Cobalah 7 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Anak Muda

246

7 Usaha yang menjanjikan untuk anak muda zaman sekarang

Mau tau 7 usaha yang menjanjikan untuk anak muda yang dapat kita jalankan sekarang juga?…

Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara memulai usaha terlebih dulu.

Agar apa?…

Agar 7 usaha yang menjanjikan tersebut dapat benar-benar kita tekuni dan berhasil kita jalankan. Bukan hanya sekedar teori belaka maka kita harus memahami karakteristik usaha terlebih dulu:

A, Yang namanya usaha tidak bisa langsung menghasilkan

Meskipun pada awalnya usaha tersebut sudah menghasilkan tapi hanya sebatas keuntungan kecil.

Misalnya saja kita jualan, walaupun ada pembeli dan ada keuntungan dari jual beli tersebut, itu hanya sekedar saja. Belum bisa dikatakan berhasil.

Tapi dimana kita mengembangkan usaha tersebut dan usaha tersebut dapat menghasilkan tanpa harus digempur dengan kegiantan jualan yang merepotkan maka disitulah kita menadapatkan keuntungan (berhasil).

B, 1 atau 2 tahun jangan pernah cerita untung, balik modal saja syukur.

Artinya apa?…

Usaha membutuhkan perjalanan yang panjang hingga usaha kita dapat dikenal orang, apapun jenis usahanya. Termasuk 6 jenis usaha yang menjanjikan untuk anak muda yang akan kita bahas nantinya.

Jadi… Siapkan kamu berjuang untuk sukses?…

C, Jangan merasa puas

Tidak merasa puas dengan tidak bersyukur itu berbeda. Tidak merasa puas berarti ia salalu mengembangkan usahanya ketahap yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jika kita membuka usaha jualan online dan sudah ramai pembeli, jangan cukup sampai disitu saja. Kita juga harus menambah gudang atau semacamnya agar usaha lebih berkambang dan maju.

Tidak merasa puas harus diwarnai dengan belajar dan terus belajar untuk mengembangkan usaha.

Meskipun sudah berhasil, tapi kita tetap harus terus belajar untuk mengembangkan usaha ke arena yang lebih besar lagi.

Nah… dari 3 poin penting diatas, dapat kita simpulkan bahwa agar berhasil menjadi pengusaha sukses membutuhkan: Waktu, Konsistensi, Belajar.

Jadi persiapkan 3 poin penting diatas terlebih dulu sebelum memulai sebuah usaha, baik usaha yang akan kita bahas ataupun usaha yang lain.

Baca juga :

7 Usaha Yang Menjanjikan

Usaha Yang Menjanjikan 1: Youtuber

Youtuber

  • Kamu pandai bermain gitar, buat video kunci gitar.
  • Kamu memiliki suara yang bagus, buat video sedang bernyanyi.
  • Kamu suka memancing, buat video memancing yang seru.
  • Kamu seorang pelajar, buat video lucu dan kocak tentang pelajaran.
  • Kamu suka stand-up comedi, kamu buat video stand-up comedi. Dan seterusnya….

Hampir segala bidang, dapat dituangkan kedalam sebuah video dan di upload ke channel youtube. Dan memasang iklan pada video tersebut agar kita mendapatkan bayaran.

Langkah-langkahnya cukup mudah, kita tinggal membuat channel youtube kita lalu membuat video dan menguploadnya ke channel tersebut.

Setelah itu, tinggal mendaftar iklan untuk channel tersebut. Jika diterima maka iklan akan tayan di channel kita dan kita sudah siap menerima bayaran dari iklan tersebut.

Langkah-langkah menghasilkan uang dari youtube:

  • Membuat channel
  • Membuat video
  • Memasang iklan

Tapi,,,

Meskipun terbilang mudah dan sangat menjanjikan, menghasilkan uang dari youtube tidak bisa dilakukan dengan cepat sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas.

Jika kita memulai dari nol, setidaknya membutuhkan 5 – 10 baru bisa menghasilkan uang. Bergantung pada banyaknya orang yang menonton video yang kita buat.

Semakin banyak penonton maka akan semakin cepat channel tersebut menghasilkan uang dan semakin besar pula penghasilannya.

Tapi…

Jika kita sudah dapat penghasilan setiap bulan, maka bulan berikutnya akan cendrung bertambah jika kita terus membuat video dan video lama juga akan terus di tontong orang.

Yuk ngeyoutube.

Usaha Yang Menjanjikan 2: Blogger

Membuat blog

Hampir sama dengan youtube, blogger juga dapat menghasilkan uang dari iklan. Hanya saja perbedaannya terletak pada content yang kita buat.

Jika content youtube adalah sebuah video, maka content blog biasanya sebuah artikel.

Jadi kalo youtuber kerjanya rekam dan edit video, maka kalo blogger kerjanya nulis buat artikel.

Hampir seluruh bidang bisa kita tuangkan dalam sebuah tulisan.

  • Kamu pandai bermain gitar, buat artikel kunci gitar.
  • Kamu memiliki suara yang bagus, buat artikel lirik lagu.
  • Kamu suka memancing, buat artikel kegiatan memancing seperti cara membuat umpan dll.
  • Kamu seorang pelajar, buat artikel tentang pelajaran yang baru dipelajari.
  • Kamu suka stand-up comedi, kamu buat artikel tentang materi stand-up comedi.
  • Dan seterusnya….

Pada intinya, youtube dan blog ini membagikan sebuah content, baik berupa video ataupun tulisan.

Kita tidak perlu membuat content yang muluk-muluk, cukup buat semampu kita saja maka perlahan-lahan pengunjung akan datang karena ada banyak orang diluar sama yang memiliki hoby yang sama dengan kita.

Bahkan content dari artikel dapat kita jadikan sebuah video youtube, misalnya saya artikel berita yang sadang viral.

Kita dapat membuat video dari gambar terkait berita tersebut dan tulisan bergerak yang menjelaskan alur berita sehingga banyak orang yang tertarik melihat video kita.

Apalagi sekarang ini akses internet sudah semakin luas dan cepat sehingga orang lebih suka menonton video dari pada membaca.

Tapi… Kita juga dapat memanfaatkan video youtube orang lain dan dijadikan sebuah artikel.

Saya sendiri sedang menjalankan keduanya (youtube da blog), karena saya pikir ini adalah usaha yang paling menyenangkan dan penghasilannya relative meningkat dari pada sebelumnya.

Meskipun bulan pertama pendapatan nol, bulan berkutnya hanya Rp2000 tapi 10 bulan kemudian saya sudah bisa mendapatkan Rp2-3 juta setiap bulannya.

Dan melihat teman-teman yang sudah 2-3 tahun, rata-rata penghasilan mereka diatas Rp20 juta perbulannya. Bahkan ada yang ratusan juta lebih.

Nah,,, Buat teman-teman yang kesulitana dalam membuat blog atau tidak paham cara membuat blog dari awal, silahkan komentar di bawah ini dan saya akan membantu sebisa mungkin.

Baca juga :

Usaha Yang Menjanjikan 3: Selebgram

Selebgram

Kamu punya wajah cantik atau ganteng, berpenampilan menarik dan enak dipandang. Sebaiknya kamu coba selegram.

Selebgram adalah selebritis instagram. Selebgram ini lebih cendrung ke wanita. Meskipun ada beberapa pria yang menjadi selebgram tapi tidak seberapa banyak jika dibandingkan dengan wanita.

Awalnya kita membuat akun instagram terlebih dulu, setelah itu kita sering-sering buat status agar banyak orang yang mengikuti kita (Followers).

Dengan wajah yang cantik dan menarik, tantu aja kita bisa dengan mudah mencari followers dari pada orang yang berpenampilan biasa-biasa saja.

Setelah followers kita sudah banyak, selanjutnya kita tinggal mengindors (mengiklankan) produk tertentu dengan cara mengambil gambar kita dengan produk tersebut.

Untuk followers dibawah 50k, biasanya kita hanya diberi produk secara gratis saja untuk mengindors.

Tapi jika followers kita diatas 50k lebih maka biasanya kita diberi produk secara gratis dan diberi uang indors.

Artinya apa?…

Semakin banyak followers maka semakin besar pula bayaran yang kita terima, kerja utama kita cukup mencari followers sebanyak-banyaknya.

Usaha Yang Menjanjikan 4: Supplier

Supplier

Supplier adalah orang yang menyetok barang dalam jumlah besar dan menjualnya dengan harga yang murah.

Usaha ini cukup menjanjikan sekali, tapi modalnya juga cukup besar.

Pada awalnya kita mencari barang yang paling murah dan menyetoknya dalam jumlah besar. Setelah itu baru kita menjual barang tersebut dengan harga yang lebih murah dari pada penjual yang lain.

Bisa dibilang supplier ini bermain diharga, semakin murah maka semakin tipis keuntungan tapi semakin banyak laku barang.

Misalnya aja kita ingin menjadi supplier kaos polos. Kita harus mengunjungi seluruh penjual kaos, baik secara online ataupun berkunjung langsung ke toko. Atau bahkan kita mengunjungi pabrik kaosnya langsung agar mendapatkan harga paling murah.

Setelah kita mendapatkan harga paling murah, selanjutnya kita membeli kaos tersebut dalam jumlah besar.

Setelah itu barulah kita menjual kaos tersebut secara online, kita dapat memanfaatkan tokopedia, lazada, bukalapak dan lain sebagainya.

Nah jika kamu berbelanja baju kaos, apa yang menarik perhatianmu?…

1, Harga

2, Pelayanan bukan?…

Jadi pastikan barang yang kita stok adalah barang dengan harga paling murah dan berilah pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan di toko online kita ataupun pihak ketiga.

Usaha Yang Menjanjikan 5: Reseller

Reseller

Jika supplier membeli barang dari pabrik untuk mendapatkan barang termurah dan menyetoknya.

Nah reseller biasanya membeli barang dari supplier dan menyetoknya tapi tidak dalam jumlah besar setelah itu menjualnya lagi di akun sosial media seperti facebook, instagram dll.

Konsepnya hampir sama dengan supplier, hanya targetnya saja yang berbeda. Jika target pasar supplier adalah toko online maka target reseller adalah pengguna akun sosial media.

Biasanya kita memposting foto-foto barang yang kita jual, dan teman-teman di akun sosial media kita yang melihat barang tersebut akan tertarik. Dan mereka akan menghubungi kita untuk melakukan pemesanan.

Usaha Yang Menjanjikan 6: Dropship

Dropship

Supplier modalnya cukup besar, dan reseller modalnya tidak terlalu besar, dan dropship dapat dijalankan tanpa modal sama sekali.

Ada banyak situs yang menyediakan fitur dropship dan salah satunya adalah dropshipaja.

Dimana kita mendaftar menjadi anggota dropshipaja, setelah itu kita memasarkan barang yang ada di dropshipaja.

Jika ada yang berminat, kita tinggal memesan barang atas nama kita dan mengirimnya ke alamat pembeli.

Sederhanaya, kita (dropshipper) hanya menghubungkan pembelli dan penjual. Pendapatan yang kita terima berdasarkan komisi dari penjual ataupun selisih harga pembeli dan penjual.

Usaha Yang Menjanjikan 7: Affiliet

7 Usaha yang menjanjikan untuk anak muda zaman sekarang

Affiliet atau affilisasi adalah kegiatan memasarkan barang dari link referral.

Contohnya saja affiliet movie CPA Ground, kita mendaftar sebagai publisher di situs CPA Ground.

Setelah itu, kita tinggal pilih film apa yang akan kita bagikan di sosial media kita. Copy link film tersebut dan pastekan di postingan kita.

Jika ada yang tertarik dengan film tersebut dan mendaftar di situs tersebut dari link yang kita bagikan maka kita akan bayaran.

Untuk berapa besar bayaran, tergantung Negara, untuk yang paling mahal bisa mencapai $30 untuk 1 kali orang mendaftar dari link referral kita.

Link referral juga berlaku untuk market place seperti lazada, silahkan daftar di ecomobi. Dan bagikan link lazada, jika ada orang yang membeli barang dilazada dari link milik kita maka kita akan mendapatkan komisi dari lazada.

Pada dasarnya affiliet mempromosikan barang (dapat berupa aplikasi, file, barang, audio, video, ebook dll) dari link referral kita.

Pemain affiliet jarang sekali membagikan tips dan triknya, jadi kalo mau menekuni kerjaan ini sebaiknya kita harus siap belajar otodidak dan konsisten.

Kesimpulan

Waktu, Konsistensi, Belajar adalah hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai sebua usaha, usaha apapun itu.

Dan ada banyak usaha lain diluar sana yang dapat kita jalankan, tidak hanya 7 usaha menjanjikan diatas. Akan tetapi, 7 usaha diatas adalah usaha yang sangat berpotensi sekali untuk dijalankan, terutama bagi seorang pemuda.

Dan yang namanya keberhasilan, tidak dapat kita raih tanpa perjuangan yang panjang. Merintis dari sekarang dan berhasil dikemudian hari.

Manfaatkan masa muda untuk berjuang sebelum masa tua menghampiri.

Semoga “Cobalah 7 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Anak Mudah” mudah untuk dipahami dan menambah wawasan kita semua, terutama kalangan pemudah yang ingin memulai usahanya.

Terima kasih dan salam pelajar.

Baca juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here