9 Tips Memilih Nama Domain?… Cara Benar Memilih Nama Domain

92

Tips memilih nama domain

Segala sesuatu itu penting didunia blogger itu penting, baik memilih domain, artikel, kecepatan blog, tema dan lain sebagainya.

Sebagian besar blogger pemula mengabaikan tips memilih nama domain sehingga blog mereka susah berkembang.

Sudah lama ngeblog, tapi pengunjung tidak meningkat-meningkat hingga akhirnya mereka jenuh dan memutuskan untuk keluar dari dunia blogger.

Jadi… jika anda ingin membuat blog dan berhasil didunia blogger maka pastikan anda memperhatikan secara ditail segala sesuatunya, termasuk memilih nama domain anda.

Tips memilih nama domain

Tips memilih nama domain 1: Jangan gunakan domain gratis

Banyak blogger baru yang ingin membuat blog tapi tidak ingin keluar modal sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan domain gratisan seperti .ml, .tk dan lain sebagainya.

Jika hanya untuk coba-coba ya silahkan saja. Tapi untuk yang ingin serius membuat blog sebaiknya jangan.

Domain gratis biasanya kurang dipercaya google, karena gratis jadi banyak yang menggunakan dan sebagian besar digunakan untuk keperluan spam, keperluan uji coba trik atau untuk keperluan lain sebagainya yang mengarah kepada trik-trik yang dilarang pihak google.

Karena kebanyakan yang menggunakan domain gratis untuk kepentingan yang dilarang google sehingga google tidak mudah percaya kepada domain lain yg sejenis.

Jika kita menggunakan domain gratis, biasanya blog kita susah berkembang karena kurang dipercaya google.

Pastikan kita membeli domain yang berbayar.

Tips memilih nama domain 2: Gunakan extension .com

Menurut beberapa pendapat blogger senior, orang Indonesia lebih mudah mengingat nama domain dengan extension .com dari pada yang lain.

Contoh sederhana, misalnya saja kita membuat nama domain psikolif.net. Nah,, jika mereka ingin mengunjungi blog kita maka kemungkinan besar mereka akan mengetikan pencarian psikolif.com sementara domain kita psikolif.net.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita menggunakan extensi domain .com dari pada yang lain.

Tips memilih nama domain 3: Gunakan kod dan brand pada domain

Kod (Keyword on domain) adalah domain yang dikutip dari keyword yang ditargetkan. Misalnya saja kita akan membuat blog download lagu, kita dapat membuat domainnya sebagai berikut:

  • Gudanglagu.com
  • Downloadlagu.com
  • Downloadmusik.com dan lain sebagainya.

Sedangkan brand adalah nama domain tersebut yang kita kembangkan hingga terkenal sehingga melambangkan situs kita.

Misalnya saja samehadaku.tv, itu adalah situs anime yang terpercaya. Jadi setiap orang yang mau download anime sub indo gak perlu cari kesana-kemari lagi, cukup mengunjungi samehadaku.net.

Untuk kod, sebaiknya jangan terlalu memaksakan menggunakan nama domain kod hingga mengabaikan hal-hal lain yang dapat merusak nama domain tapi jika masih bisa menggunakan kod tentu akan lebih baik.

Alternative dari kod adalah brand, jika blog kita dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan ada orang yang tertolong maka mereka akan mempromosikan blog kita kepada teman-temannya.

Sehingga cepat atau lambat blog kita akan jadi terkenal. Namun tentu saja itu butuh waktu yang panjang.

Tips memilih nama domain 4: Jumlah huruf pada domain

Seperti yang saya jelaskan diatas, jangan terlalu memaksakan kod karena ada pertimbangan lain yang harus kita perhitungkan yaitu Jumlah huruf pada domain.

Nama domain yang panjang akan menyulitkan orang lain untuk mengingat nama domain tersebut.

Jadi pastikan nama domain yang kita gunakan tidak lebih dari 10 huruf, lebih 1 atau 2 huruf tidak masalah selama domain tersebut mudah untuk diingat dan diucap.

Tips memilih nama domain 5: Tidak penghubung atau angka pada domain

Sebaiknya jangan menggunakan angka atau penghubung yang menyulitkan pengetikan. Jangan menggunakan 2 suku kata yang dihubungkan dengan tanda penghubung.

Contoh 2 suku kata yang dihubungkan dengan penghubung : Kota-datar.com

Cukup 1 kata yang mudah diketik sehingga memudahkan untuk mengingat dan mengetikkan nama domain tersebut.

Jika kita hendak menggunakan angka, sebaiknya gabungan angka dengan huruf harus tepat dalam penyebutannya.

Misalnya saja lk21 atau bagas31. Meskipun menggunakan angka tapi angka tersebut masih menyatu dengan huruf pada domain tersebut sehingga mudah dan cocok untuk diucapkan.

Tips memilih nama domain 6: Gunakan nama domain yang kece dan unik

Ciri khas Indonesia adalah menyukai berbagai hal yang kece dan unik, termasuk juga nama domain.

Jadi sebaiknya kita membuat nama domain yang sedikit nyentrik atau kece agar menarik perhatian pembaca.

Tapi jangan sampai nama domain tersebut malah mengurangi kepercayaan pembaca terhadap kebenaran artikel yang kita tulis.

Domainnya kece tapi tetap dipercaya oleh pembaca.

Baca juga :

Tips memilih nama domain 7: Tidak sulit diingat dan diucap

Jika saya amati, banyak blogger baru yang membuat nama domain yang pendek, unik dan kece tapi terlalu sulit untuk diingat dan diucap sehingga membingungkan orang lain.

Contohnya saja kuyhaa,me

Saya rasa domain tersebut bagus tapi sedikit sulit untuk diucapkan, jika kita menyarankan orang lain untuk mengunjung blog tersebut maka ada kemungkinan teman kita salah dalam melakukan penulisan di mesin pencari google.

Kemungkinan mereka akan menuliskan kuya.com atau kuyha.com saja karena itu yang mereka dengan dan mereka tangkap dalam pikiran mereka.

Jadi pastikan nama domain yang akan kita gunakan mudah diingat dan diucapkan agar domain kita lebih mudah dipromosikan oleh pengunjung setia kita nantinya.

Tips memilih nama domain 8: Tidak pernah digunakan oleh orang lain

Jangan pernah menggunakan nama domain yang sudah pernah digunakan oleh orang lain.

Karena domain yang pernah digunakan oleh orang lain, kemungkinan besar domain tersebut tidak berkualitas, sudah pernah kena pelanggaran, pernah digunakan untuk spam dan lain sebagainya sehingga pemilik sebelumnya tidak tertarik untuk memperpanjang domain tersebut.

Logika seperti ini,,, Jika anda memiliki domain berkualitas tapi anda memiliki kesibukan sehingga tidak sempat untuk mengurus domain tersebut.

Lebih baik anda jual atau anda biarkan drop begitu saja?…

Tentu saja anda jual bukan!…

Tapi jika domain tersebut tidak berkualitas, kepada siapapun kita menjualnya maka tidak akan ada yang tertarik untuk membelinya sehingga domain tersebut drop begitu saja.

Jadi… Kemungkinan besar domain yang sudah pernah drop tidak berkualitas, kecuali aged dan expired domain.

Jadi pastikan nama domain kita belum pernah digunakan oleh orang lain, untuk memeriksanya silahkan kunjungi WHOIS DOMAIN TOOLS.

Cara meriksa nama domain Hasil pemeriksaan domain

Dari contoh domain yang di uji coba, terlit jelas bahwa domain tersebut sudah beberapa kali mati dan diregistrasi orang lain.

Jika domain tersebut mati dan kita registrasi kembali maka kemungkinan besar dampak negatif pada domain tersebut akan menghambat perkembangan blog kita.

Jika domain tersebut pernah digunakan untuk spam, domain tersebut akan ditandai oleh google. Google akan memandang negatif domain tersebut.

Sehingga ketika digunakan kembali maka google tidak mempercayai domain tersebut.

Yang menjadi acuan google adalah domainnya, bukan pemilik domainnya. Jadi pastikan kita benar-benar menggunakan nama domain yang benar-benar baru.

Tips memilih nama domain 9: Registrasi pada penyedia domain terpercaya

Harga pasaran domain dari mulai Rp100.000 hingga Rp200.000 untuk .com. Tapi ada banyak orang atau penyedia layanan domain menyediakan domain dibawah harga Rp100.000.

Banyak saya sering menjumpai orang menjual baru dengan harga yang amat murah, cuma Rp30.000 untuk .com pertahun.

Meskipun murah tapi sangat tidak saya anjurkan, karena terlalu beresiko untuk yang ingin serius dalam dunia blogger.

Misalnya saja kita registrasi domain baru kita untuk jangka waktu 3 tahun, biayanya sekitar Rp90.000. Pada tahun pertama, kedua dan ketiga tidak ada masalah.

Tapi setelah blog kita memiliki banyak pengunjung dan domain tersebut sudah terkenal, ketika kita ingin memperpanjang domain tersebut eh malah tidak bisa karena berbagai alasan.

Tentu amat disayangkan sekali jika kita harus membuat blog dengan domain baru dari awal lagi.

Salah satu penyedia domain terbaik menurut saya adalah Namecheap, bukan penyedia layanan domain termurah tapi domainnya termasuk murah dan layanannya termasuk paling top.

Yang paling saya suka dari Namecheap adalah bisa transfer domain ke sesama akun Namecheap lainnya.

Jadi kita bisa jual domain kita kepada pengguna akun Namecheap yang lain, transfer domainnya gratis dan sangat cepat.

Ditambah lagi proses koneksi domain dengan server termasuk sangat cepat jika dibandingkan dengan penyedia domain lain.

Jadi sangat saya sarannya untuk registrasi domain dinamecheap.

Buat temen-temen yang ingin beli domain di Namecheap, bisa menggunakan kode-kode promo agar harga domain lebih murah.

Kesimpulan

Jika kita membuat blog untuk jangka pendek, seperti ternak adsense atau untuk percobaan maka tips memilih nama domain diatas tidak terlalu penting.

Tapi buat kita yang ingin benar-benar menekuni dunia blogger maka nama domain amat sangat berpengaruh.

Kita harus menggunakan domain berbayar yang mudah diingat, diucap, diketikkan, kece dan tidak terlalu panjang agar domain tersebut mudah diketikkan di mesin pencari google.

Selain itu, pastikan domain tersebut tidak pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya dan kita harus meregistrasikan domain tersebut pada penyedia domain yang terpercaya agar kita tidak menyesal dikemudian hari.

Jangan pernah tergiur dengan harga domain yang terlalu murah, apa lagi jika harganya jauh dibawah pasaran. Ibarat anda beli gelang jam, jika harga murah maka sudah pasti barang tersebut KW, meskipun mirip tapi kualitasnya pasti beda.

Begitu juga dengan domain, meskipun murah tapi berbahaya.

Semoga artikel “9 Tips Memilih Nama Domain?… Cara Benar Memilih Nama Domain” ini bermanfaat bagi seluruh para pembaca sekalian, terima kasih dan salam blogger.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here