Offshore Adalah?… Pengertian Pekerjaan Offshore & Onshore

1192

Offshore Adalah,,, Pengertian Pekerjaan Offshore & Onshore

Offshore Adalah?… Pengertian Pekerjaan Offshore & Onshore – Pada pertemuan kali ini kita akan membahas pengertian offshore dan onshore secara singkat dan jelas.

Pengertian offshore

Pengertian offshore adalah lepas pantai atau didaerah yang tidak termasuk daerah pantai. Kata offshore berasal dari kata “Off “ yang berarti lepas dan kata “Shore” yang berarti pantai.

Secara sederhana offshore adalah daerah perairan atau lepas pantai.

Jika kita menemui pekerjaan offshore berarti pekerjaan tersebut dilakukan dipermukaan air, bukan didaratan atau permukaan tanah.

Contoh perusahaan offshore adalah perusahaan yang mengeksploitasi minyak bumi dan gas.

Dimana ada minyak bumi dan gas maka disitulah perusahaan mendirikan kilang untuk mengambil minyak bumi dan gas tersebut. Dan jika minyak bumi dan gas tersebut berada dibawah laut maka perusahaan akan membangun kilang di permukaan laut mengambil minyak bumi dan gas tersebut.

Jika tidak terlalu jauh, biasanya perusahaan membangun jalan yang menghubungkan kilang dengan pantai agar transfortasi ke lebih cepat.

Tapi jika jarak kilang minyak dengan pantai terlalu jauh maka transfortasi akan menggunakan helicopter dan kapal tertentu untuk membawa pekerja, peralatan dan hasil minyak bumi dan gas tersebut ke daratan.

Biasanya helicopter hanya untuk digunakan oleh orang-orang tertentu saja, seperti bos-bos besar dan untuk keperluan darurat.

Sedangkan kapal ukuran kecil digunakan untuk membawa orang atau pekerja kilang. Dan kapal besar digunakan untuk membawa barang seperi peralatan ataupun hasil minyak bumi dan gas.

Pembangunan offshore adalah pembangunan yang dilakukan diatas atau dipermukaan air, misalnya saja pembangunan kilang minyak diatas air, pembangunan hotel diatas air dan semacamnya.

Baca juga :

Pengertian onshore

Pengertian onshore adalah pantai atau didaratan atau kebalikan dari offshore. Jadi pekerjaan onshore adalah pekerjaan yang dilakukan didaratan seperti dipinggir pantai.

Misalnya saja pekerjaan penggalian minyak bumi dan gas yang ada berada didaratan ataupun pekerjaan lainnya yang dikerjakan didaratan.

Jika offshore menggunakan helicopter dan kapal untuk media transportasi, maka onshore menggunakan kendaraan roda 4 untuk media transportasinya seperti mobil dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Offshore dan onshore biasanya digunakan untuk pekerjaan atau perusahaan dalam bidang eksploitasi seperti kilang minyak dan gas.

Yang membedakan antara offshore dengan onshore hanya daerah perairan dan daratan. Offshore didaerah perairan sedangkan onshore didaerah daratan.

Semoga artikel singkat ini mudah dipahami dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here