansial individu

Finansial individu adalah keadaan keuangan seseorang yang dinilai berdasarkan penghasilan individu tersebut.

Finansial jenis ini dianalisa berdasarkan kondisi keuangan seseorang yang dipengaruhi kebutuhan jangka pendek dan kebutuhan jangka panjang serta kemampuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Finansial seseorang dapat dikatakan baik apabila ia dapat memenuhi kebutuhan jangkan pendek dan kebutuhan jangka panjang dimasa yang akan datang.

Kebanyakan orang hanya berfikir dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan jangkan pendek saja, mereka lupa dan mengabaikan kebutuhan untuk jangkan panjang, misalnya saja kebutuhan dimasa tua ketika sudah tidak mampu untuk bekerja lagi.

Maka dari itu, memenuhi kebutuhan jangkan pendek memang penting, tapi untuk jangka panjang juga tidak kalah pentingnya.

Dan sekarang ini sudah tersedia, perusahaan finansial yang menjamin masa depan seperti asuransi dan lain sebagainya.

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

2. Finansial perusahaan

Finansial perusahaan adalah keadaan keuangan sebuah perusahaan, baik perusahaan swasta (BUMS) maupun perusahaan milik pemerintah (BUMN).

Finansial sebuah perusahaan bergantung pada kemampuan perusahaan tersebut, bagaimana perusahaan tersebut mengelolan keuangan yang baik sehingga perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang serta dapat memberikan keuntungan bagi pemilik perusahaan.

Pada umumnya, jika perusahaan membutuhkan tambahan modal maka perusahaan tersebut akan menerbitkan saham atau obligasi. Maka dari itu, kemampuan perusahaan untuk membayar hutang-hutang perusahaan juga termasuk dalan finansial perusahaan tersebut.

Jika sebuah perusahaan sering lalai dalam pembayaran hutang-hutangnya, kemungkinan besar finansial perusahaan tersebut kurang baik karena memiliki manajemen keuangan yang baik.

3. Finansial pemerintah

Finansial pemerintah adalah keadaan keuangan pemerintahan dalam mensejahterakan rakyatnya.

Tolak ukur finansial pemerintah ini sangat komplek karena ada banyak aspek yang mempengaruhi kesejahteraan rakyat.

Misalnya saja nilai tukar mata uang dengan mata asing, angka kemiskinan, jumlah pengangguran, daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Finansial pemerintah secara tidak langsung juga terkait dengan finansial perusahaan dan finansial individu karena berhubungan dengan lapangan kerja dan kesejahteraan rakyat.

Semakin sejahtera rakya maka semakin baik finansial sebuah pemerintahan.

Namun juga dipengaruhi oleh hutang-hutang dan kemampuan membayar hutang tersebut.

Meskipun masyarakat sejahtera tapi apabila pemerintah tidak mampu membayar hutang negara, dan hutang terus bertambah.

Berarti finansial pemerintah tersebut kurang baik, karena memiliki managemen keuangan yang tidak mempuni untuk melunasi hutang-hutang negara.

Ibarat orang kaya, tapi banyak hutang, meskipun punya barang mewah tapi semuanya dapat lenyap jika ditarik hutang.

Sampai disini, kita sudah mengerti pengertian finansial dan jenis-jenisnya, dan kita bahas lebih lanjut tentang perusahaan finansial.

Perusahaan finansial

Perusahaan finansial

Perusahaan finansial adalah perusahaan yang membantu dalam perencanaan finansial individu dan perusahaan. Pada dasarnya perusahaan finansial hadir untuk membantu meningkatkan keadaan finansial individu dan perusahaan.

Bank dan lembaga keuangan tidak termasuk salah satu perusahaan finansial. Namun juga menyediakan produk finansial seperti pinjaman modal usaha.

Konsep utama perusahaan finansial adalah membantu pembiayaan individu/perusahaan, baik untuk masa sekarang atau masa yang akan datang.

Misalnya saja angsuran, ada banyak sekali perusahaan yang memberikan kemudahan finansial. Bagi kita yang ingin membeli kendaraan bermotor dan belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya.

Kita dapat membeli dengan cara credit dan membayarnya secara berangsur-angsur.

Perusahaan finansial terbagi atas beberapa jenis

Jenis-jenis perusahaan finansial:

Jenis-jenis perusahaan finansial

Perusahaan Pembiayaan untuk Kebutuhan Usaha

Ada banyak warga kita yang  memiliki ide usaha baru namun terbentur masalah modal atau sudah memiliki usaha namun sulit maju karena keterbatasan modal.

Jika demikian, kita dapat bekerjasama dengan perusahaan finansial untuk pembiayaan kebutuhan usaha kita.

Konsepnya hampir sama dengan meminjam uang dibank, kita harus membayar cicilan hingga lunas.

Proses Pembelian Sederhana

Sekarang ini, ada banyak perusahaan yang memberikan kredit dalam pembelian barang. Kita cukup membayar beberapa % dari ketentuan yang berlaku maka barang yang kita butuhkan/inginkan akan dapat kita miliki.

Setelah itu kita hanya perlu melunasi dengan cara mencicil dari penghasilan yang kita dapat.

Perusahaan Pembiayaan Peralatan Elektronik dan Rumah Tangga

Kebutuhan primer memang yang paling utama, namun kebutuhan sekunder juga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Ada banyak peralatan elektronik yang harus digunakan untuk membantu dalam aktivitas sehari-hari, mungkin tidak wajib, namun peranan peralatan tersebut juga akan mempengaruhi efektivitas dan efesiensi dalam aktivitas kita.

Misalnya saja AC, jika rumah anda panas, tidur dan istirahat anda tidak akan nyaman dan akan mempengaruhi kinerja anda di kantor tentunya. Maka dari itu diperlukan peralatan rumah tangga untuk mendukung kinerja dan aktivitas kita.

Namun ada banyak sekali kebutuhan yang harus diutamakan dari pada peralatan rumah tangga tersebut sementara uang yang kita miliki sangat terbatas.

Maka dari itu, ada banyak perusahaan yang membiayai pembayaran peralatan elektronik dan rumah tangga sehingga meringankan kita dalam membeli peralatan tersebut.

Kita cukup membayar uang muka, setelah itu barang akan diantar kerumah. Dan kita hanya perlu membayar cicilan hingga lunas.

Perusahaan Pembiayaan Mesin dan Alat Berat

Untuk usaha industri menengah keatas, alat berat tentu menjadi salah satu kebutuhan produksi perusahaan tersebut.

Sementara harga alat berat tersebut terlalu mahal, apalagi untuk perusahaan mengengah. Jika menunggu dana terkumpul maka akan memakan waktu yang terlalu lama.

Maka dari itu, kita perlu menggunakan jasa Perusahaan Pembiayaan Mesin dan Alat Berat untuk membiayai alat berat tersebut untuk sementara.

Setelah itu, perusahaan dapat mencicil pembayaran hingga lunas kepada perusahaan finansial yang terkait.

Perusahaan Pembiayaan Kendaraan Bermotor

Sekarang ini, kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan untuk banyak kalangan. namun harga kendaraan bermotor terbilang tinggi sehingga banyak orang yang tidak mampu untuk membelinya secara tunai.

Maka dari itu, hadir Perusahaan Pembiayaan Kendaraan Bermotor yang membantu dalam pembelian kendaraan bermotor meskipun kita tidak memiliki uang yang cukup untuk membayarnya secara tunai.

Cukup dengan uang muka 10% atau lebih maka kita sudah dapat membawa kendaraan bermotor untuk mendukung kegiatan sehari-hari kita, dan kita dapat membayar cicilannya setiap bulan hingga lunas sesuai dengan ketentuan yang berlaku di setiap perushaan.

Daftar perusahaan finansial di Indonesia

Semoga artikel tentang pengertian finansial ini dapat dengan mudah dipahami dan menambah wawasan kita semua, terima kasih telah berkunjung dan salam sukses.

Baca juga : Pahami Format & Susunan Makalah Yang Baik & Benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here