Puasa Senin Kamis ( Niat, Tata Cara, Keistimewaan dan Keutama’an )

131
Puasa adalah menahan diri dari lapar dan dahaga, selain menahan diri dari lapar dan dahaga puasa juga mengajarkan untuk mehan diri dari nafsu dunia, puasa juga dapat diartikan sebagai aktifitas untuk menahan apa apa saja yang dilarangnya, puasa juga mengajarkan kita untuk ikut merasakan apa yang dirasakan oleh saudara kita yang kekurangan.
Puasa Senin Kamis adalah puasa yang waktu pelaksanaan-nya setiap hari senin dan kamis. Hukum puasa senin kamis adalah SUNNAH. Disini kami akan menjelaskan secara jelas bagaimana niat puasa senin kamis, tata cara menjalankan puasa senin kamis, dan keutamaan apa saja yang di dapat oleh seseorang yang melaksanakan puasa senin kamis.

NIAT PUASA SUNNAH

Berikut kami sajikan bacaan niat puasa sunnah senin kamis beserta artinya.

Puasa Senin :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : ” Saya berniat puasa senin karena Allah ta’ala ”

Puasa Kamis :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : ” Saya berniat puasa kamis karena Allah ta’ala ”

Tata Cara Melaksanakan Puasa Sunnah Senin Kamis

Tata cara melaksanakan puasa sunnah senin kamis tidak jauh berbeda dengan tata cara melakaanakan puasa lainnya, berikut kami paparkan tata cara melaksanakan puasa senin kamis :

1. Membaca Niat

Membaca niat puasa sunnah ataupun wajib alangkah baiknya dan seharusnya dibaca pada malam hari ketika sahur sebelum terbitnya fajar, ketika niat telah diucapkan berarti telah mulailah dengan niat yang tulus karena Allah ta’ala kita melaksanakan puasa.

2. Makan Sahur

Makan sahur adalah salah satu sunnah puasa yang sangat dianjurkan, apabila kita melaksanakannya kita akan mendapatkan tambahan pahala, jika tidak melaksanakannya dengan alasan karena bangun kesiangan puasa akan tetap sah.

3. Menahan Diri dari hal-hal yang Membatalkan

Puasa sendiri memiliki aturannya, adapun aturan aturan dalam puasa tersebut adalah kita diharuskan menghindari apa apa saja yang membatalkan puasa, misalnya saja makan minum dengan sengaja, berhubungan badan di siang hari dan lain sebagainya. Hal ini harus kita jaga dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari ( waktu berbuka tiba/adzan maghrib )

4. Berbuka Puasa

Berbuka adalah membatalkan puasa kita karena telah memasuki waktu dimana matahari telah terbenam dan memasuki adzan maghrib. Di dalam hadist tidak dijelaskan bagaimana bacaan berbuka puasa sunnah senin kamis, jadi di anjurkan untuk membaca do’a berbuka seperti biasanya, menyegerakan berbuka adalah salah satu sunnahnya puasa.

KeIstimewaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Setiap ibadah yang kita lakukan pasti mempunyai nilai keistimewaan, berikut adalah keistimewaan puasa senin kamis :

1. Rasulullah Muhammad SAW Selalu Melakukannya

Aisyah r.a menjelaskan bahwa rasulullah selalu rutin menjalankan puasa senin kamis.

Dari Aisyah r.a beliau berkata, ” Bahwa Nabi Muhammad SAW selalu menjaga puasa senin dan kamis ”
HR Tirmidzi dan Ahmad ( Sahih )

2. Hari Senin adalah Hari yang Istimewa

Rasulullah SAW dilahirkan pada hari senin dan ketika Rasulullah SAW mendapatkan wahyu pertama kali juga terjadi pada hari senin.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Nabi di tanya tentang puasa hari senin, maka beliau bersabda : ” itu adalah hari kelahiranku dan pada hari itu wahyu diturunkan kepadaku ”
HR Muslim ( Sahih )

3. Amal Diperlihatkan Pada Hari Senin dan Kamis

Pada hari senin dan kamis amal manusia diperlihatkan kepada Allah ta’ala maka beruntungnya kita jika sedang dalam keadaan berpuasa.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

” Diperlihatkan amal amal pada setiap hari kamis dan senin, maka aku ingin amalku diperlihatkan pada saat aku sedang berpuasa ”
HR Tirmidzi ( Sahih )

4. Dibukanya Pintu Pintu Surga
Pada hari senin dan kamislah seluruh pintu pintu surga dibuka, jadi betapa beruntungnya mereka yang berpuasa ketika pintu pintu surga dibuka.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

“Pintu pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Maka swnua hamba Allah yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan.”
HR MUSLIM ( SAHIH )

Fadhilah/Keutamaan Puasa Senin Kamis

Ada banyak fadhilah atau keutamaan puasa senin kamis, diantaranya :

1. Dapat Menjadi Perisai Bagi Kejiwaan Seseorang
2. Melatih Diri Untuk Memiliki Sifat Disiplin
3. Dapat Terhindar Dari Godaan Syaitan
4. Dapat Meningkatkan Amalan
5. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur
6. Sangat Berpengaruh Pada Kesehatan
7. Meningkatkan keImanan Kita

Alhamdulillah setelah membaca artikel tersebut apakah kita sudah mulai termotivasi untuk melaksanakan amalan sunnah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita di dunia dan di akhirat kelak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here