Pengertian Jujur!…Pengertian, Jenis, Contoh dan 4 Manfaat Jujur

461

Kita sering mendengar kata jujur, tapi banyak di antara kita yang tidak mengerti apa yang dimaksud dengan jujur tersebut sehingga banyak orang yang tidak jujur pada dirinya sendiri.

Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini saya akan membahas pengertian jujur secara jelas dan mendalam agar kita dapat menjadi orang yang jujur, baik pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Pengertian jujur

Jujur adalah mengungkapkan kebenaran, kenyataan atau keadaan yang sebenar-benarnya terjadi. Mengungkapkan dapat berupa perkataan, perbuatan dan juga hati.

Sebagian besar orang hanya mengerti dan memahami jujur dalam bentuk ucapan. Padahal jujur tidak hanya sebatas ucapan saja, melainkan juga dalam bentuk perbuatan bahkan hati.

Gengsi juga termasuk salah satu ketidak jujuran.

Jika kita amati, gengsi adalah salah satu ketidak jujuran seseorang pada dirinya sendiri, ia tidak menerima kenyataan bahwa dirinya dipenuhi dengan berbagai kekurangan dan ketidak mampuan.

Orang yang diburu gengsi biasanya akan lebih cendrung melakukan perbuatan yang berlebihan agar dipandang orang lain. Seperti menggunakan barang mewah yang diperoleh dari hasil hutang.

Kita harus mengerti, jujur itu bukan sekedar ucapan saja, melainkan juga perbuatan dan hati.

Pengertian jujur dalam islam

Pengertian jujur dalam islam adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim, muslim yang tidak jujur akan mendapatkan dosa yang amat besar.

Pada zaman Rasul, ada pedagang yang menjual buah-buahan. Penjual tersebut meletakkan buah yang segar di bagian paling atas dan meletakkan buah yang tidak baik di bagian paling bawah sehingga yang terlihat hanya buah yang segar saja.

Ketika Rasul menyadari perbuatan tersebut, Rasul langsung menegur pedagang tersebut dengan mengancamnya jika ia tidak berlaku jujur, maka ia tidak termasuk ummat Nabi Muhammad SAW dan sudah pasti tidak mendapat nikmat syurga.

Hal ini menandakan, jujur bukan saja dari ucapan semata. Melainkan juga pada perbuatan dan hati seorang muslim.

Seorang muslim di tuntut untuk berlaku jujur dengan sejujur-jujurnya tanpa ada tipu muslihat di dalamnya.

Dalil tentang jujur

Dalil jujur Dalil jujur 1 Dalil jujur 2 Hadits jujur 1 Hadits jujur 2 Hadits jujur 3 Hadits jujur 4 Hadits jujur 5

Hadits jujur

Download kumpulan LOGO DISINI.

Jenis-jenis jujur

Jenis-jenis jujur

Jenis-jenis kejujuran dari sudut pandang Perlakuan

Jujur pada orang lain

Jujur pada orang lain adalah mengungkapkan kenyataan kepada orang lain, baik kenyataan tersebut pahit ataupun manis.

Jujur kepada orang lain biasanya berkaitan dengan perbuatan dan perkataan. Misalnya saja berkata jujur jika di tanya dan mengembalikan uang kembalian belanjaan.

Jujur pada diri sendiri

Jujur pada diri sendiri adalah mengungkapkan kenyataan yang terjadi pada diri sendiri, hal ini berkaitan dengan perasaan untuk menerima kenyataan.

Orang yang tidak jujur pada dirinya sendiri biasanya lebih cendrung mementingkan keinginan dari pada kebutuhan dan terjerat gengsi yang membuat dirinya tidak merasa nyaman.

Orang yang tidak jujur pada diri sendiri akan lebih cendrung berusaha melakukan berbagai hal yang berlebihan sehingga merugikan diri sendiri.

Jenis-jenis kejujuran dari sudut pandang Perbuatan

Jujur pada ucapan

Jujur pada ucapan adalah ucapan yang mengatakan perihal yang sebenar-benarnya tanpa melebih-lebihkan dan mengurang-ngurai perkataan tersebut untuk merubah keadaan.

Jujur perkataan ini mungkin sudah banyak yang mengerti dan memahami, tapi pada kenyataanya masih banyak sekali orang yang berkata dusta untuk kepentingan pribadi mereka.

Jujur pada perbuatan

Jujur pada perbuatan adalah segala perbuatan yang menggambarkan keadaan sebenarnya tanpa ada rekaya yang dibuat-buat di dalamnya.

Seperti pedagang pada zaman Rasul yang saya ceritakan secara singkat di atas, ia tidak berbohong dari segi ucapan namun pedagang tersebut tidak berlaku jujur pada perbuatannya.

Ia melakukan tipu muslihat agar barang daganganya laku tanpa memberhatikan kenyataan bahwa barang yang dijualnya tidak menarik perhatian pembeli.

Banyak sekali orang yang belum mengerti tentang jujur pada perbuatan sehingga kerab sekali melakukan perbuatan yang tidak jujur tanpa di sadari.

Jujur pada hati

Jujur pada hati adalah keadaan dimana hati menerima kenyataan, baik kenyataan manis maupun pahit.

Hati adalah sumber dari segala perbuatan, jika hati tidak dapat menerima kenyataan maka perbuatan akan cendrung melakukan kebohongan.

Termasuk di dalam jujur pada hati adalah gengsi.

Contoh jujur

Contoh Jujur

  • Berkata yang sebenar-benarnya.
  • Tidak berbohong.
  • Tidak melebih-lebihkan perkataan.
  • Menepati janji.
  • Melakukan apa yang sudah pernah di ucapkan.
  • Menjaga amanah.
  • Mengembalikan uang sisa berbelanja.
  • Mengembalikan uang jika penjual salah menghitung kembalian.
  • Mengakui kekurangan dan kesalahan.
  • Tidak gengsian.
  • Tidak nyogok untuk kepentingan pribadi.
  • Memilih pemimpin karena kepentingan, bukan berdasarkan kenyataan.
  • Menerima uang sogok.
  • Jujur memilih pemimpin

Dari beberapa contoh jujur di atas memang terlihat mudah untuk dilakukan. Tapi pada kenyataannya sangat sulit dan membutuhkan pengorbanan yang besar untuk melakukannya.

Oleh karena itu, orang yang barani dan berupaya untuk berkata dan berbuat dengan jujur maka mereka akan mendapatkan limpahan pahala yang besar. Selain itu mereka juga akan mendapatkan berbagai manfaat yang di rasakan setelah mereka berupaya untuk jujur.

Makna dan manfaat jujur

Makna dan Manfaat Jujur

Dalam hidup ini kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai jenis masalah, dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya selama kita berlaku jujur, adil, tegas dan bijaksana.

Terkadang kejujuran itu terasa pahitnya adanya tapi pasti akan membawa manfaat yang laur biasa nantinya. Adapun makna dan manfaat jujur sebagai berikut:

1. Dipercaya oleh siapa saja

Kepercayaan bukanlah hal yang bisa kita dapatkan dengan membeli atau memaksa, melainkan dengan kesukarelaan orang lain tersebut menilai kita.

Jika dilihatnya tingkah laku kita yang jujur dan tidak pernah bermasalah, maka mereka akan mudah mempercayai seluruh perkataan kita.

2. Lebih berwibawa

Orang yang jujur akan tampak lebih berwibawa dari pada orang yang tidak jujur. Hal ini bisa kita lihat dari lingkungan sekitar kita.

Orang yang tidak pernah berbohong, ketika ia berkata maka semua orang akan mendengarkan perkataannya meskipun terkadang perkataan tersebut pahit.

tapi coba perhatikan, bagaimana dengan orang yang tidak jujur. Ketika ia berkata maka akan banyak orang yang menyangkal perkataannya meskipun perkataan tersebut manis adanya.

3. Lebih mudah mendapatkan pertolongan

Orang yang jujur akan lebih mudah mendapatkan pertolongan dari orang lain, baik orang yang kita kenal ataupu orang yang tidak kita kenal sama sekali. Terutama terkait masalah uang.

Keuangan kita terkadang pasang dan terkadang surut sehingga kita membutuhkan pertolongan orang lain untuk meminjam uang.

Orang yang jujur biasanya akan lebih mudah mendapatkan pinjaman, bahkan pinjaman tersebut tanpa harus menggunakan jaminan.

Dan berbeda halnya dengan orang yang tidak jujur, meskipun orang lain memiliki uang yang lebih dan mampu untuk memberi pinjaman. Terkadang mereka enggan memberi pinjaman karena khawatir uang pinjaman tersebut tidak dibayar sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari.

4. Memiliki banyak teman

Orang yang jujur biasanya akan memiliki banyak teman dari pada orang yang tidak jujur karena kejujuran tersebut ia lebih di sukai dari pada yang lain.

Dengan banyaknya teman, tentu membuka peluang baru dalam berbagai hal. Misalnya saja usaha, pertolongan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pengertian jujur adalah kenyataan dan kebenaran, orang yang tidak jujur adalah orang yang tidak dapat menerima kenyataan dan kebenaran yang pada akhirnya akan merugikan dirinya sendiri.

Pada awalnya, mungkin perbuatan tidak jujur tersebut di rasa adalah perbuatan yang baik. Namun tidak akan bertahan lama hingga kebohongan tersebut akan merusak diri kita sendiri di masa yang akan datang.

Bahkan kebohongan akan cendrung mengundang kebohongan yang lain sehingga kita terjerat dalam kehidupan yang gelap gulita karena dipenuhi dengan ketidak jujuran.

Bisa kita bayangkan, jika sekarang ini kita tidak jujur dengan orang lain, dan esok ada yang sangat kita percaya membohongi kita?..

Apa yang kita rasakan?…

Marah, kecewa, kesal dan menyesal karena telah mempercayainya.

Oleh karena itu jujurlah, baik pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Semoga artikel “Pengertian Jujur!…Pengertian, Jenis, Contoh dan 4 Manfaat Jujur” bermanfaat bagi kita semua dan dapat membawa kita kepada kejujuran yang sebenarnya.

Harap bagikan artikel ini di akun sosial mediamu agar setiap orang yang membacanya mengerti dan memahami betapa pentingnya jujur.

Terima kasih dan salam pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here