13 Plugin WordPress Seo Terbaik Untuk Meningkatkan Performa Blog

87

Plugin WordPress Seo Terbaik Untuk Meningkatkan Performa Blog

Menggunakan plugin wordpress seo terbaik merupakan salah satu kunci untuk menunjang keberhasilan seorang blogger.

Dan itulah kenapa saya lebih memilih menggunakan platform wordpress dari pada blogger, meskipun harus keluar modal untuk menyewa hosting atau membeli plugin.

Dan pada pertemuan kali ini, saya akan membagikan beberapa plugin yang sudah pernah saya gunakan sendiri, baik untuk seo maupun non seo.

Plugin WordPress Seo Terbaik

1, Yoast seo

Plugin WordPress Seo yang pertama adalah Yoast seo, salah satu plugin terbaik untuk meningkatkan kualitas seo pada sebuah artikel.

Ada 3 jenis konten yang harus kita pahami, yaitu:

  1. Artikel dengan seo semata
  2. Artikel yang baik dimata pembaca tapi tanpa seo
  3. Artikel yang baik dimata pembaca tapi tetap menggunakan seo

Dari ketiga jenis artikel diatas, mena yang lebih baik?…

Sudah pasti artikel yang ke 3.

Dan artikel seperti inilah yang akan menduduki halaman pertama pada mesin pencari google dan mesin pencari yang lain.

Jadi pastikan artikel yang kita tulis mudah dipahami dan nyaman untuk dibaca, serta gunakan teknik-teknik seo agar artikel yang kita tulis masuk dihalaman pertama google.

Yoast seo ini ada yang gratis dan berbayar, saya hanya pernah mencoba versi gratis dan saya rasa amat bagus untuk digunakan.

Jika kita melakukan penulisan dengan teknik seo yang benar maka lampu penanda akan berwarna hijau tapi jika artikel kita tidak dibuat dengan seo yang benar maka lampu penanda akan berwarna merah.

Selain itu, akan ada peringatan dimana letak kesalahan seo yang kita gunakan agar kita dapat segera memperbaikinya agar seo pada artikel kita lebih sempurnya.

2, Rank math

Plugin WordPress Seo yang lebih baik dari pada yoas seo adalah rank math. Pada awal-awal membuat blog, saya meningkatkan seo artikel saya menggunakan yoast seo, tapi sekarang ini tidak lagi. Kenapa?…

Karena saya sudah berganti menggunakan Rank Math yang saya rasa jauh lebih baik.

Dari segi cara kerja, yoast seo dengan rank math hampir sama yaitu berisikan algoritma seo pada artikel. Tapi dari sisi lain, rank math menawarkan fitur-fitur yang lebih unggul dari pada yoas seo gratis.

Menurut sebagian besar pendapat blogger senior, rank math menawarkan fitur-fitur yang ada pada yoast seo premium.

Salah satu fitur rank math yang ada pada yoas seo premium adalah fokus keyword yang bisa digunakan lebih dari 1.

Selain itu, rank math juga menjelaskan seo pada artikel dalam bentuk angka. Jadi kita bisa memahami berapa poin teknik seo yang kita gunakan pada sebuah artikel.

Misalnya saja berapa nilai seo pada link keluar dan link masuk, berapa nilai seo pada fokus keyword yang ada pada gambar, berapa nilai seo pada url dan lain sebagainya.

Jadi dengan menggunakan rank math kita bisa paham bagaimana google menilai sebuah artikel dan artikel bagaimana yang akan dimunculkan google pada halaman pertama.

Buat yang belum coba, silahkan coba DISINI sekarang dan rasakan hasilnya.

3, Open external links in a new window

Plugin WordPress Seo untuk meningkatkan bounce rate adalah Open external links in a new window. Ini adalah plugin yang berfungsi untuk membuka setiap link keluar menjadi new tab.

Setiap pengunjung yang membuka link keluar pada blog kita maka mereka akan diarahkan ke jendela baru di browser mereka tanpa keluar dari halaman blog kita.

Google menilai sebuah artikel berdasarnya berapa lama pengunjung membaca artikel tersebut. Jika pengunjung lama membaca artikel berarti artikel tersebut berkualitas dimata google dan begitu sebaliknya.

Jika seseorang baru saja membuka artikel tapi langsung menutupnya berarti artikel tersebut tidak berkualitas karena nampak dari aktivitas orang yang tidak ingin membacanya.

Jika pengunjung mengklik link keluar pada artikel kita maka mereka akan jendela borwser baru sehingga artikel kita tidak ditutup, dengan begitu artikel kita akan lebih lama dibuka dari pada jika di klik iklan keluar maka berpindah ke link keluar tersebut tanpa membuka jendela baru.

4, Really Simple SSL

Really simple SSL adalah plugin yang berfungsi untuk mengarahkan HTTP ke HTTPS, penggunaannya cukup mudah.

Kita hanya perlu menggunakan ssl gratis dari penyedia hosting kita, setelah itu arahkan ke dns-01 dan mengisntal plugin Really simple SSL maka domain kita akan otomatis menjadi https.

5, AdSense Invalid Click Protector

AdSense Invalid Click Protector adalah plugin untuk melindungi blog kita dari tangan orang yang iri pada kita.

Diluar sana ada banyak sekali blogger yang bermain curang, mereka menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan saingannya. Termasuk salah satunya mengklik iklan berkali-kali agar adsense pemilik blog tersebut di banned.

Dan untuk melindungi blog kita dari orang seperti ini, kita dapat menggunakan AdSense Invalid Click Protector sebagai plugin pembatas klik.

AdSense Invalid Click Protector membatasi klik pada ip yang sama dihari yang sama agar tidak ada yang bisa mengklik iklan secara berlebihan.

Kita dapat membatasi 3 klik dihari yang sama dengan ip yang sama, jadi jika ada orang yang membuka blog kita dan ia sudah mengklik iklan sebanyak 3 kali. Iklan yang ke 4 tidak akan muncul di ip tersebut sehingga ia tidak bisa mengganggu adsense kita.

6, Quick Adsense

Quick Adsense adalah plugin untuk menempelkan kode adsense dalam postingan artikel.

Dengan plugin ini kita dapat menempatkan kode adsense pada paragraph pertama, kedua atau ditengah-tengah postingan.

Baca juga :

7, All In One Wp-Migration

All In One Wp-Migration adalah plugin untuk migrasi dari domain yang satu ke domain yang lain.

Misalnya saja kita membuat blog A, setelah itu kita ingin memindahkan data pada blog A ke blog B maka kita dapat mengekstrak file pada blog A dengan All In One Wp-Migration dan mengimport file yang diekstrak tadi di blog B.

Maka seluruh isi data pada blog B akan sama dengan blog A.

Biasanya plugin ini saya gunakan untuk membuat blog yang banyak dengan pengaturan yang sama.

Saya cukup melakukan setinggan pada blog yang pertama setelah itu saya ekstrak seluruh file pada blog tersebut.

Selanjutnya saya tinggal membuat blog yang kedua dan mengimport file yang diekstrak tadi dan tampilan dan pengaturan blog yang kedua akan sama dengan blog yang pertama dan begitu seterusnya.

8, Contact form 7

Contact form 7 adalah plugin untuk membuat form contact atau halaman kontak pada blog kita.

Kita cukup menginstal plugin Contact form 7 setelah itu melakukan settingan dan mengambil kode pada settingan tersebut dan menempelkannya pada halaman kontak maka dengan otomatis halaman kontak akan tampak seperti gambar berikut:

Tampilan contact pada blog

9, Wp-optimize

Wp-optimize adalah salah satu plugin seo yang cukup bagus, plugin ini juga dapat mempercepat loading blog kita.

Wp-optimize ini bekerja dengan cara mengoptimalkan database pada hosting yang kita gunakan sehingga kita tidak perlu repot-repot mengutak-atik database yang ada dihosting.

Ketika kita menulis artikel, dalam beberapa detik artikel akan tersimpan secara otomatis di draft agar jika tiba-tiba mati listrik maka tuliskan kita tidak hilang meski kita belum menekan tombol Simpan.

Tapi dari sisi lain, fitur ini akan menimbulkan pembangkakah pada database di hosting kita. Nah,,, disinilah peran penting dari Wp-optimize agar database kita tidak membangkak hingga memberatka loading blog.

10, Smush

Smush adalah plugin yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading halaman artikel kita.

Cara kerja Smush ini adalah dengan mengurangi beban pada gambar yang kita gunakan sehingga ketika loading artikel maka dapat lebih cepat dari pada sebelumnya.

Tapi meskipun beban gambar sudah dikurangi namun tidak mengurangi kualitas gambar sehingga gambar masih terlihat bagus dan jelas.

11, WP Super Cache

WP Super Cache juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan pada loading blog kita, namun dengan cara kerja yang berbeda dengan smush.

Konsep WP Super Cache adalah menyimpan data yang pernah dibuka sebelumnya sehingga ketika data yang sama dibuka untuk kedua kalinya maka loading akan lebih cepat dari pada pertama kalinya.

Untuk pengunjung yang pertama kali mengunjung blog kita, fitur ini tidak terasa apa-apa. Tapi jika mereka membuka blog kita untuk kedua kalinya (Return Visitor) maka kecepatan loadingnya akan sangat berbeda dan hal ini juga menjadi nilai plus dimata google.

12, Gembloong

Gembloong adalah salah satu plugin untuk membuat artikel secara otomatis, cukup sekali tekan maka ribuan artikel akan terbuat secara instan.

Gembloong biasanya digunakan untuk membuat blog wallpaper, plugin ini mengambil gambar dan teks dari blog orang lain. Setelah itu plugin ini akan mengubah gambar dan teks tersebut menjadi sebuah artikel yang berbeda dari pada artikel aslinya.

Untuk blogger pemula sangat tidak saya sarankan karena ada banyak settingan yang harus dilakukan dan kemungkinan berhasil menggunakan plugin ini juga sangat kecil jika tidak menggunakan pengamatan yang tajam serta pengalaman yang memadai.

Selain itu, plugin ini berbayar dan menggunakannya harus dilengkapi dengan plugin lain yang berbayar juga seperti ahrefs, semrush dll.

13, Wp-Safelink

Wp-Safelink adalah plugin yang digunakan untuk membuat safelink blog dengan instan tanpa harus mengutak-atik koding.

Biasanya Wp-Safelink banyak digunakan oleh blogger yang membuat blog download seperti blog download mp3.

Misalnya blog A adalah blog download, jika pengunjung menekan tombol download di blog A maka mereka akan diarahkan ke blog B yang berisikan iklan-iklan setelah itu baru muncul tombol diblog B. Jika tombol tersebut ditekan maka file mp3 akan terdownload.

Untuk Demo wp-safelink silahkan lihat DISINI, silahkan tekan tombol download pada salah satu artikel maka anda akan diarahkan ke wp-safelink atau blog lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa plugin wordpress seo terbaik yang pernah saya gunakan.

Salah satu alasan saya memilih wordpress dari pada blogger karena fitur plugin beraneka ragam yang dapat kita gunakan untuk mempercepat perkembangan blog kita.

Dan daftar plugin wordpress seo diatas adalah plugin-plugin yang biasa saya gunakan hingga sekarang. Meskipun ada beberapa plugin yang tidak saya gunakan lagi.

Perlu jadi catatan

Terlalu banyak menggunakan plugin maka akan mempengaruhi kecepatan atau loading blog kita.

Jadi kita tetap harus mempertimbangkan plugin mana yang harus kita gunakan dan mana yang tidak harus kita gunakan.

Gunakan plugin sesuai dengan kebutuhan dan seperlunya saja.

Meski bagus tapi tidak semua dapat mengoptimalkan blog kita karena setiap blogger pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.

Semoga artikel “Plugin WordPress Seo Terbaik Untuk Meningkatkan Performa Blog” ini bermanfaat bagi seluruh pengguna wordpress dan menjadi pertimbangan bagi blogger baru untuk menggunakan blogger atau wordpress.

Terima kasih dan salam blogger.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here