Pengertian Piring Adalah?,,, Pengertian, Fungsi Dan Jenis-jenis Piring

353

Pengertian Piring Adalah,,, Pengertian, Fungsi Dan Jenis-jenis Piring

Pengertian Piring Adalah?,,, Pengertian, Fungsi Dan Jenis-jenis Piring – Apakah kamu sudah tau apa itu piring?…

Salah,,, sebagian besar orang salah dalam memahami apa itu piring. Yuk kita bahas apa itu piring yang sebenarnya.

Pengertian piring

Ada banyak sekali orang yang salah dalam memahami pengertian piring yang sebenarnya. Banyak yang mengartikan pengertian piring adalah alat untuk menampung makanan.

Meskipun hampir mendekati, tapi itu bukan pengertian piring yang sebanarnya, karena apa?…

Karena ada beberapa jenis piring yang digunakan bukan untuk menampung makanan melainkan menampung benda seperti piring kecil untuk menampung gelas, padahal gelas bukan makanan.

Lantas apa pengertian piring yang sebenarnya?…

Pengertian piring adalah sebuah alat untuk menampung sesuatu, baik untuk menampung gelas, kue, lauk, sayur ataupun nasi dan jenis makanan lainnya.

Memang pada umumnya piring banyak kita jumpai untuk menampung makanan tapi kita juga harus tau bahwa piring tidak hanya digunakan untuk menampung makanan semata, melainkan juga untuk menampung benda lain.

Fungsi piring

Pada umumnya fungsi piring adalah untuk menampung, baik benda ataupun makanan. Tapi secara spesifik fungsi piring bergantung pada jenis piring tersebut.

Misalnya saja piring teh maka fungsinya untuk menampung gelas, dan piring nasi fungsinya untuk menampung nasi dan lauk-pauk dan seterusnya.

Tapi ada juga piring yang digunakan untuk decorasi atau penghias ruangan saja, yaitu piring yang terbuat dari rotan.

Jadi,,, Dapat disimpulkan bahwa fungsi piring tidak hanya sebatas untuk menampung sesuatu saja melainkan fungsinya amat luas, bergantung bagaimana kita memanfaatkan piring tersebut.

Tapi yang paling umum, ya untuk menampung sesuatu.

Jenis-jenis piring

Jenis-jenis piring dapat terbagi menjadi beberapa jenis, dan bergantung dari mana kita memandang piring tersebut.

Jenis piring dari segi bahan

Piring kaca adalah piring yang terbuat dari bahan kaca, biasanya piring kaca berwarna bening dan rentan terhadap benturan keras tapi tahan terkena panas api. Piring seperti ini biasanya sering kita jumpai pada acara resepsi pernikahan.

Piring batu adalah piring yang terbuat dari tanah yang dipanaskan sehingga tampak seperti batu keramik. Sama halnya dengan piring kaca, piring batu juga rentan sekali terhadap benturan keras tapi tahan terhadap panas api.

Piring seng adalah piring yang terbuat dari bahan seperti seng sehingga lebih tahan banting dan tahan panas. Dari pada jenis piring lainnya, piring seng termasuk piring yang paling kuat dan tahan lama.

Piring plastik adalah piring yang terbuat dari bahan plastik, dan banyak aneka pilihan warna pada jenis piring plastik ini. Piring plastik lebih tahan terhadap benturan keras tapi rentah terhadap panas api karena terbuat dari plastik yang dapat meleleh jika terkena panas.

Piring kayu adalah piring yang terbuat dari bahan kayu, biasanya bentuk bulat dan warna coklat mengkilap. Saya sendiri jarang menjumpai piring ini untuk makan, tapi pernah melihat piring ini digunakan sebagai dekorasi atau hiasan.

Piring rotan adalah piring yang terbuat dari bahan rotan yang dianyam hingga berbentuk bulat dan melengkung seperti piring pada umumnya. Piring jenis ini hanya bisa di isi dengan nasi tapi tidak bisa di isi dengan sayur karena terdapat lubang-lubang kecil pada piring jenis ini. Piring rotan juga sering digunakan untuk menghias ruangan agar tampak lebih cantik dan berseni.

Jenis piring dari segi ukuran

Piring kecil adalah piring yang berukuran kecil, biasanya piring kecil ini digunakan untuk piring teh atau piring kue yang sudah dipotong-potong.

Piring tanggung adalah piring yang berukuran sedikit lebih besar dari pada piring kecil. Dengan ukuran yang lebih besar sehingga dapat menampung lebih banyak makanan dan dapat digunakan untuk menghidangkan laut.

Piring makan adalah piring yang sedikit lebih besar dari pada piring tanggung dan biasa dipergunakan untuk makan. Piring makan yang paling banyak dijumpai biasanya terbuat dari bahan plastik atau seng, untuk piring makan yang terbuat tanah atau kaca biasanya sedikit lebih kecil dari pada piring makan biasanya tapi lebih besar dari pada piring tanggung.

Piring besar adalah piring yang berukuran besar, biasanya piring besar ini digunakan untuk menghidangkan lauk-pauk dimeja makan.

Jenis piring dari segi bentuk

Piring bulat adalah piring yang berbentuk bulat sebagaimana piring pada umumnya.

Piring lonjong adalah piring yang berbentuk bulat tapi sedikit lonjong, biasanya piring seperti ini berukuran besar dan digunakan untuk menghidangkan lauk-pauk.

Piring kotak adalah piring yang berbentuk kotak, biasanya piring seperti ini adalah piring batu dan digunakan untuk makan direstoran.

Buat yang mau beli piring, silahkan kunjungi DISINI.

Itulah tadi pengertian, fungsi dan jenis-jenis piring yang ditinjau dari bahan, ukuran dan bentuk piring yang pernah kita jumpai.

Semoga artikel “Pengertian Piring Adalah?,,, Pengertian, Fungsi Dan Jenis-jenis Piring” ini bermanfaat bagi pembaca, terima kasih dan salam pelajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here