Pengertian Makalah, Format & Susunan Makalah

150

Pada pertemuan kali ini saya tidak hanya akan membahas pengertian makalah, tapi juga jenis, fungsi, manfaat, format dan susunan makalah yang baik dan benar.

Jika diperhatikan, sebagian besar orang salah dalam membuat makalah, baik siswa ataupun mahasiswa. Karena apa?..

  1. Mereka tidak mengengerti apa pengertian makalah yang sebenarnya?
  2. Mereka tidak mengerti apa-apa saja yang terdapat dalam sebuah makalah, baik dari segi susunan, format atau informasi yang terkandung dalam sebuah makalah.

Maka dari itu, pada pertemuan kali ini saya akan mengupas tuntas tentang makalah, dari mulai pengertian makalah, fungsi dan manfaat makalah serta format dan susunan makalah yang baik dan benar.

Pengertian makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang dibuat berdasarkan fakta yang sebenar-benarnya terjadi dalam kehidupan kita, dan fakta tersebut dapat diambil dari penelitian secara langsung dari lapangan atau kajian-kajian teori yang dikutip dari sumber terpercaya.

Pada umumnya makalah meneliti fenomena atau masalahan yang sering terjadi di kalangan masyarakat kita dan menyelesaikan masalah tersebut dengan sebuah metode tertentu.

Hal ini menandakan, makalah bukan hanya sekedar karya tulis belaka, melainkan juga sebuah solusi dari permasalahan yang sering terjadi di kalangan masyarakat kita.

Baca juga : Buruan!!! Cara Mendapatkan Uang Dari Google

Jenis-Jenis Makalah

Jenis-jenis makalah

Setelah kita paham apa pengertian makalah, selanjutnya kita haru memahami jenis-jenis makalah yang  dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Makalah Deduktif
  2. Makalah Induktif
  3. Makalah Campuran

Makalah Deduktif adalah sebuah makalah yang dibuat dan disusun berdasarkan kajian-kajian teoritis yang berkaitan dengan topic utama pembahasan makalah tersebut.

Pada umumnya, penulis mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan topic makalah dari buku, jurnal atau karya tulis lainnya untuk permasalahan.

Dari segi pembuatan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat makalah deduktif ini jauh lebih cepatp dibandingkan dengan jenis makalah lainnya.

Karena seluruh data yang diperlukan diambil dari sumber-sumber teoritis dan tidak memerlukan implementasi di lapangan sehingga waktu pembuatan lebih cepat.

Makalah Induktif adalah sebuah makalah yang dibuat dan disusun berdasarkan data-data yang diperoleh dari lapangan. Makalah jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pembuatannya, karena seluruh data yang diperoleh diambil dari riset yang dilakukan dilapangan secara langsung.

Makalah Campuran yaitu sebuah makalah yang dibuat berdasarkan kajian teoritis dan data dari riset di lapangan secara langsung.Pada dasarnya makalah campuran ini merupakan hasil dari penggabungan antara teori (Makalah Deduktif) dan Praktek (Makalah Induktif).

Jika dilihat dari segi keilmuan, makalah campuran jauh lebih bagus karena berdasarkan teori yang relevan dan implementasi dari teori tersebut secara langsung sehingga kita dapat memperoleh hasil penelitian yang lebih akurat.

Fungsi dan manfaat makalah

Fungsi makalah

Pada umumnya, makalah dibuat oleh seorang pelajar, baik pelajar yang duduk di bangku SMP, SMA bahkan Mahasiswa.

Fungsi utama makalah adalah untuk melatih pelajar dalam menganalisa berbagai kejadian-kejadian, baik dari kajian teori atau riset secara lengsung dan melatih cara berfikir pelajar untuk mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Selain itu, pelajar juga diharapkan mampu untuk melakukan penelitian-penelitian yang sistematis dan intelektual yang sesuai dengan standart penelitian yang benar.

Manfaat makalah

Manfaat yang timbul dengan adanya sebuah makalah adalah terbantunya kalangan tertentu yang menjadi objek penelitian.

Selain itu, secara tidak langsung juga meningkatkan cara berfikir seseorang sehingga ia dapat berfikir secara kritis dalam mencari solusi terbaik dalam mengimplementasikan (menerapkan) sebuah teori yang berasal dari sebuah buku.

Cara membuat makalah

Cara membuat makalah sebenarnya tidaklah sulit, selama kita mengerti format atau aturan penulisan makalah dan sistematikan/susunan makalah yang benar sehingga kita dapat membuat makalah dari awal hingga selesai dengan benar sesuai dengan aturan penulisan makalah.

Sebagian pelajar banyak yang mengerti akan sistematika atau susunan makalah yang benar, tapi sayangnya tidak memahami format atau aturan penulisan makalah yang benar.

Sehingga makalah yang ia buat benar dari segi susunan, tapi masih banyak kesalahan dari segi format penulisan. Oleh karena itu, pada bab cara membuat makalah ini saya akan menjelaskan sistematika/susunan makalah dan format/aturan penulisan makalah yang benar.

Baca juga : Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi Dan Makalah

Sistematika/Susunan makalah

Perlunya mempelajari makalah

Setelah kita mengerti pengertian makalah dan jenis-jenisnya, selanjutnya kita harus memahami sistematikan/susunan makalah yang terdiri dari 7 bagian utama yaitu:

  1. Coper
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Bab I Pembukaan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka

Dari 7 bagian utama di atas, setiap bagian memiliki susunan tersendiri yang harus terkandung dalam bagian tersebut.

Misalnya saja cover makalah, cover makalah dimulai dari jenis karya tulis, logo, penulis dan hingga tahun ajaran. Dan bagian-bagian tersebut harus di susun dengan benar.

Untuk lebih jelasnya tentang bagian bagian tersebut, silahkan perhatikan penjelasan berikut:

Cover

Cover adalah bagian depan dalam sebuah karya tulis, cover juga sering di sebut sampul depan, baik makalah atau jenis karya tulis lainnya.

Bagian-bagian yang terdapat pada sebuah cover antara lain sebagai berikut:

  • Jenis karya tulis (MAKALAH)
  • Judul makalah
  • Logo sekolah
  • Penulis
  • Program Studi atau Sub Jurusan
  • Fakultas atau jurusan
  • Sekolah (Nama sekolah)
  • Tahun Ajaran (T.A…..)

Logo yang digunakan adalah logo sekolah, tapi jika sekolah kita tidak memiliki logo, kita dapat menggantinya dengan garis 3 saja. Jangan menggunakan gambar yang tidak diperlukan pada cover makalah.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh Cover Makalah berikut:

Contoh Cover Makalah
Contoh Cover Makalah
Contoh Cover Makalah dengan Garis
Contoh Cover Makalah dengan Garis

Kata pengantar

Pada umumnya, kata pengantar makalah lebih sederhana dari pada kata pengantar lainnya. Adapun bagian-bagian dalam kata pengantar makalah adalah sebagai berikut:

Bagian pertama – Ucapan syukur kepada Allah dan Sholawat kepada Nabi. Bagian ini dapat ditulis 1 atau 2 paragraf.

Bagian kedua – Bagian ini berisikan tujuan penulisan makalah (tujuan penulisan makalah biasabya untuk memenuhi tugas mata pelajaran tertentu) dan judul makalah.

Bagian ketiga – Bagian ini berisikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, baik itu dosen, guru, teman, orang tua dan lain sebagainya serta berisikan permohonan maaf atas kesalahan penulisan dan permohonan ketersediaan untuk memberikan kritik dan saran dari pembaca untuk penulis.

Bagian keempat  – Bagian ini berisikan tempat, tanggal serta nama penulis dan ditanda tangani.

Baca juga : 14 Contoh Kata Pengantar Terlengkap Yang Baik dan Benar

Daftar isi

Daftar isi dimulai dari Kata Pengantar, bukan dari Cover. Berikut susunan daftar isi yang benar:

  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Bab I Pendahuluan
  • Sub Bab I hingga selesai
  • Bab II Pembahasan
  • Sub Bab II hingga selesai
  • Bab III Penutup
  • Sub Bab III hingga selesai
  • Daftar Pustaka

BAB I Pendahuluan

Dalam Bab I pendahuluan terdapat beberapa pion penting yang harus kita pahami, antara lain:

  1. Latar Belakang – Berisikan alasan utama kenapa kita mengangkat judul makalah tersebut.
  2. Identifikasi masalah – Pengidentifikasian atau analisa terhadap sebuah masalah yang terjadi seputar pembahasan.
  3. Rumusan Masalah – Berisikan 3 pertanyaan yang jawabannya akan dibahas pada Bab II Pembahasan.
  4. Batasan masalah – Berisikan pembatasan masalah fungsinya agar makalah kita tidak lari dari pembahasan pokok.
  5. Tujuan – Berisikan tujuan utama melakukan penelitian dan penulisan makalah.
  6. Manfaat – Berisikan manfaat yang timbul dengan adanya makalah yang kita buat.

BAB II Pembahasan

Bab II makalah pada umumnya meliputi:

Pengertian-pengertian terdahap instrumen yang ada pada pembahasan, misalnya saja tentang narkoba maka kita harus menjelaskan pengertian narkoba secara jelas dan juga mencantumkan jenis-jenisnya apa bila diperlukan.

Masalah dan sumber masalah, pada Bab II ini kita harus menjelaskan masalah yang terjadi dan menganalisa apa penyebab masalah tersebut.

Solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.

BAB III Penutup

Pada Bab III Penutup berisikan Kesimpulan dan Saran.

Kesimpulan adalah penjelasan tentang hasil akhir yang kita peroleh dari adanya makalah yang kita buat.

Saran adalah saran dari kita (penulis) untuk para pembaca, misalnya saja kita meminta pembaca untuk melanjutkan penelitian atau memperbaiki penelitian yang sudah kita lakukan.

Daftar pustaka

Pengertian-pengertian yang ada di Bab II Pembahasan harus dikutip dari sumber terpercaya, bukan sekedar argumen diri sendiri, sumber-sumber tersebut harus dicantumkan pada bagian Daftar Pustaka.

Berikut contoh daftar pustaka:

Contoh Daftar Pustaka

Sampai disini apakah kamu sudah mengerti Sistematikan/susunan makalah yang benar?..

Jika belum silahkan komentar untuk bertanya.

Baiklah, kita akan lanjut membahas Format atau aturan penulisan makalah.

Format/aturan penulisan makalah

Meskipun kita sudah mengerti Sistematikan/susunan makalah yang benar namun tidak menjamin kita dapat membuat makalah yang benar, karena masih ada satu hal lagi yang harus kita pahami yaitu Format atau aturan penulisan makalah.

Format atau aturan penulisan makalah adalah aturan-aturan dalam penulisan makalah, misalnya saja ukuran logo yang digunakan, besar huruf, jenis kertas dan lain sabagainya.

Format penulisan makalah terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Format kertas
  • Format penulisan
  • Format penomoran

Format kertas

Kertas yang digunakan untuk membuat makalah adalah kertas ukuran kertas A4 (21 cm x 29.7 cm) dengan batas tulisan dengan pinggir kertas sebagai berikut :

  • Batas atas : 3 cm
  • Batas kiri : 4 cm
  • Batas bawah : 3
  • Batas kanan : 3

Format penulisan

  • Huruf yang digunakan adalah Times New Roman
  • Ukuran huruf adalah 12 (untuk penulisan isi) dan 14 (untuk penulisan judul besar seperti : KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I dan seterusnya dan penulisan Cover).
  • Huruf kapital (besar) untuk judul besar seperti : KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, BAB I dan seterusnya dan Jenis Karya tulis pada Cover (MAKALAH).
  • Huruf tebal untuk Judul besar, sub judul, cover dan informasi penting lainnya (seperti nama gambar atau nama tabel) .
  • Rata Kanan Kiri (Center) untuk penulisan isi makalah.
  • Rata Kiri untuk penulisan Sub Judul
  • Rata Tengah untuk penulisan Judu dan Cover makalah
  • Ukuran Logo 5 x 5
  • Line Spacing 2.
  • Setelah titik (.), koma (,), titik 2 (:) atau sejenisnya maka harus diberi jarak 1 spasi.
  • Warna tulisan Hitam

Format penomoran

Penulisan nomor halaman

Halaman yang tidak diberi nomor :

  • Cover
  • Daftar pustaka

Halaman yang diberi nomor romawi

  • Kata pengantar
  • Daftar isi

Halaman yang diberi nomor angka

  • Bab I
  • Bab II
  • Bab III

Baca juga : Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi Dan Makalah

Penulisan nomor pada isi

Nomor dengan angka romawi

Setiap penulisan nomor pada judul besar menggunakan angka romawi, capital dan bold. Misalnya saja BAB I PENDAHULUAN, BAB II PEMBAHASA  dan BAB III PENUTUPB.

Nomor dengan angka biasa

Untuk mempermudah pemahaman pembaca, kita dapat menggunakan nomor pada sub judul sebagai penanda poin-poin penting.

Nomor dengan huruf capital atau kecil

Kita juga dapat menggunakan huruf capital atau huruf kecil untuk penanda poin-poin penting yang berurutan.

Tata letak penomoran.

Nomor halaman romawi dan nomor awal pada Bab diletakkan di letakkan di bawah dengan penganturan tengah (center).

Sedangkan nomor 2 dari Bab di letakkan di atas kanan agar memudahkan pembaca untuk melihat nomor halaman.

Tata letak nomor pada isi makalah

1.     Awal kalimat dari sub judul_____

___A.   Awal kalimat dari sub judul 1

_______a.   Awal kalimat dari sub judul A

2.     Awal kalimat dari sub judul_____ dan seterusnya

Hal ini juga berlaku pada tata letak penomoran pada daftar isi.

Situs jurnal terlengkap DISINI

Semoga artikel Pengertian Makalah, Format & Susunan Makalah bermanfaat bagi seluruh para pembaca sekalian dan turut mencerdaskan anak bangsa.

Silahkan komentar juga ingin berkonsultas dan harap membagikan artikel ini ke akun sosial mediamu agar teman-teman yang lain dapat mengerti apa pengertian makalah yang sebenarnya.

Terima kasih dan salam pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here