8 Tips Membuat Blog Agar Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog

208

Tips Membuat Blog Agar Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebelum membuat blog, kita harus membaca tips membuat blog ini terlebih dulu. Kenapa?…

Karena jika kita memutuskan untuk membuat blog, tentu kita berharap sukses menjadi seorang blogger yang berpenghasilan bukan!…

Tapi pada kenyataannya berbeda… Banyak sekali blogger pemula yang gagal dalam mengembangkan blognya, mereka mundur dalam hitungan 6 bulan pertama.

Agar kita tidak melakukan hal yang sama, maka saya akan membagikan tips membuat blog sebagai berikut:

Tips Membuat Blog

Tips membuat blog 1: Jangan terlalu mengejar uang

Pada awalnya motivasi saya membuat blog adalah uang, dan setelah saya jalani ternyata itu SALAH.

Tau kenapa?…

Karena jika kita terlalu mengejar uang maka kita justru banyak melakukan kesalahan dalam membangun blog kita.

Kita akan cendrung berfikir untuk cepat menghasilkan uang dari blog kita, tidak perduli apakah cara tersebut dibenarkan pemerintah atau tidak, dibenarkan agama atau tidak, merugikan orang lain atau tidak.

Kita akan terbakar nafsu untuk menghasilkan uang seperti blogger-blogger yang sudah terkenal, kita rela mengeluarkan uang untuk beli backlink mahal, kita rela mengeluarkan uang untuk daftar jadi member premium, kita rela mengeluarkan uang untuk beli aplikasi bot hingga kita lupa dan lalai untuk membuat conten yang bermanfaat bagi orang lain.

Tapi berbeda halnya jika kita membuat blog untuk berbagi, kita akan lebih senang membuat conten yang mengandung manfaat bagi orang lain meskipun harus menambah saingan, meskipun tidak banyak yang nyari, meskipun tidak mendatangkan uang.

Tapi setelah sekian lama membuat conten dan ada orang lain yang terbantu dengan conten yang kita buat, maka disitulah kita sukses dan mendapatkan hasil dari jerih payah kita.

Sebagian besar blogger baru gagal bukan karena mereka tidak mampu, tapi kerena mereka tidak sabar dan terlalu mengejar uang.

Selama berbulan-bulan mereka membuat konten tapi penghasilan tidak kunjung datang sehingga mereka bosan dan memilih untuk meninggalkan dunia blogger.

Sukses didunia blogger itu tidak bisa instan, tidak bisa cepat, tidak bisa langsung dapet penghasilan ratusan juta perbulan.

Semua itu butuh proses, butuh waktu, butuh pengorban, butuh perjuangan yang panjang.

Oleh karena itu, silahkan saja berharap mendapatkan uang dari blog tapi jangan sampai harapan tersebut malah membuat kita bosan dan lalai akan fungsi dan manfaat dari blog yang kita buat yaitu berbagi informasi.

Tips membuat blog 2: Konsisten

Kunci keberhasilan seorang blogger terletak pada seberapa konsisten ia menjadi seorang blogger.

Jika dalam waktu 3 atau 4 bulan kita belum mendapatkan penghasilan dan kita tidak konsisten, kita memilih kerja lain dari pada melanjutkan usaha untuk membangun blog kita.

Maka apapun jenis kerjaannya kita tidak akan pernah berhasil, baik didunia blogger ataupun usaha yang lain.

Karena dalam dunia blogger, 6 bulan pertama itu bisa dibilang masa-masa paling sulit bagi blogger baru. Disitulah kita membangun kepercayaan google terhadap blog kita.

Disitulah seorang blogger belajar dan bekerja keras agar tetap konsisten membuat artikel, tapi setelah masa itu berlalu maka disitulah nikmat dari hasil dari perjuangan kita.

Separah-parahnya orang, ia tetap akan menerima penghasilan dari blognya, hanya saja soal berapa lama baru mendapatkan penghasilan tersebut yang tidak dapat dipastikan.

Ada orang yang menerima penghasilan setelah 3 bulan sejak awal membuat blog, ada yang 6 bulan, ada yang 1 tahun dan ada yang lebih dari itu.

Bergantung pada kemampuang masing-masing dan seberapa sering kita update conten.

Tips membuat blog 3: Terus belajar

Semua informasi sudah terpapar di internet, tergantung kitanya yang mau mempelajarinya atau tidak.

Jika kita berharap ada orang yang mau mengajari kita sampai bisa, bersiaplah karena anda akan KECEWA.

Jika anda berhasil didunia blogger dengan trik anda sendiri, apakah anda akan membagikan trik itu kepada orang lain?…

Tentu saja tidak bukan!…

Meskipun ada orang lain yang mau membagikan ilmunya, tapi itu hanya sebagian kecil dari ilmunya dan terkadang sedikit membingungkan untuk dipraktekkan.

Meskipun diluar sana ada orang yang akan membagikan ilmuanya, tapi ia tidak punya waktu untuk melayani pertanyaan-pertanyaan kita.

Meskipun diluar sana ada banyak sekali orang yang membuka private blog, tapi terkadang hanya memberikan materi-materi saja, untuk prakteknya kita tetap harus melakukan sendiri.

Jadi,,, seorang blogger itu harus mandiri dan panda-pandai dalam mengembangkan ilmu dan creativitasnya masing-masing.

Kita dituntut untuk belajar autodidak dan mandiri.

Tapi untuk teman-teman yang mencari private blog yang terpercaya, silahkan kunjungi Channel TIMON ADIYOSO.

Beliau termasuk orang yang amat baik, recomended lah untuk blogger pemula. Tapi kita juga harus tetap belajar autodidak.

Baca juga :

Tips membuat blog 4: Jangan berbuat curang

Jika diamati, banyak sekali blogger yang menggunakan cara curang untuk mendapatkan uang dari blognya, baik blogger pemula ataupun senior.

Entah itu copy paste conten, menyebar link spam, membuat pengunjung bot atau lain sebagainya yang padahal semua itu dilarang oleh pihak google, pemerintah dan dapat merugikan orang lain.

Diluar sana ada banyak sekali orang yang menawarkan berbagai tips dan trik, dari mulai yang dibenarkan oleh pihak google hingga yang dilarang.

Terkadang trik tersebut memang berhasil, tapi percayalah bahwa itu tidak akan bertahan lama.

Buat anda yang baru terjun kedunia blogger, sebaiknya hindari cara-cara curang. Jangan sampai kita melakukan hal-hal yang dilarang pihak google, pemerintah dan agama.

Kita adalah makhluk beragama meskipun berbeda keyakinan, kita tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat merugikan orang lain.

Mungkin pihak google tidak tau, tapi percayalah bahwa Tuhan mengetahuinya. Dan rezeki yang kita terima adalah pemberian dari Tuhan.

Jika kita melakukan kecurangan dan Tuhan marah?… Lantas apa yang akan terjadi?…

Tentu saja kehancuran pada diri kita, keluarga kita dan orang-orang disekitar kita.

Jadi apapun yang terjadi, jangan pernah melakukan hal-hal curang yang dapat merugikan orang lain atau diri kita sendiri yang akan merugi.

Tips membuat blog 5: Terus membuat conten yang teratur

Keberhasilan seorang blogger bergantung pada kemampuannya membuat artikel dan seberapa rajin ia membuat artikel.

Saya sarankan untuk membuat konten setiap hari, minimal 1 hari 1 artikel dengan kualitas artikel yang bagus dan lengkap.

Tapi jika 1 hari bisa membuat 3 artikel atau lebih banyak, tentu lebih baik dan akan lebih cepat mendatangkan penghasilan.

Tips membuat blog 6: Membangun hubungan dengan blogger lain

Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, termasuk juga didunia blogger. Kita harus membangun hubungan dengan blogger-blogger lain yang dapat dipercaya.

Jika kita ada masalah, kita dapat menggunakan jasa mereka untuk menolong kita atau kita aktif bertanya-tanya kepada mereka agar mereka mengenali kita.

Dan kita juga harus berlangganan blog mereka untuk memantau perkembangan blog orang lain. Siapa tau ada trik baru yang mereka gunakan maka dapat kita coba pada blog kita.

Tips membuat blog 7: Membantu orang lain

Jika kita membantu orang lain dan ada orang yang berhutang budi pada kita maka mereka akan berupaya membalas jasa kita.

Jadi jangan ragu untuk membantu orang lain atau membimbing blogger baru, jangan takut mereka jadi saingan, jangan takut mereka akan mengurangi penghasilan kita karena sesungguhnya mereka akan menjadi teman dan membantu kita juga kelak.

Selain itu, jika kita membantu orang lain maka Tuhan akan membantu dan memudahkan segala urusan kita. Maka jangan ragu untuk membantu orang lain.

Tips membuat blog 8: Berbagi ilmu yang bermanfaat

Sebelum kita membuat artikel, sebaiknya kita perhatikan 10 besar dari artikel saingan kita. Kita baca secara sekilas dan perhatikan perbedaan diantara setiap artikel.

Jika artikel yang duduk diperingkat pertama google memiliki 1000 kata, maka sebaiknya kita membuat artikel 1500 kata atau lebih tapi tetap mengutamakan manfaat dari pada banyak kata.

Sebab 1500 kata tidak menjamin dapat mengalahkan 1000 kata jika hanya berbelit-belit atau tidak mengandung manfaat.

Pastikan artikel kita lebih lengkap, lebih mudah dipahami dan banyak mengandung manfaat.

Hindari menggunakan kata yang berbelit-belit agar tidak membuat bosan pembaca kita.

Kesimpulan

Pada dasarnya membuat blog itu mudah jika kita menjalaninya dengan benar, tapi akan terasa sulit jika kita menjalani dan membuat blog dengan cara yang salah.

Dan sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, membutuhkan proses dan perjuangan yang panjang.

Jika diperhatikan, membuat blog ini bisa dibilang adalah sebuah usaha yang pasti berhasil selama kita konsisten dan terus belajar, baik belajar dari dari orang lain, autodidak atau belajar dari kesalahan.

Hindarilah mengejar uang yang berlebihan karena itu akan membuat kita melupakan arti dan manfaat sebuah blog yang sebenarnya.

Perbanyaklah membantu orang lain, jagalah hubungan dengan blogger lain serta jangan lupa berdoa sebelum membuat artikel karena pada hakikatnya rezeki datang dari Yang Maha Kuasa.

Semogaa artikel “Tips Membuat Blog Agar Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog” dapat membantu para blogger baru dan semoga kita dapat berhasil bersama-sama didunia blogger.

Terima kasih dan salam blogger.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here