Inilah Pengertian, 5 Manfaat Dan Tujuan Kuliah Yang Benar

243

Inilah Pengertian, Manfaat Dan Tujuan Kuliah Yang BenarInilah Pengertian, Manfaat Dan Tujuan Kuliah Yang Benar – Jika kita amati, setiap tahun jumlah sarjana di Indonesia terus bertambah.

Tapi jika dilihat dari sisi SDM para sarjana tersebut maka kita akan mendapati kenyataan pahit yaitu banyaknya mahasiswa yang menjadi sarjana tanpa ilmu pengetahuan yang memadai.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, banyak mahasiswa yang menggunakan jasa orang lain (JOKY) untuk membuatkan dan menyelesaikan skripsinya yang padahal skripsi tersebut seharusnya menjadi tolak ukur orang tersebut layak atau tidak menyandang gelar sarjana.

Jika kita tidak mampu mengerjakan skripsi, sebaiknya kita belajar kepada ahlinya dari awal hingga selesai. Bukan malah menggunakan jasa orang lain untuk mengerjakan skripsi kita.

AKIBATNYA?… Banyak sarjana yang tidak berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

DAMPAKNYA?… Banyak sarjana yang sulit di terima kerja karena tidak memiliki kemampuan yang cukup sehingga ia memilih untuk mencari kerja yang cara yang tidak benar yaitu menyogok.

Dan kegiatan sogok menyogok akan berlangsung berkesinambungan hingga sekarang.

TAU APA PENYEBABNYA?.. Kesalahan niat dan tujuan kuliah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita pahami apa itu kuliah, tujuan dan manfaat kuliah agar kita dapat kuliah dan lulus dengan kemampuan yang memadai sebagai seorang sarjana.

Pengertian kuliah

Kuliah adalah kegiatan belajar dan mengajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik secara formal ataupun non formal.

Ada pula yang mengartikan kuliah sebagai proses belajar diperguruan tinggi.

Namun pada dasarnya, kuliah adalah belajar, baik belajar secara formal ataupun non formal.

Pernah mendengar “KULTUM”?… Kultum adalah kuliah atau belajar yang dilakukan selama 7 menit.

ARTINYA APA?..

Kuliah adalah belajar, dan belajar tidak hanya di lembaga pendidikan formal saja melainkan juga dapat dilakukan di tempat lain yang tidak formal.

Baca juga :

Tujuan dan manfaat kuliah

Tujuan kuliah

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tujuan dan manfaat kuliah, sebaiknya kita mengerti dulu apa itu manfaat dan tujuan?..

Tujuan adalah harapan, target atau alasan kita kenapa melakukan sesuatu sedangkan manfaat adalah dampat positif dari apa yang telah kita lakukan.

Oleh karena itu, tujuan kuliah adalah harapan atau target kenapa kita melaksanakan kuliah sedangkan manfaat kuliah dampak yang timbul dengan adanya kuliah yang kita lakukan.

Tujuan kuliah

Setiap mahasiswa memiliki tujuan kuliah yang berbeda-beda, tidak masalah selama kita mewarnai tujuan tersebut dengan benar yaitu Menuntut Ilmu.

Cara kuliah yang benar adalah belajar dan terus belajar hingga menguasai suatu bidang tertentu.

TAPI… Pada kenyataannya banyak orang yang salah dalam mewarnai tujuan kuliah tersebut, sehingga mereka lalai dari belajar yang seharusnya ia lakukan.

Seseorang yang memiliki niat dan tujuan kuliah yang benar maka selama kuliah ia akan belajar dengan benar dan berupaya untuk memahami apa yang sedang dipelajarinya.

Sehingga ia lulus dengan gelar sarjana yang di imbangi dengan kemampuan yang memadai dalam bidang perkuliahannya.

Tapi.. Adapula tujuan kuliah yang tidak benar sehingga yang mereka lakukan juga cendrung tidak benar atau menyimpang dari arti dan makna kuliah yang sebenarnya.

Tujuan kuliah yang benar

  • Menuntut ilmu
  • Melaksanakan kehendak orang tua
  • Belajar agar mudah cari kerja
  • Membanggakan orang tua

Tujuan kuliah yang tidak benar

  • Kuliah untuk gengsi
  • Kuliah untuk pamer
  • Kuliah untuk mencari jodoh
  • Malu jika tidak kuliah padahal orang mampu

Apapun tujuan kuliah kita, jika sudah berniat untuk kuliah maka kita harus berupaya untuk menuntut ilmu dengan segenap kemampuan kita agar kita memperoleh gelar sarjana yang dapat membanggakan orang tua kita dan kita dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

Manfaat kuliah

Manfaat kuliah

Manfaat kuliah yang timbul untuk setiap mahasiswa tentu berbeda-beda, bergantung pada tujuan  melaksanakan kuliah dan bagaimana ia melakukan kuliah tersebut.

Dan adapun manfaat kuliah yang umum dapat kita rasakan sebagai berikut:

Download kumpulan LOGO DISINI

1, Menguasai bidang tertentu

Bagi mahasiswa yang mewarnai tujuan kuliahnya dengan menuntut ilmu maka ia akan lebih memahami dan menguasai bidang yang ia pelajari lebih dari pada mahasiswa lain.

Dan orang yang menguasai bidang tertentu biasanya akan mampu membuka sebuah usaha baru di bidang yang ia tekuni.

Jika ia mencari kerja, ia akan mudah diterima di tempat kerjanya karena keahlian yang ia miliki.

2, Lebih mengutamakan akal

Orang yang mendapatkan gelar sarjana akan mampu berbpikir kritis dan mengutamakan akal dari pada emosionalnya (emosinya).

Semasa kuliah, kita di tuntut untuk berdebat dengan teman-teman sekelas kita dalam persentasi. Dan debat tersebut tidak berdasarkan nafsu dan emosi belaka, melainkan dengan akal pikiran yang mendalam.

Sehingga, seseorang yang lulus dari perkuliahannya akan cendrung lebih mengutamakan akal dari pada emosionalnya sehingga tindakan yang ia lakukan juga berdasarkan fakta.

3, Kreatif dan inovatif

Ada banyak sekali teman dari berbagai daerah yang berbeda dan selama kuliah kita di didik oleh dosen-dosen yang berkemampuan dibidangnya masing-masing.

Selama masa perkuliahan juga kita dilatih untuk mandiri dan lebih kreatif dalam melaksanakan berbagai tugas yang diberikan.

Alhasil, dari pergaulan, didikan dosen dan keterbiasaan mandiri dalam melaksanakan tugas membuat kita lebih kreatif dalam berbagai hal menyangkut bidang yang kita tekuni.

4, Mendapat title

Setelah menyelesaikan kuliah maka kita akan mendapatkan title sesuai dengan bidang masing-masing.

Dengan adanya title di belakang nama kita, kita tampak lebih cerdas dalam bidang yang kita pelajari dan dipandang lebih terhormat serte berwibawa.

Tapi… Hanya jika benar-benar melaksanakan kuliah dengan sungguh-sungguh.

5, Mendapat ijazah

Kuliah agar mudah mencari kerja termasuk tujuan yang baik, tapi kuliah untuk mencari ijazah semata adalah perbuatan yang salah.

Ijazah adalah salah satu manfaat dengan dilaksanakannya kuliah hingga selesai.

Singkatnya, ijazah adalah tanda bukti kemampuan yang kita miliki bahwa kita berkompeten dalam bidang yang kita tekuni.

Kesalahan dalam kuliah

  • Kuliah dengan tujuan yang tidak benar
  • Tidak melakukan kuliah dengan benar (tidak menuntut ilmu)
  • Banyak gaya dan gengsi
  • Terlalu banyak bermain-main dan bersantai-santai
  • Terlalu mudah menyerah
  • Menggunakan joky untuk mengerjakan skripsi
  • Berpacaran hingga malas kuliah
  • Bolos tanpa alasan yang tepat
  • Membeli ijazah padahal tidak kuliah.

Kesimpulan

Pada dasarnya kuliah adalah menuntut ilmu, dan setiap kita memiliki tujuan kuliah masing-masing. Entahkah itu agar mudah cari kerja, agar menambah relasi atau untuk membanggakan orang tua.

Namun satu hal yang pasti, selama masa perkuliahan kita harus mewarnai tujuan tersebut dengan menuntut ilmu dengan benar agar tujuan kuliah kita dapat terlaksana nantinya.

Ada banyak hambatan yang akan kita hadapi nantinya, dari mulai jumpa dosen yang Killer atau Bimbingan skripsi yang susah dan lain sebagainya.

Itu semua kembali pada diri sendiri, kita di tuntut untuk kreatif dalam menjalankan masa perkuluahan dan berpandai-pandai untuk menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Diluar sana ada banyak sekali orang yang menggunakan Joky untuk mengerjakan skripsinya. Maaf,,, anda tidak layak menyandang gelar sarjan.

Apapun alasannya, skripsi tersebut adalah tolak ukur seseorang tersebut layak atau tidak mendapatkan gelar sarjana.

Pesan saya:

Jika kita hendak menjadi seorang sarjana yang berkompeten maka belajarlah dengan baik. Utamakan kejujuran diatas segalanya dan perbaiki kekurangan diri.

Diluar sana ada banyak sekali dosen yang kejam terhadap mahasiswanya, tapi disisi lain itu menjadi latihan bagi kita untuk belajar mengambil hatinya agar bisa membimbing kita agar lebih baik.

Belajarlah dan hadapai berbagai rintangan.

Semoga artikel yang berjudul “Inilah Pengertian, 5 Manfaat Dan Tujuan Kuliah Yang Benar” bermanfaat bagi seluruh pembaca dan dapat menjadikan kita sebagai mahasiswa yang berkompeten dibedangnya masing-masing.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here